Sebuah bisnis pasti memiliki dinamikanya sendiri. Apapun bidangnya, pergerakan bisnis selalu unik dan menarik untuk dipelajari. Tak cuma dipengaruhi oleh keinginan pengusaha, bisnis juga bergerak sesuai dengan keinginan pasar. Nah, sebagai pebisnis yang baik, melihat pasar adalah sebuah keharusan. Salah satunya adalah adanya keinginan pasar pada teknologi.

Hal itu berlaku pada semua perusahaan, tak cuma yang bergerak di bidang teknologi. Misalnya, pada industri keuangan. Tentu, Anda akan bad mood jika di zaman sekarang harus mengantri di bank. Teknologi memegang peran penting dalam percepatan pengembangan sebuah bisnis. Dalam kasus bank ini, teknologi juga terikat kuat dengan layanan pengguna, serta keinginan bank untuk memberikan yang terbaik.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu kapan saat tepat untuk mulai meningkatkan penggunaan teknologi dalam bisnis. Inilah 3 di antaranya;

Tahukah Anda? Instagram juga menggunakan teknologi Augmented Reality lho! Baca artikel ini untuk info lebih lanjut: Augmented Reality dalam Instagram

Memperkuat Branding

photo by pexels.com

Saat memasuki tahap ini, artinya Anda sudah tidak lagi ragu produk apa yang akan dijual. Atau layanan apa yang kan diberikan. Bisnis sudah berjalan, produk sudah terjual, namun branding belum sempat dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Tenang, ini wajar bagi pebisnis pemula. Biasanya pebisnis pemula lebih fokus pada masalah operasional seperti bahan baku, harga jual, hingga gaji karyawan.

Nah, saat semua masalah operasional stabil, arus kas lancar, dan penjualan stabil.  Kini saatnya memulai branding. Produk Anda mungkin saja punya merek atau brand, tapi langkah branding tidak berhenti sampai situ, bukan? Ada tahap brand positioning, membangun brand image, hingga memperkenalkan kembali nilai-nilai brand pada pelanggan Anda.

Bila perlu, Anda juga perlu membuat logo baru yang lebih segar dan atraktif. Penggunaan teknologi terbaru juga sangat berpengaruh di tahap ini. Misalnya, Anda menggunakan alat promosi QR code jika pelanggan ingin tahu lebih lanjut. Teknologi digital ini akan sangat membantu pelanggan mengenali produk Anda. Selain itu, akan tercipta brand image bahwa bisnis Anda kredibel dan up to date pada teknologi terbaru. Sentimen positif ini akan melekat di benak masyarakat yang akhirnya dikonversi menjadi pelanggan loyal.

Tingginya Networking

photo by pexels.com

Sudah pasti seorang pengusaha pasti membutuhkan networking dalam bisnis. Networking merupakan aktivitas untuk memperluas koneksi dan relasi bisnis sambil tetap mempertahankan komitmen untuk tujuan bersama. Dengan networking,  dapat meningkatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan pelaku bisnis. Potensi untuk mendapatkan investor juga makin besar dengan networking.

Networking bisa dilakukan dengan berbagai cara, misal dengan saling berkunjung, mengikuti webinar, hingga sekedar memperbaiki platform sosial media, khususnya LinkedIn. Nah, saat bisnis Anda networking-nya  makin kompleks, Anda perlu cara yang lebih mutakhir dalam networking. Di sinilah peran teknologi sangat berarti.

Jika biasanya Anda harus mengirim file untuk menjelaskan profil usaha, atau bahkan mengirimkan hard copy, dengan teknologi augmented reality, semua itu hanya semudah bertukar kartu nama. Calon partner bisnis dapat dengan mudah memahami profil bisnis Anda dengan scan kartu nama bisnis. Selain fungsional, di mata calon partner bisnis Anda makin terlihat kredibel.  Dengan demikian, kerja sama pun makin mudah dijalin.

Selain untuk kartu nama, teknologi augmented reality juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Penasaran? Klik di sini untuk info lebih lanjut!

Kompetitor Makin Agresif, Saatnya Terapkan Teknologi Terbaru!

photo by pexels.com

Dari sektor paling kecil hingga besar, kompetitor atau pesaing selalu menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis. Oleh karena itu, Anda harus selalu hati-hati dengan langkah mereka. Lengah sedikit saja, bisnis Anda bisa tertinggal. Jika Anda merasa langkah pesaing makin agresif, maka saatnya Anda menggunakan teknologi terkini dalam bisnis Anda. Teknologi akan mendorong percepatan bisnis Anda.

Salah satu teknologi terbaru yang bisa diterapkan adalah augmented reality. Teknologi ini akan memudahkan Anda melakukan promosi produk secara masif. Brand Anda makin mudah dikenal dan selalu bikin orang penasaran. Apalagi, penerapan teknologi ini masih belum meluas, jadi Anda termasuk pionir, sehingga brand image Anda akan terdorong. Orang akan mengenal bisnis Anda sebagai bisnis yang up to date dan peduli pada kenyamanan pelangga. Tentu saja, keberadaan teknologi augmented reality makin memberikan kenyamanan lebih. Jadi gimana? Tertarik untuk terapkan augmented reality?

Lihat juga: 7 Aplikasi Augmented Reality Smartphone Ini Wajib untuk Dicoba

Itulah 3 hal yang dapat menjadi indikator bahwa Anda harus segera menerapkan teknologi baru bagi bisnis. Tentu masih banyak hal yang menjadi indikator, namun dengan 3 indikator ini saja sudah cukup untuk menentukan penerapan teknologi terbaru untuk menjalankan bisnis.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.