Penggunaan teknologi AR dapat membuat sebuah event lebih interaktif dan engaging. Tetapi karena merupakan teknologi yang rumit, butuh persiapan matang dalam penerapannya. Jika anda termasuk orang yang tertarik dengan potensi penerapan AR untuk event, ikuti 4 langkah ini sebelum menggunakannya.

Credits: Flickr.com

Konsep penggunaan augmented reality (AR) untuk kebutuhan event di tanah air merupakan hal yang belum terlalu umum. Padahal banyak perusahaan internasional sudah menggunakan AR untuk kebutuhan event mereka.

Ford misalnya, menggunakan AR dalam acara otomotif internasional di tahun 2017. (artikel lengkap baca disini.)

Penggunaan AR untuk event oleh perusahaan internasional ini bukan tanpa alasan. Dengan AR, perusahaan dapat membuat event yang lebih interaktif sehingga pengunjung dapat lebih ter-engage dengan perusahaan. 

Dilansir dari citrusbit.com, 73% dari responden yang terkespos dengan teknologi AR mengaku puas dengan penerapannya, dan 71% lainnya tertarik untuk merasakan pengalaman AR kembali.

Potensi tersebut mungkin membuat anda tertarik untuk menggunakan AR untuk event perusahaan berikutnya. Tetapi karena merupkan teknologi yang rumit, pengadopsian AR untuk kebutuhan event memerlukan persiapan matang. 

Karena itu, ikuti 4 langkah ini sebelum menggunakan AR untuk event anda berikutnya. 

1. Brainstorm Konsep Event Dengan Tim 

Credits: Pixelbay.com

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah pikirkan konsep event yang ingin anda buat dan bagaimana AR dapat menjadi bagian integral dari event tersebut. Teknologi AR merupakan teknologi yang sangat fleksibel dan dapat diadopsi untuk berbagai macam kebutuhan event

Diskusikan dengan tim anda, bagaimana bentuk AR yang sesuai dengan bentuk event yang akan diadakan. Apakah AR tersebut akan menjadi visualisasi produk untuk alat promosi produk terbaru anda, atau sebagai bentuk gamifikasi untuk membuat pengunjung tetap terhibur.

2. Cari Vendor AR yang Tepat

Credits: Pixabay.com

Karena merupakan teknologi yang cukup rumit, pengadopsian teknologi AR membutuhkan tenaga ahli yang kredibel. Karena itu penggunaan vendor AR berpengalaman sangat disarankan dibandingkan dengan mengembangkan secara swadaya. 

Selain hasil akhir yang lebih terjamin, menggunakan vendor AR juga dapat menghemat waktu dan sumber daya berharga. Dengan menggunakan vendor AR, anda tak perlu berkompromi untuk mengalokasikan waktu dan sumberdaya dari kebutuhan perusahaan lain yang lebih mendesak. 

Artikel oleh Monster AR ini dapat membantu anda dalam memilih vendor AR yang tepat. 

3. Konsultasikan Konsep dan Kebutuhan AR Dengan Tenaga Ahli

Credits: maxpixel.net

Langkah selanjutnya adalah konsultasikan konsep event dan kebutuhan AR yang anda punya kepada vendor AR pilihan anda. Beberapa vendor AR seperti smarteye.id menawarkan konsultasi gratis bahkan sebelum anda mantap memutuskan untuk menggunakan AR.

Untuk berkonsultasi gratis, cukup buka situs smarteye.id dan klik tombol konsultasi gratis. Selanjutnya isi data diri dan nama perusahaan anda. Anda pun akan terhubung ke ruang chat khusus dimana anda dapat langsung berkonsultasi mengenai kebutuhan AR anda.

4. Tetapkan Jangka Waktu Pengerjaan

Credits: Pixabay.com

Membuat produk berbasis AR membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anda tidak bisa mengharapkan untuk membuat AR dalam waktu kurang dari 1 minggu. Karena itu rencanakan terlebih dahulu jangka waktu pengerjaan AR yang diinginkan dengan vendor AR pilihan anda. 

Berikan waktu yang cukup jika anda ingin hasil ahir yang berkualitas. Idealnya, semakin lama waktu pengerjaan semakin tinggi kualitas akhir AR yang dihasilkan. Seimbangkan antara kecepatan pengerjaan AR dengan kualitas akhir yang diharapkan. 

Itulah langkah-langkah yang perlu anda ikuti sebelum memutuskan untuk menggunakan AR dalam event anda. 

Pengadopsian AR untuk event memang membutuhkan persiapan matang karena kerumitannya. Namun pada akhirnya, penggunaan AR ini dapat membuat event anda lebih interaktif dan engaging bagi pengunjung yang juga merupakan pelanggan potensial anda di masa depan. 

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment ...

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.