Cobain 5 Aplikasi Virtual Reality Terapi untuk Mengurangi Kecemasan Sosial 

Cobain 5 Aplikasi Virtual Reality Terapi untuk Mengurangi Kecemasan Sosial 

Informasi Seputar 5 Aplikasi Virtual Reality Terapi yang Bisa Kamu Coba Untuk Mengurangi Kecemasan 

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Virtual Reality (VR) memiliki banyak manfaat maupun kegunaannya. Bahkan dari beberapa studi oleh terapis, teknologi virtual reality memiliki manfaat dalam bidang kesehatan mental. Khususnya dalam membantu isu kecemasan sosial dalam bentuk virtual reality terapi. 

Menurut penelitian, virtual reality terapi dapat mengontrol pengalaman dalam lingkungan virtual. Dimana, dalam beberapa studi kasus disimpulkan bahwa virtual reality terapi dikembangkan secara exposure untuk menyesuaikan diri dalam dunia nyata. Hal ini pastinya untuk mengurangi kecemasan sosial disorder yang dialami sebagian orang. 

Hal ini memunculkan banyak inovasi yang potensial dalam mengembangkan aplikasi untuk virtual terapi. Beberapa aplikasi yang dibentuk bisa kamu coba secara gratis dengan menggunakan perangkat VR. Berikut kami sajikan lima aplikasi virtual reality untuk terapi kecemasan sosial yang dapat kamu coba! 

Baca juga: Terapi VR Untuk Kurangi Fobia Ketinggian! 

Happy Place VR

Virtual Reality Terapi di Happy Place
Happy Place VR oleh VR Explorer

Jika kamu membutuhkan ketenangan dan relaksasi, Happy Place merupakan aplikasi yang bisa kamu coba. Aplikasi virtual reality terapi ini dapat membawa kamu camping, lho! Kamu dapat berelaksasi dengan alunan musik dan pengalaman yang imersif untuk membantu kecemasan sosial kamu. Aplikasi ini telah bekerja sama dengan farmasi privat di Swedia, dengan tujuan untuk mengurangi kecemasan sosial dan stress. 

Aplikasi ini sangat nyaman dan tenang untuk mengurangi kecemasan sosial. Kamu bisa menikmati aplikasi ini dengan perangkat VR kamu, seperti Oculus Go tanpa koneksi internet. Semoga aplikasi ini dapat membantu mengurangi kecemasan kamu ya! 

Binaural Odyssey 

Aplikasi virtual reality terapi yang satu ini menyajikan suara, pola dan warna yang menyesuaikan dengan gerakan suasana hati kamu. Binaural Odyssey merupakan aplikasi VR yang dapat membantu kesehatan mental dan mengurangi kecemasan sosial. Kamu dapat menggunakannya secara gratis dengan perangkat VR HTC Vive. 

Keunikan dari aplikasi ini yaitu kamu bisa membentuk visual dari arah manapun yang menyesuaikan dengan perasaanmu. Sehingga, visual tersebut dapat menciptakan kepuasan dan ketenangan untuk meredakan tingkat kecemasan. Klik video dibawah ini untuk melihatnya!

Calm Place VR

Virtual Reality Terapi dengan meditasi
Calm Place VR oleh VR Explorer

Meditasi maupun relaksasi merupakan beberapa cara yang dapat membantu untuk mengurangi tingkat kecemasan sosial. Nah, aplikasi Calm Place cocok digunakan untuk membantu kamu bermeditasi. Aplikasi ini hanya dapat diakses melalui Oculus Go dengan controller dan touchpad. Tema dari aplikasi ini yaitu menyajikan ruang virtual untuk ketenangan dan meditasi. 

Calm Place menampilkan lingkungan alam yang dapat menyesuaikan perubahan cuaca. Fitur menarik lainnya pada aplikasi ini adalah tersedianya audio narator yang menenangkan dan dapat memandu proses meditasi. Di ruang virtual ini, kamu juga bisa melatih pernafasan dengan kursus perhatian penuh selama 7 hari. Luar biasa bukan aplikasi ini?

#BeFearless of Public Speaking

Virtual Reality Terapi untuk public speaking
#BeFearless Public Speaking oleh Samsung

Bagi kamu yang mengalami kecemasan dalam public speaking, #BeFearless mungkin solusi yang tepat. Aplikasi ini dikembangkan oleh Samsung untuk mengatasi kecemasan dan ketakutan dalam berbicara di depan orang banyak. 

Kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi ini menyajikan beberapa skenario seperti wawancara pekerjaan, presentasi, karaoke bahkan berpidato. Tentunya kamu dapat berlatih public speaking secara virtual dengan menggunakan perangkat Oculus Go maupun Samsung Gear VR. 

Aplikasi virtual reality terapi ini dapat membantu kamu berlatih dan mengurangi kecemasan sosial dengan metode simulasi. Wah, menarik bukan?

Rec Room 

Virtual reality terapi Rec Room yang satu ini  mengajak kamu untuk bersosialisasi. Kamu juga bisa membentuk ruang game secara bersama-sama dengan fitur chat, berkumpul dan eksplor secara virtual.  

Aplikasi ini dapat kamu akses melalui smartphone maupun perangkat VR Oculus Quest. Pada dasarnya Rec Room merupakan social apps, sehingga kamu dapat menggunakannya untuk berinteraksi di ruang terbuka virtual untuk berbincang dan bermain game. Nantinya hal ini dapat membantu kamu untuk mengurangi kecemasan sosial dalam berinteraksi dengan orang lain.  


Sangat menarik bukan lima aplikasi virtual terapi di atas? Dengan terus berkembangnya teknologi virtual reality, hal ini memunculkan inovasi yang bermanfaat. Khususnya untuk mengurangi kecemasan sosial yang dialami sebagian orang. Kamu bisa menggunakan dan juga merekomendasikan aplikasi tersebut untuk orang lain yang membutuhkan bantuan, lho!

Jika kamu tertarik dengan kegunaan VR lainnya dalam berbagai bidang. Kamu bisa hubungi smarteye.id untuk pelajari lebih lanjut mengenai implementasi teknologi VR maupun AR (Augmented reality) sebagai penyedia jasa terbaik di Indonesia. Yuk, hubungi kami sekarang!

Cobain 5 Aplikasi Virtual Reality Terapi untuk Mengurangi Kecemasan Sosial 

Margaret Wuwur

Besides analyzing data, data, data. Sometimes I write too, somewhere and sitting on a black chair.