5 Cara Meningkatkan Customer Engagement Agar Bisnis Berkembang Pesat

5 Cara Meningkatkan Customer Engagement Agar Bisnis Berkembang Pesat

Seberapa yakin customer anda tidak akan lari ke tempat lain? Simak dan gunakan 5 strategi di bawah ini agar customer engagement bisnis bertumbuh dengan baik!

Sebuah bisnis tanpa customer layaknya berjalan tanpa tujuan. Apalagi, perkembangan industri bisnis semakin pesat dan marak, tentunya pelanggan akan memiliki banyak pilihan selain produk anda.

Untuk menghindari berkurangnya pelanggan pada bisnis anda, maka perlu strategi customer engagement untuk menjaga hubungan baik dengan customer seperti yang telah dirangkum di bawah ini.

Lihat juga: “Inilah 3 Pertanda bahwa Bisnis Anda Perlu Teknologi Terbaru”

Informasi Penting Seputar Peningkatan Customer Engagement untuk Bisnis!

Tingkatkan Pendekatan Komunikasi Personal

Ada pepatah yang bilang “Tak kenal maka tak sayang”. Untuk meningkatkan customer engagement, penting untuk mengenal customer dan juga mengenalkan produk kepada calon pelanggan. Lalu, bagaimana cara untuk mendapat keduanya?

Tahukah Anda bahwa customer lebih senang jika mereka diajak komunikasi langsung secara personal. Oleh karena itu, media sosial berfungsi sebagai omnichannel pemberi informasi mengenai produk Anda ke customer.

Hal paling mendasar yang dapat dimulai adalah dengan memperkenalkan dasar-dasar layanan bisnis, value bisnis yang dijunjung, dan bagaimana Anda memprioritaskan kepuasan customer.

customer engagement

Contohnya, Anda memperkenalkan rekan atau mitra bisnis yang tergabung serta mencantumkan nama admin di akun media sosial bisnis Anda. Memiliki brand ambassador sangat penting untuk meningkatkan nilai personal ke customer dan tentunya customer engagement produk Anda pasti meningkat.

Setelah mengenalkan produk anda ke customer, langkah anda tidak berhenti sampai disitu saja. Lanjutkan dengan poin kedua untuk mengetahui kebutuhan customer anda.

Bangun Komunitas Sosial atau Forum Diskusi

bangun komunitas untuk tingkatkan engagement

Dengan menciptakan ruang diskusi antara customer dan perusahaan, praktik customer engagement dapat berjalan lebih baik karena feedback atau pesan yang disampaikan.

Forum diskusi juga dapat digunakan untuk membuat konsumen mengetahui informasi terkini terkait perkembangan bisnis Anda. Beberapa informasi yang bisa diberikan seperti perilisan produk baru, potongan harga, serta rencana event di masa mendatang dan lain lain.

Selain itu, forum diskusi juga bermanfaat untuk mengevaluasi bagaimana produk Anda digunakan oleh konsumen. Beberapa platform yang bisa digunakan seperti Facebook Groups, Google Communities, dan lain lain.

Lihat juga: “Rahasia Augmented Reality untuk Meningkatkan Produktivitas”

Namun, komunitas ini tidak melulu harus membahas produk yang dijual. Anda dapat memberikan edukasi yang bermanfaat untuk masyarakat umum seputar topik bisnis anda dengan seminar, pelatihan dan pembinaan.

Adakan Event Berkala

Mengadakan event secara berkala ternyata dapat meningkatkan customer engagement, loh. Disamping itu, event berkala juga dapat meningkatkan promosi secara tidak langsung.

Event berkala bisa berupa acara peluncuran produk baru dan kontes seperti giveaway, lomba blog, share foto di akun media sosial, dan lain-lain. Hal tersebut dapat menjadi daya tarik untuk meningkatkan perhatian customer ke produk bisnis Anda.

Beri Customer Wadah untuk Berperan dalam Bisnismu

Sadarkah Anda bahwa customer selalu punya jawaban untuk pengembangan produk terbaru dalam bisnis? Yap, coba beri mereka wadah untuk menuangkan ide dan ekspektasi mereka terhadap bisnis dan produk Anda.

Adanya keterlibatan langsung dari customer akan memberikan Anda insight mengenai inovasi produk baru. Keterlibatan langsung dari customer ini adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan customer engagement.

Lihat juga: “Manfaat Virtual Reality untuk Dunia Properti”

Beri Penghargaan Pada Customer

Langkah terakhir untuk meningkatkan customer engagement adalah program loyalitas. Customer layak mendapatkan imbalan karena telah membeli produk dengan memberikan reward. Hal ini dapat membuat mereka merasa lebih dihargai.

Penghargaan bisa berupa fasilitas terbatas, barang gratis, penawaran spesial yang dikirim melalui akun-akun media sosial atau email. Kemudian, undangan khusus, kupon setelah melakukan pembelian nominal tertentu, diskon khusus, dan masih banyak lagi.

discount gif_smarteye(id)_jual dan Jasa VR AR sesuai keinginan anda

Dari kelima cara yang dijabarkan diatas, dapat kita ketahui betapa pentingnya komunikasi dua arah antara pelaku bisnis dan customer demi menjaga hubungan, kelangsungan dan perkembangan bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan customer engagement lebih kuat dalam bisnis Anda.


Jadi, siapkan bisnis Anda untuk menjadi pemenang di hati pelanggan. Solusi Virtual dan Augmented Reality nyatanya mampu memaksimalkan bisnis Anda dengan mengimbangkan strategi dan penampilan produk. Bagaimana bisa? Yap, kunci kemenangan pastinya hanya di smarteye.id!

5 Cara Meningkatkan Customer Engagement Agar Bisnis Berkembang Pesat

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.