Teknologi virtual reality atau VR kian berkembang Indonesia. Fakta ini ditandai dengan banyaknya perangkat virtual reality yang dijual oleh berbagai e-commerce. Coba saja, ketikkan kata “kacamata VR” atau “headset VR”, pasti banyak store yang menjual kedua produk ini. Namun, tahukah Anda? Dibalik perangkat-perangkat VR, ada perusahaan yang membuat dan mengembangkan perangkat-perangkat tersebut. Sebagian dari perusahaan tersebut merupakan perusahaan VR Indonesia, tapi ada juga yang bukan namun produknya sudah sampai di sini. Siapa saja mereka?

Oculus

Image by freepik.com

Memang, Oculus adalah produk dari Facebook yang tentu bukan perusahaan VR Indonesia yang lahir di sini. Tapi, siapa yang tidak kenal Facebook? Media sosial ini digunakan oleh jutaan orang Indonesia. Tidak heran jika sebagai produk VR, Oculus adalah perusahaan VR Indonesia yang berpotensi.

Sejauh ini, ada 2 produk Oculus yang populer yakni Oculus Go dan Oculus Rift. Keduanya punya spesifikasi dan peruntukan yang berbeda. Oculus Go cocok untuk anda yang menginginkan perangkat VR yang independen tanpa koneksi ke laptop spesifikasi tinggi. Terlebih, harganya lebih terjangkau. Sedangkan Oculus Rift unggul dari segi interaksi. Oculus Rift menawarkan variasi lebih banyak dan nyata mengingat dua perangkat kontrol untuk kedua tangan pengguna yang dapat digunakan selama pemakaian perangkat.

Ingin tahu lebih banyak tentang Oculus? Klik di sini!

VRgineers

image by freepik.com

Seperti yang sudah kita singgung di awal, bahwa sudah banyak beredar headset VR di pasaran, khususnya e-commerce. Namun, tidak banyak yang menyediakan perangkat headset VR profesional. Nah, VRgineers merupakan perusahaan VR Indonesia adalah salah satunya. Meski bukan berpusat di Indoesia, tapi produk VRgineers sudah banyak digunakan oleh berbagai industri seperti pelatihan, pengembangan produk dan aplikasi teknik.

VRSim

image by freepik.com

Perusahaan VR yang potensial selanjutnya adalah VRSim. Perusahaan ini menciptakan perangkat interaktif yang bertujuan untuk melatih pekerja di sektor perdagangan dan profesi yang membutuhkan ketrampilan khusus. Pada perangkat VR Sim ini juga terdapat software yang berfungsi sebagai alat lukis yang cocok diterapkan untuk industri pelapisan dan cat.

lihat juga: “Apa itu VR dan kegunaannya?”

TeslaSuit

image by teslasuit.io

Jika yang banyak beredar adalah perangkat VR yang melekat pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti mata atau tangan, maka Teslasuit menjadi perangkat VR pertama yang melekat ke seluruh tubuh. Dengan memanfaatkan sistem electro tactile haptic feedback untuk mengirim rasa sentuhan ke tubuh.

Saat mencobanya, Anda akan makin yakin bahwa virtual reality akan merevolusi cara kita mengkonsumsi konten audio visual. Dengan teknologi full body haptic, Teslasuit memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan digital di sekitarnya. Bukan tidak mungkin jika nantinya, Tesla Studios sebagai pengembang Teslasuit menjadi perusahaan VR Indonesia yang unggul.

HP

image by HP

Berbeda dengan perusahaan lainnya yang menyediakan perangkat VR untuk konsumen, HP menyasar ceruk pasar VR perusahaan. Kehadiran produk unggulannya, yaitu HP Reverb menjadi primadona bagi para insinyur dan desainer. Ini terjadi karena resolusi tinggi dan kenyamanan yang tinggi.

Dengan segala keunggulannya, HP berpotensi menjadi perusahaan VR Indonesia (dalam arti beroperasi di Indonesia) yang harus diwaspadai. Meski sasarannya mereka adalah perusahaan, kin mereka juga punya produk untuk konsumen yaitu VR backpack yang tentu unggul untuk berbagai perangkat hiburan.

Smarteye ID, Perusahaan VR Indonesia yang Siap Melayani Anda

Berbeda dengan yang lain, Smarteye merupakan perusahaan VR yang asli Indonesia. Smarteye melayani jasa penerapan teknologi Smarteye untuk berbagai kebutuhan industri. Mulai dari pelatihan, pengembangan produk, hingga pemasaran. Sudah banyak yang membuktikan kehandalan layanan Smarteye. Apakah Anda akan menjadi salah satunya?

Tak cuma VR, Smarteye juga melayani jasa lainnya. Dengan teknologi ini, konten iklan jadi lebih unik, interaktif, dan atraktif. Bisnis jadi makin mudah dikenal konsumen. Penasaran dengan layanan kami? Klik tombol di bawah ini untuk berkenalan dengan berbagai layanan kami:

Ayo Kenalan!

Sumber Artikel: https://www.designnews.com/

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.