7 Aplikasi Augmented Reality Smartphone Ini Wajib Untuk Dicoba (GRATIS)

 

Dari game hingga aplikasi belajar, 7 aplikasi Augmented Reality yang wajib Anda coba ini juga gratis, loh!

aplikasi augmented reality-smarteyeid-microsoft hololens

Teknologi Augmented Reality atau AR merupakan teknologi canggih yang mampu mevisualisasikan benda apapun dan menampilkannya ke lingkungan nyata melalui perangkat smartphone, tablet maupun kacamata khusus. Kehadiran teknologi ini di dunia hiburan tentunya memberikan sensasi yang menarik dan berbeda dibandingkan dengan Virtual Reality.

Karena mampu memberikan pengalaman yang berbeda dan bermanfaat untukberbagai bidang, banyak pengembang yang membuat aplikasi berbasis teknologi AR.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Berikut ini adalah beberapa pilihan aplikasi yang telah menerapkan teknologi AR untuk perangkat Android dan iOS:

 

Google Sky Map

Google Skymap bisa dibilang salah satu aplikasi AR tertua  di Google Playstore. Google Sky Map adalah aplikasi planetarium yang dapat anda unduh gratis.  Hadir dengan fitur menarik bagi para penggunanya, Google Sky Map akan membuat Anda mampu menjelajahi luar angkasa melalui perangkat smartphone Android.

Untuk cara penggunaan aplikasi augmented reality ini, Anda hanya perlu mengarahkan smartphone ke atas dan secara otomatis aplikasi tersebut akan menampilkan kondisi galaksi, letak planet, dan benda-benda langit lainnya

 

Ink Hunter

“Think before Ink!”

Tato merupakan salah satu bentuk ekspresi diri yang ditampilkan melalui lukisan di kulit di bagian tubuh manusia. Namun, konsekuensi dari tato adalah pengaplikasiannya yang sakit dan sulit untuk dihapus. Tentu sebelum memutuskan meninta tato, anda harus memikirkan secara matang gambar yang digunakan dan bagain tubuh mana yang anda pilih.

Namun tak perlu khawatir, karena Ink Hunter akan menampilkan desain tato yang Anda inginkan di bagian tubuh sesuai keinginan Anda.

Cukup gambar pola tertentu pada bagian tubuh yang ingin anda tato, kemudian sorot dengan kamera dari aplikasi Ink Hunter. Voila! anda tinggal memilih gambar tato yang anda inginkan dan gambar itu akan muncul di layar menyesuaikan lokasi anggota tubuh yang anda pilih.

 

Google Translate versi AR

Google translate tidak hanya menerjemahkan teks yang Anda ketik saja.

Fasilitas terjemah melalui foto termasuk salah satu layanan yang populer dari Google Translate untuk memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin menerjemahkan dari atau ke bahasa asing yang anda temui di tempat-tempat umum tanpa harus mengetiknya. Sebut saja seperti papan penunjuk jalan, papan iklan, papan pengumuman dan lain lain.

 

Quiver 3D Coloring App

Mewarnai di kertas tentu kegiatan yang disukai anak-anak. Quiver membuat kegiatan ini menjadi jauh lebih menyenangkan dengan menghadirkan kertas mewarnai yang diberi barcode khusus untuk menampilkannya dalam bentuk AR.

Nantinya, gambar yang telah diwarnai cukup disorot dengan kamera aplikasi Quiver, lalu versi Augmented Reality dari gambar yang di warnai akan muncul seolah menjadi nyata!

Selain itu, Quiver juga menawarkan beberapa fitur tambahan seperti games, kuis, dan capture foto.

 

Antimosquito AR Game

Aplikasi Antimosquito sangat cocok untuk Anda yang suka berburu nyamuk. Dalam permainan ini, tugas anda cukup sederhana: membunuh nyamuk sebanyak-banyaknya dengan senjata tembak.

Anda jugaa diberi pilihan berbagai senjata tembak untuk menjalankan permainan ini, seru bukan?

Eits, tentu tidak semudah itu membunuh nyamuk dalam Aplikasi ini. Setiap ruangan yang disorot kamera AR perangkat memiliki jumlah nyamuk yang berbeda. Bahkan, ada “Rajanya nyamuk”  yang harus anda habisi untuk memenangkan permainan ini, sebelum ia menggigit anda dan mengurangi nyawa yang anda miliki di permainan.

 

 

Field Trip

Bagi Anda yang hobi traveling, Anda wajib mengunduh aplikasi AR yang satu ini. Dengan aplikasi ini Anda tidak akan lagi ketinggalan informasi tentang tempat yang dikunjungi.

Anda hanya perlu membuka aplikasi ini kemudian arahkan ke satu hal yang menarik di tempat yang dikunjungi. Nantinya aplikasi ini akan memberikan informasi mengenai tempat tersebut. Aplikasi ini bisa anda dapatkan untuk perangkat iOS, Android maupun Google Glass.

 

Google Googles

Aplikasi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Field Trip, yakni memberikan informasi tentang berbagai hal menarik mulai dari tempat, buku, lukisan, hingga benda-benda lainnya yang Anda jumpai di mana saja melalui kamera ponsel.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk membaca QR Code atau Barcode.

 

Bagaimana? tertarik  mengunduh 7 Aplikasi Augmented Reality yang wajib banget dicoba menurut Smarteye? Jika anda punya rekomendasi aplikasi augmented reality yang belum disebutkan diatas, jangan sungkan meninggalkan komentar dibawah ya.

 

Post Author: Atikah

Content, SEO and Digital Marketing officer of SmartEye.id

1 thought on “7 Aplikasi Augmented Reality Smartphone Ini Wajib Untuk Dicoba (GRATIS)

    Faiz

    (September 10, 2018 - 11:35 am)

    Good article…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *