Di sepanjang sejarah kehidupan manusia, teknologi terbukti hadir untuk membantu memudahkan hidup manusia. Mulai dari peralatan berburu dari batu, masuk ke peralatan logam, hingga teknologi canggih seperti saat ini. Virtual reality dan augmented reality jadi contoh nyata teknologj canggih. Tentu, manfaat VR AR sangat banyak. Mulai dari training, hiburan, hingga untuk edukasi.

Informasi Lengkap 9 Aplikasi VR AR untuk Pendidikan dan Hiburan Kamu!

1. Mengamati Antariksa dengan Skyview

Skyview, aplikasi VR AR pendidikan
Image by Yuting Gao from Pexels.com

Pernahkah Anda pergi ke planetarium? Di planetarium, mempelajari rasi bintang terkesan begitu nyata. Tentu, dibutuhkan infrastruktur dan fasilitas khusus untuk menghadirkannya. Kini dengan teknologi AR, siapapun dapat menggunakan perangkat pintar untuk mengidentifikasi bintang, rasi, hingga berbagai jenis planet. Belajar astronomi pun makin praktis dan menyenangkan.

2. Curiscope Virtuali-Tee, Kaos Ber-AR

aplikasi VR dan AR untuk belajar anatomi
Image capture from Curiscope.com

Tak seperti kaos biasa, kaos ini dapat memberikan pengalaman unik belajar melalui teknologi AR, khususnya tentang anatomi tubuh manusia. Dengan menggunakan kaos Virtulali-Tee, pengguna dapat memindai dan mengeksplorasi lapisan-lapisan dalam tubuh manusia. Wow menakjubkan! Bayangkan Anda bisa lihat paru-paru orang sekitar secara visual. Tentu siswa dapat lebih memahami cara kerja, letak, fungsi dan bentuk organ-organ dalam manusia. Manfaat VR AR begitu terasa pada tools ini. Penasaran ingin coba?

3. Google Translate AR

Siapa yang tidak kenal Google. Yap! Mesin mencari ini tidak sekedar mesin pencari biasa. Tapi, bisa menerjemahkan tanda-tanda, simbol, huruf, hingga gambar sampai ke dalam 38 bahasa hanya dengan menggunakan kamera. Cara instan buat belajar, inilah jawabannya!

4. Narrator AR

Tools VR AR ini punya kegunaan untuk belajar menulis tangan bagi para siswa. Memang, di era digital kita sudah jarang menulis tangan. Tapi, bukan berarti kita tidak belajar menulis dengan tangan bukan. Pasti kita menemui masa-masa internet down, smartphone rusak atau listrik mati. Anda tidak menginginkan hal ini bukan?

Tuliskan kata di sebuah kertas, lalu scan kata tersebut dengan aplikasi. Maka akan muncul pengucapan kata yang benar. Cocok sekali untuk belajar bahasa dan mengeja.

5. Manfaat VR AR dalam Nearpod

Perangkat ini merupakan multimedia interaktif untuk pembelajaran. Dengan aplikasi ini, para guru dapat menemukan cara cepat untuk memulai menggunakan VR. Ada ribuan pelajaran yang bisa diunduh termasuk objek 3D. Tentu para siswa dapat lebih mengeksplore berbagai pengetahuai dari berbagai perjalanan hingga 360 kita di dunia.

6. Tak lagi Jijik saat Membedah Kodok Froggipedia

aplikasi VR AR froggipedia
Image by Igor Camelev from Pexels.com

Manfaat VR AR selanjutnya dapat dilihat jika anak atau adik Anda memasuki jenjang SMA. Jika mereka mengambil jurusan IPA saat SMA, maka Anda pasti pernah praktik membedah kodok ataupun hewan lain. Tidak semua orang nyaman dengan itu. Bisa saja terkesan menjijikkan. Namun, murid jaman sekarang tidak harus mengalami hal tersebut karena terdapat aplikasi berbasis AR yang memungkinkan proses pembedahan terjadi tanpa harus benar-benar membedah kodok.

Aplikasi Froggipedia memungkinkan siswa untuk mempelajari seluk beluk kodok tanpa harus membedah mayat kodok aslinya.

7. Google Expeditions, Menjelahi Manfaat VR AR

Dengan lebih dari VR dan 100 AR tour yang ada di dalamnya, Anda bisa mengajak para siswa untuk belajar secara lebih imersif. Ajak mereka mengarungi dunia dengan berjalan-jalan dan mengenal dunia secara lebih dalam. Manfaat VR AR terasa sangat membantu siswa mengenal dunia. Dunia ada di genggaman bukan cuma wacana tapi fakta. Aplikasi Google Expeditions mewujudkan semuanya.

8. Light Up Learning

Aplikasi AR besutan Light Up ini memungkinkan pengajar, khususnya di bidang teknik dan ilmu alam untuk menggambar berbagai hal. Mulai dari menggambar konfugurasi unsur kimia, struktur bangunan, hingga berbagai ilustrasi.

Misalnya untuk menggambar cetak biru jembatan bisa menggunakan aplikasi Bridge Builder AR. Tidak hanya bisa digunakan untuk mendesain, namun juga menguji kekuatan rancangannya. Berbagai simulasi pun bisa diterapkan, agar saat dibuat model dan bangunan aslinya bisa benar-benar kokoh.

9. Microsoft Hollow Lense, Manfaat VR AR bagi Mahasiswa Kedokteran

Aplikasi pendidikan dengan teknologi VR dan AR juga ada pada tingkat pendidikan tinggi. Microsoft HoloLens merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan dengan perangkat pintar untuk mahasiswa kedokteran. Pembelajaran dapat lebih mudah mempelajari anatomi tubuh dengan teknologi mixed reality. Mahasiswa dapat belajar lebih dalam tentang aliran arah, penyumbatan, hingga pembengkakan. Mereka juga bisa berjalan-jalan komponen-komponen dalam tubuh manusia. Dengan cara ini, mereka tak cuma paham anatomi, tapi juga cara mempelajari berbagai kendala dan masalah kesehatan.

Apa itu Mixed Reality?

Itulah berbagai manfaat VR AR yang ada dalam tools pendidikan.  Bayangkan jika semua bisa diterapkan secara masif. Imajinasi siswa yang luar biasa cemerlang dalat lebih diakomodir. Tentu output yang dihasilkan juga lebih membanggakan. Wujud dimana VR AR untuk edukasi benar-benar menjembatani jurang antara teori dan praktek. Augmented reality untuk pendidikan menjadi pintu gerbang untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan demikian, Indonesia menjadi negara maju bukan lagi angan.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.