Aksesoris VR Fitness Terbaik Agar Olahraga Terasa Lebih Nyaman!

Aksesoris VR Fitness Terbaik Agar Olahraga Terasa Lebih Nyaman!

Berolahraga tidak harus dilakukan diluar ruangan. Kamu juga dapat melakukan aktivitas olahraga di rumah. Ada banyak alat yang dirancang untuk berolahraga di dalam ruangan seperti treadmill, exercise bike, atau dumbbell. Namun sebagian orang menganggap alat-alat tersebut mahal dan terkadang membosankan karena hanya berdiam di dalam ruangan.

Virtual reality menjadi salah satu jawaban terhadap masalah ini. Dengan headset VR seperti Meta Quest 2, kamu dapat mengubah ruangan yang membosankan menjadi area fitness sesuai keinginan. Virtual reality menyediakan latihan fitness yang dapat disesuaikan dengan selera. Kamu dapat berolahraga di pantai atau bahkan di planet Mars, menarik bukan?

Berolahraga dengan headset VR memang menjadi alternatif efektif karena opsi latihan yang beragam. Namun kebanyakan pengguna memiliki permasalahan yang sama yaitu kenyamanan. Contohnya, kita bisa menabrak objek yang ada disekeliling kita karena menggunakan headset VR. Atau karena panas suhu tubuh membuat lensa menjadi beruap. 

Hal tersebut membuat sebagian orang tidak nyaman berolahraga jika menggunakan headset VR. Kabar baiknya, kamu dapat mengatasi ketidaknyamanan tersebut dengan menggunakan aksesoris. 

Saat ini tersedia beberapa aksesoris yang dapat membuat olahraga dengan VR menjadi lebih nyaman dan seru. Aksesoris ini juga cukup terjangkau dan dapat meningkatkan kualitas berolahraga. Apa saja aksesoris VR fitness tersebut?

KIWI Design Face Cushion Foam Pad

Aksesoris VR Fitness kiwi design face cushion
Sumber: Amazon

Salah satu permasalahan berolahraga dalam VR adalah berkeringat. Menggunakan headset VR dalam waktu yang lama tidak menjadi masalah jika kita hanya menonton film atau bermain game. Namun, berolahraga dengan waktu yang lama dapat membuat keringat bercucuran dan suhu tubuh meningkat. Hal tersebut dapat membuat lensa beruap.

Solusi yang dapat kamu lakukan adalah membeli pelindung lensa yang memiliki ventilasi. Kamu bisa mendapatkannya dari perusahaan penyedia aksesoris VR fitness bernama Kiwi Design. Perusahaan ini membuat produk pelindung wajah yang memiliki sisi dengan ventilasi udara. 

Produk dari Kiwi Design ini sangat efektif jika digunakan untuk berolahraga. Hal ini karena udara panas yang berada di dalam headset dapat dikeluarkan melalui ventilasi udara sehingga tidak mengaburkan lensa. Pelindung ini sangat mudah untuk dipasang dan membuat wajah tetap dingin saat berolahraga.

Matras Yoga berbentuk Lingkaran

Olahraga di dalam VR bisa membuat kamu lupa dengan dunia nyata. Terkadang kita dapat lupa jika ada objek di sekitar ruangan tempat berolahraga. Seringkali pengguna juga salah mengira posisi hingga akhirnya menabrak objek. 

Perangkat Meta Quest 2 memiliki fitur isyarat visual untuk memberitahu pengguna mengenai batas ruang bergerak yang telah kita tentukan. Tetapi pada kenyataannya, isyarat tersebut belum tentu memiliki akurasi yang tepat dalam menentukan batasan.

Kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan membeli matras yoga berbentuk lingkaran. Dengan aksesoris VR fitness satu ini, kamu dapat memperhitungkan posisi kamu sehingga bisa berolahraga tanpa khawatir menabrak objek. 

VR Cover Controller Grips

Sebagian game olahraga pada VR banyak melibatkan pukulan dan gesekan hingga membuat kamu berkeringat. Beberapa game juga mengharuskan kamu memegang erat controller dalam waktu yang lama. Hal tersebut dapat membuat lengan pengguna terasa pegal.

Kamu dapat mengurangi rasa pegal tersebut dengan aksesoris VR fitness yang satu ini. VR Cover Controller Grips merupakan aksesoris tambahan untuk controller VR lengkap dengan tali pengikat dan pegangan silikon. Pengguna dapat mengurangi pegal-pegal dengan mengistirahatkan tangan pada tali pengikat yang nyaman. Pegangan silikon yang tidak licin juga dapat menjaga controller agar tidak kotor dan berkeringat

Aksesoris VR Fitness controller grip
Sumber: Ganshoren

Setelah membaca artikel ini, apakah ada aksesoris VR fitness yang ingin kamu beli? Atau apakah kamu tertarik dengan perkembangan VR saat ini? Kunjungi smarteye.id untuk mengetahui informasi terbaru seputar virtual reality!

Aksesoris VR Fitness Terbaik Agar Olahraga Terasa Lebih Nyaman!

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!

Related Content