logo

Rekomendasi Anime Tentang Virtual Reality yang Bisa Kamu Tonton!

Rekomendasi Anime Tentang Virtual Reality yang Bisa Kamu Tonton!

Kehadiran virtual reality membawa perubahan baru ke dalam dunia game. Kita dapat bermain game dengan sensasi permainan yang lebih imersif. Dengan headset VR, kamu bisa merasa seolah-olah berada di dalam dunia game yang kamu mainkan. 

Kepopuleran VR membuat teknologi ini seringkali diadaptasi dan digambarkan dalam berbagai film bergenre fiksi ilmiah. Tidak hanya film, virtual reality juga kerap digunakan sebagai plot utama dari cerita anime dari Jepang. 

Apakah kamu ingin menonton anime virtual reality? Simak artikel di bawah ini!

Sword Art Online

Seperti yang sudah disebutkan, Sword Art Online atau SAO menjadi anime paling populer yang menggunakan VR sebagai plot cerita. Kepopuleran anime virtual reality ini membuatnya memiliki sekuel seperti Sword Art Online: Alicization dan War of Underworld. 

SAO berlatar pada tahun 2022 alternatif dimana virtual reality telah berkembang pesat. Anime ini bercerita tentang game bergenre Massive Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) yang baru saja diluncurkan bernama Sword Art Online. Dengan headset VR “NerveGear”, Pemain dapat mengontrol avatar hanya dengan menggunakan pikiran mereka sendiri. 

Kazuto Kirigaya yang dijuluki “Kirito” merupakan salah satu orang yang pertama mencoba game ini saat diluncurkan. Saat login ke dalam game, Kirito bersama sepuluh ribu orang lainnya masuk ke dalam dunia Aincrad yang indah. 

Sumber: Madman Anime

Dunia Aincrad penuh dengan senjata abad pertengahan yang fantastis dan monster yang mengerikan.Namun sesaat setelah masuk, Kirito bersama para pemain segera menyadari bahwa mereka tidak dapat keluar.

Pencipta game SAO telah menjebak mereka di dunia Aincrad sampai mereka menyelesaikan seratus level yang ada di game. Jika pemain mati dalam game, maka mereka juga akan mati di kehidupan nyata.

Anime virtual reality ini berfokus pada petualangan Kirito dalam menyelesaikan seratus level permainan di dunia Aincrad. Dalam perjalanannya melawan monster, Kirito banyak bertemu teman baru yang kuat.

Accel World

Jika kamu merupakan penggemar SAO garis keras maka kamu pasti akan menyukai anime virtual reality Accel World. Bahkan menariknya, SAO dan Accel World dikabarkan mengambil tempat di universe yang sama. Hal ini dikarenakan kedua anime dibuat oleh penulis yang sama yaitu Reki Kawahara.

Meskipun berada di universe yang sama, SAO dan Accel World berlatar di waktu yang berbeda. Diyakini bahwa NerveGear pada SAO adalah generasi pertama dari teknologi yang digunakan di Accel World. Anime buatan Reki Kawahara ini pun juga menceritakan sebuah program game bernama Brain Burst.

Accel World menceritakan petualangan Haruyuki Arita, seorang siswa yang sering di-bully di sekolah. Suatu hari Haruyuki bertemu Kuroyukihime yang merupakan gadis paling populer di sekolah. Gadis tersebut kemudian memperkenalkan Haruyuki pada program rahasia Brain Burst.

accel world anime virtual reality
Sumber: Wallpaper Abyss

Brain Burst sendiri adalah game pertarungan Virtual Reality Massively Multiplayer Online (VRMMO). Dalam permainan ini, orang-orang saling bertarung untuk mendapatkan Burst Point. Jumlah poin yang terkumpul bisa digunakan untuk kemampuan akselerasi di dunia nyata.

Kuroyukihime menjelaskan bahwa dia memilih untuk menunjukkan Haruyuki karena dia membutuhkan bantuannya. Dia ingin bertemu pencipta Brain Burst dan mengungkap alasan mengapa program tersebut dibuat.

Haruyuki kemudian sepakat dengan Kuroyukihime bergabung untuk mencapai Level 10 dalam Brain Burst. Mereka bekerja sama agar dapat bertemu penciptanya, dan mencari tahu tujuan sebenarnya dari program rahasia tersebut.

Log Horizon

Anime virtual reality Log Horizon seringkali dibandingkan dengan SAO. Kesamaan utama adalah keduanya terjadi di dalam MMORPG. Alur cerita dari kedua anime ini pun bisa dibilang memiliki kemiripan.

Anime ini mengisahkan kehidupan yang terjadi dalam game MMORPG, Elder Tale. Setiap harinya lebih dari tiga puluh ribu gamers asal jepang bermain di dunia game virtual reality tersebut. Namun setelah update terbaru dirilis, para pemain tidak bisa melakukan logout. Salah satu dari pemainnya adalah seorang pelajar bernama Shiroe.

Sumber: Madman Anime

Shiroe menjadi pemimpin dan bernegosiasi dengan NPC untuk membawa stabilitas ke kota virtual Akihabara. Dia juga ditemani oleh Naotsugu dan Akatsuki. Naotsugu bernasib sama dengan Shiroe terjebak dalam dunia virtual setelah login. Sedangkan Akatsuki merupakan seorang pembunuh ganas yang menyebut Shiroe sebagai tuannya. 

Log Horizon mengusung kisah fantasi, petualangan, dan politik. Anime virtual reality ini mengeksplorasi game MMORPG melalui pandangan Shiroe yang merupakan ahli strategi. Sangat cocok untuk ditonton bagi kamu yang menyukai genre fantasi.

Lihat juga: Tata Cara Menggunakan VR di Android untuk Pecinta Gadget


Itulah 3 rekomendasi anime virtual reality terbaik yang bisa kamu tonton. Menarik bukan bagaimana teknologi VR bisa menjadi plot cerita dalam suatu anime. Jika kamu tertarik dengan informasi seputar virtual reality, kamu bisa kunjungi link di sini!

Rekomendasi Anime Tentang Virtual Reality yang Bisa Kamu Tonton!

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!