Apa itu Virtual Reality? Bagaimana Brand Fashion Balenciaga Menerapkannya?

Apa itu Virtual Reality? Bagaimana Brand Fashion Balenciaga Menerapkannya?

Informasi Penting Terkait Virtual Reality dan Penerapan Terbarunya oleh Balenciaga 

Apa itu Virtual Reality?

Sebelum membahas penerapan virtual reality oleh Balenciaga. Kita akan membahas mengenai apa itu virtual reality? Dikutip dari medium, virtual reality adalah simulasi komputer yang menghasilkan gambar atau lingkungan 3D.  

Sistem VR melakukannya dengan menggunakan grafik canggih untuk menghasilkan gambar dan video 3D dengan merekonstruksi skala dan jarak antara gambar 2D statis. Sehingga virtual reality memiliki potensi besar dalam mengubah cara untuk bermain, bekerja, belajar, berkomunikasi, dan mengalami dunia sekitar. 

Teknologi ini dapat meregenerasi gambar dan video untuk menghasilkan pengalaman visual yang luar biasa. Dengan melampaui monitor komputer dan smartphone biasa, kamu dapat berinteraksi dan menikmatinya menggunakan perangkat virtual reality (VR) seperti VR Headset dan controller. Beberapa industri telah menggunakan teknologi VR untuk keperluan bisnis mereka. 

Implementasi teknologi VR biasanya digunakan untuk melakukan pelatihan virtual, permainan virtual, pameran virtual, virtual tour 360 dan beragam inovasi menarik lainnya. Salah satunya pada industri fashion dengan inovasi yang unik dan menarik. Berikut informasi buat kamu apa itu teknologi VR dan penerapan yang telah dilakukan.

Baca juga: Apa itu virtual reality dan kegunaanya? 

Penerapan Virtual Reality Terbaru Oleh Balenciaga

  • Virtual Game Show
Apa itu virtual reality afterworld
Photo by Vogue

Balenciaga merupakan fashion brand ternama yang menerapkan teknologi VR dalam virtual game show pada koleksi mereka. Virtual game untuk koleksi Fall 2021 mereka ini bertemakan Distopia atau fantasi yang dibentuk melalui game Afterworld: The Age of Tomorrow.

Balenciaga menerapkan metode kampanye unik ini dengan mengirimkan VR Headset Oculus kepada tamu undangan mereka. Sehingga, para undangan dapat bermain sekaligus melihat koleksi pakaian Balenciaga di dunia virtual.  

  • 3D Virtual Characters   
virtual avatars
Photo by Vogue

Selain menggunakan virtual game show untuk kampanye koleksi musim gugur 2021, Balenciaga juga menerapkan 3D virtual character pada koleksi musim panas 2022. Karakter yang ditampilkan berbeda-beda dan menggunakan pakaian, tas, aksesoris yang didesain mengikuti tema koleksi.

Kamu juga harus tahu kalau Balenciaga melakukan rendering modelnya secara langsung! Keren banget,  ya? Tidak hanya itu, Balenciaga juga berkolaborasi dengan  game online Fortnite dalam menampilkan koleksi lainnya.

Kolaborasi dengan Fortnite dilakukan melalui penggabungan karakter Fortnite 3D yang menggunakan koleksi pakaian Balenciaga. Penerapan ini merupakan cara baru yang berbeda dalam memamerkan koleksi pakaian Balenciaga.

  • Virtual 360 Show  
virtual reality 360 show
Photo by Dazed

Inovasi lainnya yang dilakukan oleh Balenciaga yaitu menerapkan virtual fashion show 360 pada 2016 lalu. Virtual fashion show 360 ini diusung oleh Demma Gvasalia, yang pada waktu itu melakukan debutnya sebagai Creative Director Balenciaga.

Virtual Fashion Exhibition  

Selain mengenalkan koleksi pakaian mereka dengan virtual fashion show dan virtual  game, Balenciaga juga berkolaborasi dengan museum Museo Thyssen. Dimana, keduanya membuat virtual expo exhibition untuk memamerkan pakaian couture atau pakaian khusus yang dibuat oleh Balenciaga. 

Dalam expo tersebut ditampilkan lukisan sejarah Spanyol dan koleksi couture oleh pendiri Balenciaga yaitu Cristobal Balenciaga. Virtual Fashion Exhibition tersebut juga dapat kamu gunakan dengan perangkat sehari-hari dan VR Headset.


Penerapan teknologi virtual reality dalam industri fashion, oleh Balenciaga merupakan suatu inovasi yang menarik dan kreatif. Di sisi lain, Demma Gvasalia sebagai direktur artistik Balenciaga ikut mendorong pengembangan teknologi VR pada industri fashion.

Berikut informasi mengenai apa itu virtual reality dan penerapannya oleh Balenciaga. Sangat unik bukan? Pastinya kamu juga dapat menggunakan teknologi virtual reality untuk keperluan bisnis kamu. smarteye.id penyedia jasa VR terbaik siap dalam mewujudkannya. Untuk selengkapnya, klik di sini!

Apa itu Virtual Reality? Bagaimana Brand Fashion Balenciaga Menerapkannya?

Margaret Wuwur

Besides analyzing data, data, data. Sometimes I write too, somewhere and sitting on a black chair.