Apple Luncurkan Aplikasi AR: For All Mankind

Apple Luncurkan Aplikasi AR: For All Mankind

Apple Luncurkan Aplikasi AR: For All Mankind

Siapa yang tidak tahu perusahaan teknologi raksasa Apple?

Perusahaan ini telah banyak melahirkan produk terkenal seperti  iMac, Macbook, iPhone, iPod, iPad, dan Apple TV. Apple terkenal dengan produk yang selalu mengedepankan kepuasan pengguna melalui fitur unik menyenangkan dan memudahkan.

Seiring dengan komintmen tersebut, Apple ingin menunjukan keseriusannya terhadap perkembangan teknologi, yaitu dengan memajukan teknologi Augmented Reality (AR) di dalam sistem operasinya. Kira-kira bagaimana keseruannya ya? 

Simak informasi seputar kecanggihan teknologi AR untuk Apple pada artikel yang satu ini, yuk!

Lihat juga : Mengenal Augmented Reality (AR) dan Kegunaannya yang Dapat Kita Nikmati

Aplikasi AR Apple, For All Mankind: Time Capsule

Apple juga telah meluncurkan aplikasi AR pertama bernama For All Mankind: Time Capsule pada tahun 2021 lalu. Aplikasi AR Apple ini dibuat untuk mempromosikan serial drama For All Mankind yang sedang dalam produksi musim kedua. 

Sumber : Apple TV

For All Mankind adalah serial fiksi ilmiah tentang sejarah alternatif yang terjadi saat era perlombaan luar angkasa di tahun 1960-an. Di serial ini, Uni Soviet menjadi negara pertama yang berhasil mendaratkan misi berawak di bulan, sedangkan Amerika tertinggal. Serial ini terfokus pada organisasi NASA yang mengejar ketertinggalannya melawan Uni Soviet dalam perlombaan antariksa.

Aplikasi AR untuk Apple yang satu ini dibuat bagi para fans yang telah menonton musim pertama dan sedang menunggu musim kedua dari acara ini. Karena itu, di dalam aplikasi ini banyak menggunakan artefak-artefak dari serial yang diproyeksikan oleh AR. Pastinya seru banget, ya?

Aplikasi AR sebagai Alat Promosi

Aplikasi AR Apple tersebut juga digunakan sebagai alat promosi yang dapat menarik calon penonton baru sehingga mereka penasaran dengan serial tv-nya. Bagaimana cara mendapatkan akses ke aplikasi canggih ini? Mudah saja ya.

Kamu bisa mengunduh aplikasi canggih ini di App Store, lalu berlangganan Apple TV Plus untuk menonton For All Mankind. Kamu juga dapat mengakses konten tambahan untuk perangkat Apple seperti iPhone dan iPad yang dilengkapi dengan kamera pemindai LiDAR.

Aplikasi AR Apple yang bernama For All Mankind : Time Capsule
Sumber : Flashfly

Setelah diunduh, aplikasi AR Apple “Time Capsule” kemudian akan membawa dunia serial TV For All Mankinds ke dalam perangkat Apple milik fans. Aplikasi ini mengungkap kenangan dari kehidupan Danny Stevens serta orang tuanya, Gordo dan Tracy yang terjadi diantara musim pertama dan kedua serial ini. 

Pengguna dapat memproyeksikan artefak-artefak seperti kertas bahkan bermain game di dalam komputer. Jika perangkat milikmu mempunyai teknologi pemindai LiDAR, maka kamu dapat memproyeksikan proyektor virtual untuk menampilkan foto-foto keluarga Danny pada tembok rumah. 

Produser serial For All Mankinds, Ben McGinnis mengatakan aplikasi ini dibuat secara paralel saat musim kedua diproduksi. Selain promosi, hal ini dilakukan agar tim kreatif bersama Apple dapat menentukan objek mana saja yang dapat menarik pengguna di aplikasi. Nantinya, objek ini akan digunakan dalam cerita di serial tv musim kedua. 

Tidak Hanya Aplikasi, Apple Sedang Mengembangkan Kacamata dan Headset VR/AR

Ketertarikan Apple dengan AR dapat dilihat dari keseriusannya dalam mengembangkan aplikasi ini, yang juga banyak memanfaatkan pemindai LiDAR. Apple memang serius dalam hal perkembangan Augmented Reality untuk perangkat teknologi mereka. 

Saat ini pun sudah ada rencana Kacamata AR dan headset VR/AR yang masih berada dalam pengembangan. Kacamata dan headset ini dapat membawa fitur-fitur dari iPhone ke dalam kedua perangkat canggih ini. 

Perangkat VR AR headset dari Apple ini kabarnya akan segera rilis pada bulan Januari 2023 nanti. Generasi kedua diperkirakan akan menyusul pada tahun 2025 nanti.

Dari segi desain, headset VR AR Apple tentu berbeda dengan Apple Glass. Apple Glass sendiri diracang layaknya kacamata ringan biasa yang umum dipakai masyarakat.

Perbedaanya adalah kacamata ini mampu memproyeksikan informasi ke lensanya. Kamu bisa menerjemahkan bahasa secara langsung dengan kacamata ini nantinya. Keren banget!

Sementara itu, headset Apple dirancang untuk membawa penggunanya masuk ke dunia metaverse. Kamu bisa gunakan headset ini untuk melakukan komunikasi, melihat konten, dan juga bermain game. Namun, tentu perangkat ini tidak bisa kamu pakai seharian ya.

Kacamata Aplikasi AR Apple
Sumber : Medium

Setelah membaca tentang aplikasi AR Apple yang satu ini, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Sebagai pecinta produk Apple, tentu kamu tak ingin ketinggalan inovasi canggih dari perusahaan ternama ini ya! 

Kalau kamu tertarik dengan pembahasan mengenai augmented reality, kamu bisa baca lebih banyak dengan kunjungi situs smarteye.id! Ada juga informasi terkait berita teknologi lainnya yang tak boleh kamu lewati! 

Sebagai pemilik bisnis, kamu juga bisa konsultasikan teknologi canggih untuk perusahaanmu secara gratis dengan smarteye.id. Tunggu apa lagi? Yuk, lakukan konsultasi gratis untuk tingkatkan bisnis kamu sekarang juga!

Apple Luncurkan Aplikasi AR: For All Mankind

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.