4 Aplikasi Augmented Reality Arsitektur Yang Bisa Kamu Coba

4 Aplikasi Augmented Reality Arsitektur Yang Bisa Kamu Coba

Berikut Informasi Buat Kamu Aplikasi Augmented Reality Arsitektur!   

Penerapan teknologi Augmented Reality (AR) saat ini terus berkembang dengan beragam kegunaannya. Dengan terus meningkatnya teknologi ini, banyak para creator mengembangkan aplikasi augmented reality yang digunakan untuk beberapa industri, salah satunya untuk desain arsitektur.  

Beberapa aplikasi AR ditujukan untuk mempermudah para arsitek maupun 3D designer dalam melakukan desain arsitektur. Simak apa saja aplikasi AR untuk desain arsitektur yang bisa kamu coba sebagai berikut!

Baca Juga: Mengenal Kegunaan Augmented Reality  

1. ARki

Aplikasi AR ARki
Foto oleh Amazing Architecture

Aplikasi AR ini merupakan alat digital yang dikembangkan oleh Architizer. ARki membantu kamu memvisualisasikan proyek bangunan dalam 3 dimensi, yang dibuat melalui teknologi AR. Sehingga kamu dapat membagikan dan menyajikan desain yang sangat jelas dan interaktif. 

ARki saat ini tersedia dalam dua versi yaitu secara free maupun berbayar. Aplikasi ini mendukung file digital modeling maupun content creation program seperti FBX, 3ds Max, Blender, Cinema 4D, Maya, MicroStation, Rhino, Revit, SketchUp, dll. 

Dari variasi file tersebut, aplikasi ini menyajikan model 3D yang diimpor dengan skala yang menyesuaikan. Kamu juga dapat mengakses aplikasi ini secara offline juga, lho! Sejauh ini, ARki dianggap aplikasi AR terbaik dalam menghadirkan desain arsitektur. 

2. Magicplan  

aplikasi ar Magicplan
Foto oleh Home Insider

Magicplan merupakan salah satu opsi terbaik yang dapat membantu kamu untuk mendesain denah lantai dengan dukungan teknologi augmented reality. Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS.  

Penggunaanya cukup mudah, kamu hanya perlu memindai ruangan dengan kamera smartphone maupun tablet. Secara otomatis, aplikasi ini akan menghasilkan denah lantai interior yang akurat dan tajam baik 3D maupun 2D. Cukup instant bukan aplikasi augmented reality arsitektur ini?

3. RoomScan Pro   

Tidak seperti aplikasi AR lainnya, RoomScan Pro memberikan fitur berbeda dan menarik bagi kamu untuk membuat desain arsitektur. Yang pertama merupakan metode dengan pemindaian otomatis melalui teknologi AR dalam membuat denah lantai. 

Nantinya, aplikasi ini akan menangkap interior maupun eksterior bangunan secara 3D dan 2D. 

RoomScan Pro juga dapat memberikan fitur dalam menambahkan warna pada gambar desain yang kamu buat dan informasi nama ruang yang kamu gunakan.  

4. Hutch 

aplikasi ar Hutch
Foto oleh The Study

Aplikasi AR lainnya adalah Hutch. Aplikasi AR ini merupakan salah satu platform yang paling canggih, lengkap dan efektif untuk desain interior.

Kamu dapat mengambil foto ruangan dan mencoba berbagai tampilan ruangan dengan fitur AR yang tersedia. Sehingga, pengguna Hutch dapat menggunakan teknologi AR untuk merancang desain interior dan menghasilkan gambaran desain secara virtual secara bersamaan.


Berikut informasi mengenai aplikasi augmented reality arsitektur yang bisa kamu coba. Tidak hanya membantu dalam proses desain ruangan, namun aplikasi tersebut sangat interaktif dan unik bukan? Kamu juga dapat menerapkan teknologi AR ini untuk kebutuhan bisnis kamu, lho!

smarteye.id sebagai penyedia jasa VR AR terbaik siap dalam mewujudkannya. Untuk selengkapnya, klik di sini!

4 Aplikasi Augmented Reality Arsitektur Yang Bisa Kamu Coba

Margaret Wuwur

Besides analyzing data, data, data. Sometimes I write too, somewhere and sitting on a black chair.