Yuk Cobain 6 Aplikasi Desain Interior Khusus dengan Augmented Reality!

Yuk Cobain 6 Aplikasi Desain Interior Khusus dengan Augmented Reality!

Augmented reality atau AR adalah teknologi yang dapat menghadirkan objek virtual dalam dunia nyata. AR disematkan dalam aplikasi untuk menghadirkan furnitur dalam lingkungan rumah hanya melalui pemindaian kamera HP. Teknologi ini memudahkan proses dekorasi rumah karena kamu bisa melihat tampilan perabot dengan kondisi asli rumahmu, tanpa benar-benar membawanya secara fisik.

Kamu juga bisa mencoba berbagai hal seperti merubah warna tembok, mengganti desain ruangan dan lainnya. Berikut beberapa aplikasi desain interior untuk pengguna iPhone yang bisa kamu coba. Ketahui selengkapnya pada artikel yang satu ini!

Wayfair

Wayfair merupakan salah satu perusahaan furnitur terkenal yang menawarkan fitur AR pada aplikasinya. Kamu bisa browsing ribuan jenis perabot yang cocok dengan desain rumahmu. Kamu bisa belanja perabot dapur hingga ruang keluarga.

Bahkan, alat memasak juga tersedia, ya. Kamu bisa sesuaikan pilihan kitchen set hingga peralatan memasak yang senada. Dengan begitu, perabot rumahmu bisa sesuai dengan konsep estetika rumah secara menyeluruh.

aplikasi desain interior Wayfair
Foto oleh Wayfairnext.com

JigSpace

Aplikasi dekorasi interior lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah JigSpace. Aplikasi ini merupakan platform knowledge-sharing yang bisa memvisualisasikan ide, produk dan proses dalam tampilan 3D. Karena dirancang untuk menampilkan presentasi dalam AR, kamu bisa menggunakannya dalam kolaborasi proyek dekorasi rumah berbasis 3D.

Meski bukan aplikasi khusus untuk merombak rumah, kamu bisa membuat maket AR di aplikasi ini ya. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan anggota keluarga lain atau desain interior profesional mengenai tampilan ruangan yang diinginkan. Kemudahan presentasi berbasis AR ini dapat memfasilitasi ide-ide menarik yang kamu punya ke dalam bentuk yang lebih mudah dipahami.

iScape 

Dekorasi rumah tak sekedar menata interior saja. Bagi sebagian orang, taman menjadi hal penting untuk mempercantik rumah. iScape dapat membantu pembuatan lanskap taman di rumah.

Kamu bisa pilih berbagai elemen taman seperti pohon, bunga, hingga hiasan batu. Tak perlu khawatir, kamu bisa desain sekreatif mungkin karena aplikasi ini memiliki cukup banyak jenis tanaman dan bunga. Sebelum membeli perlengkapan taman, desain ini perlu kamu buat sebagai referensi agar hasil akhir sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Kamu juga menjadi semakin yakin untuk membeli keperluan taman. Tentu, cara ini bisa memotong biaya berlebih akibat salah membeli barang ya. Hasil akhir desain ruangan diharapkan sesuai dengan keinginanmu.

Magicplan

Apakah bangunan rumahmu sudah berusia tua dan ingin melakukan perombakan besar-besaran? Magicplan adalah aplikasi yang tepat untukmu. Aplikasi ini dirancang untuk kontraktor atau jika kamu ingin menyewa jasa kontraktor. Kamu bisa membuat denah lantai, ruangan, hingga menambahkan dekorasi objek 3D.

Jangan takut model yang kamu inginkan tidak tersedia karena database Magicplan cukup besar mencakup lemari, jendela, hingga pipa. Kamu dapat lihat analisis perubahan rumah pada proses renovasi ini. Hasil desain yang kamu inginkan dapat memudahkan kontraktor untuk memulai proyek pembangunan rumah. 

aplikasi desain interior magicplan
Foto oleh Clockshark.com

Houzz 

Kesulitan menentukan tema untuk rumah idaman? Kamu bisa cari inspirasi dari aplikasi Houzz. Dengan desain inspiratif dari berbagai desainer interior terbaik, kamu bisa merubah tampilan rumah menjadi lebih cantik, nyaman, dan fungsional. Padu padankan berbagai item sesuai tema dekorasi dan lihat tampilan furnitur pada lingkungan rumahmu.

Aplikasi ini mirip dengan aplikasi desain interior lainnya. Kelebihannya ialah ada cukup banyak item virtual yang bisa kamu pilih pada aplikasi ini ya. Ada pula fitur menarik yang memudahkanmu mengunggah gambar perabot yang kamu suka. Rancangan konsep rumah menjadi semakin bisa dipersonalisasi. 

Lihat juga: “Pertumbuhan AR Kian Pesat, Peluang Bisnis Prospektif”

IKEA Place

Siapa yang tak kenal dengan merek ternama yang satu ini? Toko furnitur populer IKEA juga memiliki aplikasi AR desain interior yang bisa kamu manfaatkan. Pergi ke toko IKEA memang menyenangkan. Kamu bisa melihat-lihat desain perabot yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga lebih menarik dan inspiratif.

Namun, penataan tersebut belum tentu sesuai dengan kondisi asli rumahmu ya. Agar lebih yakin, kamu bisa gunakan aplikasi IKEA Place untuk tempatkan perabot virtual di ruangan rumahmu sebelum membelinya. Kamu bisa padu padankan furnitur lama dengan item baru yang ingin kamu beli.  


Itulah keenam aplikasi desain interior yang bisa kamu manfaatkan dalam mendekorasi rumah idaman. Teknologi AR dapat memudahkan kehidupan sehari-hari, termasuk untuk urusan mempercantik rumah. Kalau kamu ingin ketahui manfaat teknologi AR lainnya, kamu bisa baca lebih banyak dengan kunjungi smarteye.id. Caranya mudah saja, cukup klik di sini ya!

Yuk Cobain 6 Aplikasi Desain Interior Khusus dengan Augmented Reality!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.