Ikuti Pembelajaran Lebih Menarik dengan Aplikasi Augmented Reality buatan Mahasiswa UNY

Ikuti Pembelajaran Lebih Menarik dengan Aplikasi Augmented Reality buatan Mahasiswa UNY

Anak bangsa juga tak mau kalah dalam mengembangkan teknologi canggih seperti Augmented Reality atau AR. Sekelompok mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil merancang metode belajar tematik berteknologi Augmented Reality. Mahasiswa tersebut adalah Kemal Hakim Bachmid dan Faishal Aziz Rahmat dari Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Khasanah Rahmawati dan Nadila Putri dari Produk PGSD, serta Alifah Raihan Nur Hasanah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Jadi Pintar dengan Pin AR

pembelajaran siswa dengan Pin AR
sumber: detik.com

Keempat mahasiswa UNY tersebut merancang aplikasi interaktif pembelajaran augmented reality dan komunikasi yang diberi nama Pin AR, yang merupakan akronim dari Pintar dan Augmented Reality. Salah satu anggota tim, Kemal, menjelaskan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi augmented reality, peserta didik dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran dengan lebih baik, utamanya dalam pembelajaran tematik.

“Ini menjadi langkah untuk mengatasi masalah pihak sekolah dimana banyaknya siswa yang kesulitan memahami pelajaran saat pembelajaran jarak jauh diadakan,” tambah Kemal.

Sama seperti aplikasi game ataupun video on demand, aplikasi pembelajaran augmented reality ini juga bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Tampilan objek gambar yang ditampilkan juga dalam format 3D yang tentunya lebih menarik dan mudah dipahami siswa sekolah dasar.

Lihat juga: “Penggunaan VR dan AR di Industri Pendidikan”

Fitur Sederhana dengan Jutaan Manfaat

pembelajaran augmented reality untuk siswa
Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Aplikasi ini punya empat fitur utama yang sangat bermanfaat. Yakni fitur scan marker, unduh buku marker, buku pedoman penggunaan dan tentang aplikasi. Pengguna dapat mengakses materi pembelajaran melalui fitur scan marker yang berbentuk logo “play”. Aplikasi ini menggunakan kamera untuk menganalisis marker yang menangkap video.

Setelah menekan tombol play dan scan marker, maka materi pembelajaran augmented reality dalam bentuk 3D, video animasi dan juga video lagu akan muncul sesuai dengan materi yang ada pada marker.

Lihat juga: “7 Aplikasi Augmented Reality yang Layak Dicoba”

Tingkatkan Pemahaman Siswa dengan Pembelajaran Augmented Reality

Sebelum menggunakan aplikasi pembelajaran augmented reality, banyak siswa yang merasa kesulitan memahami materi pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya aplikasi ini, tingkat pemahaman materi yang menurun pun dapat ditingkatkan. Pencapaian tersebut menandakan bahwa aplikasi AR dapat dikembangkan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Materi yang dijelaskan pun dapat lebih luas sehingga menjadi media pembelajaran yang efektif untuk siswa.

Dengan teknologi Augmented Reality, berbagai kebutuhan bisnis seperti promosi ataupun demo dapat menjadi lebih mudah. Pemasaran juga bisa dilakukan dengan lebih menarik, dan juga pelatihan karyawan yang menjadi lebih aman dan mudah. Anda juga bisa menikmati kecanggihan teknologi ini bersama kami. Klik di sini untuk terapkan teknologi AR pada bisnis Anda.

Ikuti Pembelajaran Lebih Menarik dengan Aplikasi Augmented Reality buatan Mahasiswa UNY

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.