Apple Glass: Wujud Komitmen Apple untuk AR

Apple Glass: Wujud Komitmen Apple untuk AR

Siapa yang tidak kenal dengan merek Apple? Yap! Meski bukan produk gawai yang paling banyak dipakai, Apple selalu menjadi pionir yang menghadirkan teknologi terdepan. Selain teknologi mutakhir, perangkat Apple juga awet.

Mulai dari komputer, laptop, smartphone, headset, hingga headset VR selalu jadi incaran. Kini, Apple juga mengerahkan sumber dayanya untuk meneliti penggunaan teknologi Augmented Reality (AR). Apple untuk AR pun sudah menunjukkan hasilnya, yakni kacamata AR.

Alasan Pengembangan Apple untuk AR

Sebelum sebuah teknologi dikembangkan, atau diterapkan pada suatu produk, sebuah perusahaan pasti punya alasan yang kuat. Tak terkecuali Apple untuk AR.

Dengan teknologi AR, perangkat Apple yang bernama Apple Glass dapat menyajikan data, grafik, hingga informasi menarik lainnya. Tim Cook, CEO Apple mengatakan bahwa penerapan teknologi Augmented Reality dapat memberikan konteks dalam berkomunikasi.

Salah satu contohnya adalah penampilan grafik saat berdiskusi, presentasi, bahkan berbicara santai sambal minum kopi. Tentu, ini adalah terobsan besar dalam dunia teknologi. Bukan tidak mungkin di masa depan, kita tidak perlu repot membawa laptop untuk mempresentasikan ide-ide cemerlang. Cukup dengan kacamata Apple berteknologi AR. Berpresentasi dengan gaya adalah masa depan.

Cara Baru Berbelanja dengan Apple Glass

apple glass
image by appleinsider.com

Ke depannya, Apple berencana semakin mengembangkan teknologi Apple Glass. Tak Cuma VR, tapi juga AR (Augmented Reality). Dengan aplikasi khusus yang dikembangkan, Apple Glass akan mampu memberikan pengalaman baru dalam berbelanja.

Bayangkan saat berada di toko kue, Anda akan mendapat informasi nutrisi dalam setiap potong kue yang Anda menatapnya. Kemampuan ini dikenal dengan gaze detection.

Nah, dengan informasi tersebut, Apple Glass akan memadukan dengan data rekam medis Anda. Apakah misalnya, cupcake yang Anda inginkan gulanya berlebihan atau tidak? Atau apakah Anda alergi dengan bahan-bahan kue tersebut. Jika makanan tersebut tidak cocok untuk Anda, maka akan ada tanda larangan. Sangat canggih bukan?

Lihat juga: Augmented Reality adalah Masa Depan, Apa Saja Kegunaaannya?

Menandai Objek Menarik dalam AR

fitur menarik apple glass
Image by Ali Pazani from Pexels

Teknologi Augmented Reality yang disematkan bukan sembarang AR. Komitmen Apple untuk AR memang benar-benar luar biasa. Tak berfokus hiburan, tapi Apple untuk AR dalam Apple Glass mampu mempermudah kehidupan manusia. Saat menggunakan Apple Glass, kita tak Cuma melihat pentunjuk dan data, tapi kita  dapat memberikan tanda warna pada objek yang kita inginkan. Tentu, fitur ini sangat berguna dalam berbagai aspek, misalnya dalam pelatihan atau saat memasuki lingkungan baru.

Lihat juga: Melayani dengan Teknologi, Perusahaan AR Smarteye Lebarkan Sayap

Head Mounted Display: Kecanggihan Apple untuk AR

head mounted display ar glasses
ilustrasi apple AR by appleword/JPNN

Selain kedua penemuan di atas, Apple tidak berhenti berinovasi. Kini, pada komponen yang dipasangkan di kepala. Dengan inovasi ini, Apple ingin memastikan bahwa perangkat yang dipasang di kepala sangat responsif, seperti softwarenya. Inisiatif ini menuntut adanya proses produksi (manufaktur) yang mumpuni.

Dengan proses manufaktur yang baik, maka proses penyesuaian dan pengaturan perangkat Apple Glass, bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah dan responsif. Penambahan perangkat kontrol pada lengan juga akan makin mudah.


Itulah berbagai inovasi Apple demi memanjakan para penggunanya. Sesuai dengan tujuannya, teknologi memang membuat hidup makin mudah. Kini, tujuan itu bertambah, tak cuma mudah tapi juga menyenangkan. Apple Glass adalah salah satu wujud nyatanya.

Tertarik dengan Informasi di atas? Kunjungi smarteye.id untuk mengetahui berita terbaru mengenai VR dan AR!

Apple Glass: Wujud Komitmen Apple untuk AR

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.