Penggunaan Livestream Pertama AR Coachella di Festival Musik

Penggunaan Livestream Pertama AR Coachella di Festival Musik

Penampilan Coachella Pertama dengan Augmented Reality!

Akhirnya, salah satu festival musik terbesar dunia yaitu Coachella hadir kembali! Festival yang berlangsung dalam dua pekan di awal musim panas ini menghadirkan lebih dari 100 musisi, dengan lineup yang menarik. Tidak hanya itu, Coachella juga menghadirkan pengalaman yang berbeda dalam menikmati konser musik maupun kesenian yang ada di festival ini dengan AR Coachella. 

Tidak hanya menghadirkan penampilan para musisi saja. Namun, Coachella juga menyajikan teknologi AR (Augmented Reality) di beberapa panggung maupun instalasi seni. Mau tahu lebih lanjut mengenai AR Coachella? Yuk, simak selengkapnya dibawah ini! 

Livestream AR Pertama 

AR Coachella menghadirkan pengalaman baru dalam teknologi AR yang fresh dan imersif tentunya. Festival musik ini menghadirkan livestream pertama yang menambahkan teknologi AR didalamnya. Sehingga, penonton yang melihat live streaming maupun siaran ulang pada Youtube, tetap dapat melihat dan menikmati tampilan menarik AR di Coachella. 

Tampilan ini dapat dilihat di beberapa panggung dan penampilan musisi. Contohnya pada penampilan Flume dan Doja Cat. Mereka berkolaborasi dengan kreator Unreal Engine dan Spark AR untuk membentuk gambar 3D psikedelik yang besar. Yang kemudian berpadu sempurna dengan desain set panggung dan melayang di sekitar musisi dan langit Indio. 

Filters dan Effects Festival  

Bagi penonton konser festival yang hadir langsung ke Coachella atau menonton dari rumah saja. Coachella menghadirkan filter wajah dan efek yang terinspirasi Coachellaverse. Tahun ini Coachella mengambil langkah untuk menciptakan metaverse versi mereka yaitu Coachellaverse. 

Dimana, kamu dapat merasakan pengalaman digital yang luar biasa untuk menikmati festival musik dengan fitur AR berupa filter yang dapat diakses dengan aplikasi Instagram saja. 

Untuk bisa menggunakan filter tersebut, cukup kunjungi akun Coachella di Instagram dan pilih tab Filter. Setelah itu, kamu siap untuk menjelajahi efek yang akan membuat kamu bersinar, melayang, dan bahkan menumbuhkan sayap! Wah, sangat menarik bukan?   

Baca juga mengenai: Teknologi AR pada Face Filter di Instagram!

Menjelajahi Coachella Valley 

Tidak hanya itu, lho! Bagi kamu yang melihat festival secara langsung. Kamu juga dapat menjelajahi dan berpetualang di lokasi Coachella yaitu Empire Polo Club, Indio. 

Coachella menghadirkan aplikasi Coachella Mobile App dengan teknologi AR Coachella yang dapat kamu unduh di Apple Store maupun Google Play. Kamu hanya perlu melakukan registrasi dengan barcode wristband coachella pada aplikasi tersebut. Sehingga kamu dapat menjelajahi pengalaman AR geo-spesifik yang imersif dan menarik dengan navigasi yang mudah. 

AR di Art Festival

AR Coachella di Spectra
Spectra Coachella oleh Stuff in LA

Coachella Valley Music and Art Festival menghadirkan instalasi seni yang digarap oleh pekerja seni kontemporer dunia. Instalasi dihadirkan dalam beberapa bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. 

Beberapa instalasi di Coachella juga didukung dengan teknologi AR. Salah satunya yaitu bangunan instalasi yang sangat terkenal di Coachella “Spectra” dari Poetic Kinetics. Instalasi bangunan ini didukung dengan teknologi Augmented Reality, dimana kamu bisa melihat kupu-kupu diatas instalasi tersebut. 


Bagaimana? Sangat seru bukan penggunaan teknologi AR di Coachella? Manfaat penggunaan teknologi AR di Coachella ini tidak hanya dirasakan bagi yang menonton langsung di Indio, California. Tetapi bagi kamu yang menonton secara live stream juga dapat menikmati keindahan dari teknologi ini. 

Hal ini juga dapat menjadi inovasi kedepannya untuk festival musik lainnya. smarteye.id berpengalaman dalam melayani penerapan teknologi AR maupun VR. Klik di sini untuk pelajari lebih lanjut!

Penggunaan Livestream Pertama AR Coachella di Festival Musik

Margaret Wuwur

Besides analyzing data, data, data. Sometimes I write too, somewhere and sitting on a black chair.