Peran Augmented Reality dalam Retail, Nikmati Pengalaman Belanja yang Menyenangkan!

Peran Augmented Reality dalam Retail, Nikmati Pengalaman Belanja yang Menyenangkan!

Industri retail makin berkembang dari waktu ke waktu, terlihat dari bertambahnya jumlah toko online yang saling bersaing. Anda pasti pernah merasakan betapa praktis dan efisien mencari produk di toko online, bukan? Kemajuan ini berimbas pada pengalaman berbelanja juga.
Disadari atau tidak, toko online telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja. Dari sinilah, sejumlah pengembang augmented reality (AR) dalam industri retail tak mau ketinggalan untuk berkolaborasi.

penggunaan AR di ritel
AR dalam Retail. Credits to Pexels.com

Informasi Penting Seputar Penggunaan Augmented Reality dalam Dunia Retail!

Digital Bridge UK menyatakan bahwa 75% konsumen berharap adanya pengalaman menggunakan teknologi augmented reality dalam retail. Salah satu manfaatnya adalah agar konsumen bisa mencoba-coba produk terlebih dahulu sebelum membeli.

Sejumlah brand besar di dunia sudah membuktikan pengaruh augmented reality dalam retail terhadap perilaku berbelanja, loh. Mari simak apa saja yang sudah dilakukan oleh terobosan AR dalam retail berikut ini.

Mencoba Sepatu dengan Teknologi AR

contoh augmented reality dalam retail
credits to YouTube Engine Creative

Saat ini, pembelian sepatu, dapat dilakukan secara online. Tetapi metode pembelian online ini dapat memunculkan keraguan pembeli, karena pembeli tidak dapat mencoba sepatu secara langsung.

Teknologi AR dalam retail membuat banyak sekali brand sepatu menerapkan teknologi AR untuk mencoba sepatu yang kamu inginkan. Hal tersebut cukup mudah untuk dilakukan dan hanya menggunakan perangkat smartphone kamu saja. Jika cocok, kamu bisa langsung membelinya secara online. Beberapa brand sepatu yang telah menggunakan AR diantaranya adalah Reebok dan Gucci

Menata Furnitur Rumah dengan Teknologi AR

AR untuk belanja
credits to YouTube Shopify

Seringkali terjadi saat membeli furnitur yang dibeli langsung dari toko ternyata tidak cocok dengan kondisi rumah. Entah kurang cocok dengan warna furnitur, atau tidak senada dengan gaya interior rumah. Di sinilah augmented reality dalam retail interior berperan.

Dengan menggunakan teknologi AR, pembeli bisa menghindari kesalahan sebelum checkout. Sebut saja IKEA, yang telah menerapkan teknologi AR dalam aplikasi IKEA Place yang dapat di unduh pada smartphone kamu. Dengan begitu, kamu dapat memilih dan memadukan furnitur yang tepat.

Virtual Fitting Room

Salah satu contoh penggunaan AR dalam retail pada industri fashion adalah pengembangan virtual fitting room, baik secara online maupun offline. Dengan fitur virtual fitting room, kamu tidak perlu khawatir untuk mencoba pakaian secara langsung di toko. 

Kamu hanya perlu berdiri di depan layar seperti kaca dan coba pakaian yang kamu inginkan. Selain itu, teknologi ini juga dikembangkan secara online hanya dengan perangkat smartphone kamu.  

Sebut saja Farfetch dan Zara, yang telah menggunakan fitur virtual fitting room pada Snapchat dan aplikasi mereka untuk mencoba pakaian seperti jaket maupun baju atasan.

Makeup Try ON

Tidak hanya di industri fashion, banyak brand makeup yang juga menggunakan teknologi AR. Penggunaan AR dalam retail memungkinkan pengguna untuk mencocokan warna produk kosmetik tanpa harus mencoba secara langsung. 

Peran ARdalam retail kosmetik ini telah diterapkan oleh beberapa retailers seperti Sephora. Kamu bisa memilih warna eye shadow, lipstick maupun foundation tanpa mencobanya secara langsung dengan fitur Try On. Tenang, kamu dapat menggunakan fitur tersebut dengan mengunduh aplikasi Sephora di App Store ataupun Play Store.

Baca juga:  Informasi Seputar Filter Makeup Try On

Augmented Reality dalam Retail Indonesia

Di negara kita sendiri, augmented reality dalam retail kian menjajal pasar potensial. Sebut saja Alfamart yang merilis toko virtual “Alfamind”, yang memungkinkan siapa saja menjadi pemilik toko. Alfamind merupakan sebuah aplikasi yang dapat memfasilitasi pengguna untuk menjadi pemilik toko dengan jumlah modal usaha yang kecil. Beraneka ragam dengan ribuan produk dijual pada aplikasi ini dengan fitur 3D AR didalamnya. 


Bagaimana menarik sekali bukan terobosan teknologi augmented reality dalam retail? Yuk, hubungi smarteye.id! smarteye.id merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa AR maupun VR terbaik di Indonesia! Konsultasikan keinginan kamu secara gratis, dan kustomisasi fitur sesuai keinginan.

Peran Augmented Reality dalam Retail, Nikmati Pengalaman Belanja yang Menyenangkan!

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.