Ternyata Bikin Untung, Ini Penerapan Augmented Reality dalam Bisnis

Kendati telah lama ada, Augmented Reality masih terdengar asing dalam penggunaannya. Padahal, jauh sebelum era ‘Pokemon Go’, teknologi ini telah terbutki membawa keuntungan dalam dunia bisnis.

Walau memang, pengaplikasian Augmented Reality dalam bisnis masih terbilang jarang di Indonesia. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya; minimnya sumber daya dan pengetahuan antar pebisnis mengenai pentingnya mengaplikasikan teknologi terbaru dalam perusahaan mereka.

AR untuk Bisnis - smarteye(dot)id - credit to thatsfarming

Augmented Reality atau AR adalah sebuah teknologi ‘memanipulasi’ realitas yang ada dengan menampilkan konten atau informasi digital melalui layar perangkat pengguna. AR menciptakan ilusi yang dilihat pengguna di dunia nyata. Sekilas, Augmented Reality terlihat hampir sama dengan Virtual Reality, namun keduanya memiliki perbedaan dari sisi prinsip dan perangkat. AR lebih mencondongkan ‘menghadirkan’ suatu objek ke dunia nyata.

Hal inilah yang dimanfaatkan oleh pebisnis untuk diterapkan ke dalam strategi bisnis dan perusahaan mereka. Berikut keuntungan dan kegunaan Augmented Reality (AR) dalam bisnis secara umum:

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Tampilan Presentasi Bisnis Jauh Maksimal

Tidak hanya dalam presentasi umum saja, namun juga presentasi produk, laporan keuangan, bahkan hingga presentasi dari kartu nama yang anda miliki.

Presentasi yang disajikan dengan Augmented Reality memang memiliki pesonanya sendiri. AR dapat menyajikan materi apapun dengan lebih menarik dan interaktif terhadap penonton yang menyaksikan.

Simak Contoh  presentasi Mercedez Benz dibawah ini. Dalam rangka memperingati 152 Tahun Mercedez Benz menjadi pioneer dalam inovasi dan pelopor industri mobil. Presentasi dimulai dengan membawa penonton ke tahun dimana kendaraan masih mengandalkan tenaga kuda hingga tahun 2011:

Teknologi Augmented Reality membantu anda menampilkan visualisasi apapun yang anda inginkan. Dengan demikian, tanpa membatasi jenis materi apa yang anda bawakan, teknologi AR dapat memvisualisasikan dan menyampaikan informasi yang anda inginkan secara detil dan interaktif.

Presentasi dengan teknologi AR tidak hanya sebatas itu saja. Anda juga dapat menerapkannya pada kartu nama anda seperti dibawah ini;

Walau hanya sebatas kartu nama, namun dengan penyajian yang interaktif tentu orang yang melihat akan lebih mengingat anda dan konten yang ada di dalam kartu naman anda. Tentu tingkat keterlibatan (engagement) dan kepercayaan (trust) dari klien dan pelanggan anda jauh lebih besar dibanding menggunakan kartu nama biasa.

Peningkatan tersebut tidak hanya sekedar untuk image perusahaan saja, namun juga dapat memaksimalkan peningkatan peluang penjualan perusahaan.

 

Memfasilitasi Proses Industri Produk dan Pelatihan Karyawan Perusahaan

 Augmented Reality juga dapat digunakan untuk memvisualisasi suatu data pemrosesan produk secara detail. Tak hanya menampilkan proses pembuatan dan kerangka suatu produk, namun menjadikan visualisasi ini sebagai alat simulator seperti contoh diatas. Penggunaan AR untuk simulator produk seperti diatas sangat berguna dalam pengambilan keputusan pembuatan produk dan melatih karyawan untuk menggunakannya.

Pada dasarnya, teknologi Augmented Reality memang diciptakan demikian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat dinamis di era modern ini. Dalam penerapannya, dibutuhkan konsep, perencanaan dan tim profesional dalam pembuatan Augmented Reality untuk mencapai hasil diatas.

Di Indonesia, penerapan Augmented Reality memang masih terbilang jarang, yang mana jika anda mengaplikasikannya pada perusahaan anda  tentu akan menjadikan perusahaan anda menonjol dibanding kompetitor. Bagaimana? tertarik menerapkan Augmented Reality pada bisnis anda?

Post Author: Atikah

Content, SEO and Digital Marketing officer of SmartEye.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *