Pertama di India, Stasiun Kereta Api Memiliki Pengalaman Augmented Reality Magic Mirror

Pertama di India, Stasiun Kereta Api Memiliki Pengalaman Augmented Reality Magic Mirror

Augmented Reality adalah teknologi yang mentransformasi objek dari dunia fisik nyata menggunakan elemen visual digital, suara, atau rangsangan sensorik lainnya. Ditampilkan melalui suatu perangkat, teknologi AR mampu menggambarkan dunia virtual dengan pengalaman interaktif di lingkungan sekitar pengguna.

Teknologi AR memang tidak bisa lepas dari kebutuhan promosi atau marketing suatu produk dan layanan. Salah satu contohnya adalah Chhatrapati Shivaji Maharaj Terminus (CSMT).

CSMT merupakan stasiun pertama di India yang menggunakan Augmented Reality Magic Mirror (AR Magic Mirror). Kehadiran teknologi AR ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan kereta api untuk lima tahun kedepan.

Tidak hanya sekedar memanjakan mata, AR Magic Mirror justru menawarkan kemudahan bagi pengunjung stasiun dalam mengakses informasi. Bahkan dinilai mampu menghilangkan rasa bosan penumpang saat menunggu kedatangan kereta. Canggih bukan? Yuk, kita kupas tuntas apa itu teknologi Magic Mirror!

Proyek untuk Pusat Stasiun Kereta Api di Mumbai

Chhatrapati Shivaji Maharaj Terminus atau sebelumnya Victoria Terminus adalah stasiun kereta api bersejarah yang termasuk situs warisan dunia UNESCO. Berlokasi di Mumbai, stasiun ini dirancang oleh arsitek asal Inggris bernama Frederick William Stevens dalam gaya gotik Italia yang meriah. Pembangunan dilakukan selama sembilan tahun yang bertujuan untuk memperingati 50 tahun pemerintahan Ratu Victoria.

CSMT berfungsi sebagai stasiun untuk kereta api jarak jauh dan dalam kota. Oleh karena itu, stasiun CSMT termasuk zona kereta api tersibuk dengan grade A. Dimana terdapat 18 platform dan 100 hingga 200 kereta yang berjalan setiap minggunya.

Melihat tempatnya sebagai pusat keramaian, CSMT berinisiatif untuk meningkatkan pendapatan kereta api dengan menambah fasilitas hiburan digital dalam komuter. Melalui inovasi baru ini, penumpang dapat mengenal dan melihat kecanggihan teknologi virtual dan augmented reality. Sehingga CSMT bekerjasama dengan Timeslider Tourism Pvt Ltd untuk membuat proyek Augmented Reality Magic Mirror menjadi kenyataan.

Augmented Reality Magic Mirror

Akhirnya impian CSMT terwujud! Mereka berhasil menjadi stasiun kereta api pertama di India yang dilengkapi dengan layar AR bernama Magic Mirror.

Teknologi seperti apakah itu? Augmented Reality Magic Mirror mampu menciptakan dunia virtual hanya melalui layar besar sambil kamu berkaca ke kamera. Jadi, orang yang berdiri di depan layar dapat berubah menjadi karakter dan lingkungan tertentu. Agar penumpang tidak bosan, konten Magic Mirror akan berubah-ubah setiap bulannya tergantung musim.

AR Magic Mirror menawarkan infotainment serta memudahkan penumpang dalam mendapatkan informasi kereta api dengan pengalaman interaktif. Penumpang dapat menjelajahi dunia hewan, membaca pesan sosial, menyaksikan hujan salju, trik sulap, dan mengunjungi seluruh dunia secara virtual.

Selain itu, tabel jadwal kereta juga dibuat dalam bentuk digital dan waktu yang berjalan secara real-time. Sehingga penumpang tetap nyaman sambil merasakan teknologi futuristik dari tabel waktu selama menunggu kereta yang datang.

Pemasangan teknologi AR sebagai fasilitas gratis ini ternyata direspon positif oleh para pengunjung. Berkat tanggapan komuter CSMT, pihak Central Railway berencana akan mengembangkan teknologi augmented reality yang serupa di stasiun lain.

Baca lebih lanjut: Augmented Reality Adalah Masa Depan, Simak Informasi Selengkapnya!


Dari penjelasan diatas, sekarang kita tahu kalau augmented reality bukan lagi tentang filter Instagram. Melainkan sebagai fasilitas umum untuk menghibur dan membuat audiens tetap terlibat tanpa batasan tempat dan waktu. AR Magic Mirror merupakan inisiatif yang sangat bagus untuk mengedukasi audiens tentang berbagai informasi.

Stasiun aja sudah menggunakan AR, masa bisnis kamu belum? Segera hubungi smarteye.id untuk buktikan kehebatan teknologi virtual dan augmented reality. Kami siap memberikan pengalaman interaktif terbaik untuk bisnismu!

Pertama di India, Stasiun Kereta Api Memiliki Pengalaman Augmented Reality Magic Mirror

Veronica Heny

Never thought i could become a writer. This is my favorite crime.