Pertambangan adalah sebuah kegiatan dalam mencari mineral, batubara, dll, sehingga mungkin tidak terpikir sebelumnya akan ada teknologi bernama augmented reality mining. Namanya tentu saja masih asing, terlebih bagi masyarakat Indonesia. Namun, augmented reality mining ini sebenarnya sudah banyak digunakan di negara lain dalam membantu pekerjaan pertambangan.

Sebelum mulai membahas augmented reality mining atau AR pertambangan, mari bahas sedikit dulu tentang augmented reality. Teknologi ini bisa dikatakan baru mulai sering terdengar beberapa tahun belakangan, sehingga masih menjadi teknologi baru.

Definisi Augmented Reality

Augmented reality atau yang biasa disingkat menjadi AR, dapat merubah suatu hal di dunia nyata secara langsung. Namun, perubahan ini hanya bisa disaksikan melalui layar smartphone atau headset virtual reality saja. Fitur filter di Instagram Story adalah salah satu contoh augmented reality yang dapat kita temui sehari-hari.

Tetapi masih banyak lagi pengaplikasian augmented reality selain menjadi filter untuk selfie di media sosial. Augmented reality ternyata digunakan oleh motor terkenal, Ducati, untuk merakit motor mereka. Selain itu, augmented reality sering pula digunakan oleh banyak perusahaan untuk melatih karyawan baru.

Tak hanya untuk industry otomotif, teknologi augmented reality ternyata juga dapat digunakan untuk industri pertambangan. Bagaimana cara kerjanya dan dapat digunakan untuk apa saja ya?

Pengeboran Permukaan

AR mining pengeboran
Source: Proactive Investor

Pada pekerjaan pertambangan, sering kali pekerja salah melakukan pengeboran. Tak mudah untuk memperkirakan seberapa dalam area yang akan dibor. Hal ini menyebabkan terjadinya keterlambatan bagi pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan.

Dengan menggunakan augmented reality mining, pekerja tak perlu lagi repot mengukur kedalaman dari permukaan yang akan digali. Cukup mengarahkan kamera smartphone ke permukaan yang akan digali, dan nanti akan terlihat seberapa dalam permukaan yang perlu digali.

Tak hanya itu, AR juga dapat digabungkan dengan teknologi lain seperti directional drilling. Dengan menggabungkan kedua teknologi ini, pekerja dapat mengontrol kepala bor ketika sedang melakukan proses penggalian. Tentu saja hal ini dapat meningkatkan ketepatan dalam melakukan penggalian dan ini akan meminimalisir kerusakan pada alat-alat berat yang mungkin dapat terkena benda-benda berbahaya.

Navigasi dan Asisten Operator

Augmented reality navigasi
Source: im-mining

Layaknya manusia, augmented reality mining juga dapat melakukan navigasi dan juga berperan sebagai asisten operator. Dalam melakukan penggalian, seringkali terjadi kecelakaan akibat alat berat yang melewati jalan yang salah terlebih ketika cuaca sedang tidak mendukung seperti hujan, banyak debu, ataupun banyak pasir berterbangan. Hal-hal tersebut dapat membuat pekerjaan terhenti karena sangat tidak memungkinkan untuk bekerja dibawah kondisi cuaca seperti itu.

Dengan bantuan AR, pekerjaan dapat tetap terselesaikan dan juga dapat menghindari terjadinya kecelakaan. Seperti bermain game komputer, pekerja akan diperlihatkan kondisi area pertambangan secara real, seakan-akan tidak sedang terjadi cuaca buruk. Augmented reality juga dapat membantu pekerja untuk menghindari objek-objek berbahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Tak hanya sampai disitu, augmented reality mining juga dapat memaparkan informasi seperti bahan bakar yang tersisa, berat barang yang sedang diangkut, estimasi waktu kapan harus mengisi bahan bakar lagi, kecepatan alat berat, GPS atau peta, serta tempat-tempat penting yang ada di sekitar lokasi. Hal-hal ini tentu akan mempercepat pekerjaan karena pekerja tidak perlu susah lagi jika ingin mendapatkan suatu informasi.

Perbaikan Alat menggunakan AR Mining

AR mining perbaikan alat
Source: Slide Share

Perbaikan dari suatu alat berat tentu cukup sulit dilakukan, terlebih jika yang membetulkan adalah karyawan baru. Untuk itu, augemented reality akan membantu pekerjaan para pekerja agar menjadi lebih mudah.

Dengan hanya melihat dari layar smartphone, AR akan menunjukan kepada pekerja letak setiap mesin pada alat berat. Tak hanya menunjukan letak, AR juga dapat memberi informasi kepada pekerja cara memperbaiki mesin yang rusak. Hal ini akan meminimalisir membuat kesalahan.

Selain itu, AR juga dapat dilihat secara real-time oleh beberapa orang. Contohnya ada seorang karyawan baru yang bertugas memperbaiki suatu mesin. Namun, mentornya yang biasa mengajari tidak dapat hadir di area pertambangan. Karyawan baru ini dapat bertanya kepada mentor bagaimana cara memperbaikinya dan mentor juga dapat melihat masalahnya secara real-time dengan menggunakan teknologi augmented reality.

Pelatihan Karyawan Baru

AR mining pelatihan
Source: Plutomen

Melatih karyawan baru di bidang pertambangan tentu sangat sulit, apalagi jika karyawan tersebut bekerja untuk mengoperasikan alat berat. Hal ini menjadi sangat sulit karena rawan terjadi kecelakaan dan perusahaan juga harus merugi jika karyawan baru tersebut sampai merusak suatu alat milik perusahaan.

Menggunakan augmented reality mining sebagai alat untuk melatih karyawan baru dapat meminimalisir kemungkinan yang disebutkan di atas. Ini karena karyawan baru dapat melakukan semua training secara virtual dengan menggunakan teknologi augmented reality. Tak hanya itu, karyawan baru juga dapat mempelajari bagian-bagian rumit dari berbagai alat dan mesin di pertambangan.

Augmented reality mining juga dapat membuat karyawan baru berlatih sendiri karena dilengkapi oleh langkah-langkah melakukan sesuatu. Dengan begini pula, karyawan akan dapat memahami dan mengingat dengan cepat apa yang harus dilakukan ketika suatu hal terjadi. Selain itu, karyawan baru juga dapat menggantikan posisi teknisi jika suatu waktu terjadi hal emergency dan teknisi sedang tidak ada di lapangan.

Apakah Indonesia Siap untuk Augmented Reality Mining?

Banyak sekali manfaat yang didapat dari augmented reality mining. Mulai dari meminimalisir kecelakaan hingga dapat menjadi pelatih karyawan dengan cara virtual, augmented reality memiliki banyak kelebihan. Di Indonesia sendiri masih jarang juga pertambangan yang menggunakan augmented reality mining dalam melakukan pekerjaan.

Melihat banyaknya keuntungan yang didapat dari augmented reality mining, tak heran jika banyak perusahaan di luar negeri yang mulai memakai teknologi AR. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan teknologi baru ini? Jika Anda masih bingung atua butuh informasi lebih lanjut, Anda dapat konsultasi secara gratis di SmartEye!

[Ditulis oleh Toska Dhia A.]

Sumber Artikel: App Scoop

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.