Fakta Penting Terkait Pengaruh Penggunaan Augmented Reality pada SEO

Fakta Penting Terkait Pengaruh Penggunaan Augmented Reality pada SEO

Augmented reality atau AR dikenal sebagai inovasi teknologi yang mampu menghadirkan visual digital pada ruang lingkup fisik. Tampilan gambar ini mirip dengan aslinya. Tak heran jika banyak perusahaan yang memanfaatkan AR sebagai fitur tambahan dalam pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan. 

Kini, AR juga bisa membawa dampak positif dalam SEO. Sebelumnya, sudahkah kamu tahu apa itu SEO beserta manfaatnya? Artikel ini akan membahas pengaruh augmented reality SEO pada perusahaanmu. Teruntuk kamu para pemilik bisnis, informasi ini tak bisa kamu lewatkan. Baca selengkapnya di bawah ini, yuk

Lihat juga: “Penggunaan Teknologi AR untuk Marketing Brand” 

Penjelasan Singkat Seputar SEO 

​​Pernakah kamu ingin membeli suatu benda dan mencarinya pada kolom mesin pencari seperti Google atau Yahoo? Tentu, saat melakukan ini, kamu berharap mesin pencarian memberikan jawaban yang terbaik untukmu dan menampilkannya pada posisi teratas di halaman hasil pencarian. Nah, teknik untuk mendapatkan posisi yang menguntungkan di mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang diberikan disebut dengan Search Engine Optimisation atau SEO.

Augmented reality SEO
Foto oleh Growth-rocket.com

Dikutip dari Kompas.com, SEO merupakan upaya optimasi kemunculan situs dalam mesin pencari berdasarkan suatu kata kunci melalui algoritma mesin pencari tersebut. Sebagai pemilik brand, kamu tentu perlu mengoptimalkan kata kunci yang berkaitan dengan produk yang dijual. Hal ini penting agar saat calon pembeli melakukan pencarian, produkmu lah yang muncul pada posisi teratas. Hal ini disebabkan pengguna internet cenderung mengunjungi website teratas di halaman pertama.

Semakin sering website muncul di halaman teratas, semakin banyak juga kemungkinan pengguna internet yang membuka website tersebut. Tentu hal ini menguntungkan untuk menambah exposure dari brand, bukan? Kamu juga bisa tingkatkan kinerja SEO dengan teknologi augmented reality. Baca lebih lanjut, yuk!

Pengaruh Augmented Reality pada SEO 

Peningkatan kepopuleran AR membawa perubahan pada cara browsing dari para pengguna internet. Tak hanya melakukan optimasi melalui kata kunci dalam bentuk tulisan, kamu juga bisa menyajikan informasi dalam pindaian AR. Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa sajikan informasi terkait perusahaan melalui tampilan AR yang lebih menarik perhatian.

Tak hanya itu, kamu juga bisa ubah tampilan website menjadi lebih interaktif dan memukau. Gabungan elemen fisik dengan virtual untuk hadirkan informasi kepada pengguna internet. IKEA telah menerapkan hal ini dengan membuat aplikasi IKEA Place.

Calon pembeli bisa melihat hasil pemindaian 3 dimensi untuk lebih dari 2,000 produk IKEA dalam berbagai sudut pandang. Contoh lainnya, perusahaan real estate seperti Agung Podomoro Land juga menawarkan tur virtual untuk menarik perhatian pembeli. Fitur augmented reality membawa dampak positif pada SEO karena elemen-elemen digital diharapkan dapat meningkatkan kunjungan pada website ya.

Mesin pencarian Google menambahkan fitur pencarian gambar dan suara untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna internet. Kamu bisa manfaatkan konten berbasis AR untuk tingkatkan peringkat situsmu pada Search Engine Result Pages (SERPs). Perubahan tren pencarian visual dapat kamu manfaatkan menjadi salah satu teknik marketing yang patut dipertimbangkan pada bisnis ya.

Seterusnya, AR juga banyak digunakan dalam sosial media seperti Facebook, Instagram dan Snapchat. Pengalaman AR yang menarik dalam sosial media dapat mendekatkanmu dengan para calon pembeli. Kamu bisa bebas berekspresi untuk meningkatkan brand awareness dengan membuat Instagram filter yang kreatif seperti product try-on.


Augmented reality pada SEO memiliki potensi yang besar dalam mengubah cara pengguna internet berinteraksi dan berbelanja. Jika kamu tertarik untuk terapkan AR dalam bisnismu, kamu bisa konsultasi lebih lanjut dengan smarteye.id ya! Caranya mudah saja, cukup klik di sini

Fakta Penting Terkait Pengaruh Penggunaan Augmented Reality pada SEO

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.