Augmented Reality Theme Park Experience yang Bisa Kamu Coba dan Akan Diluncurkan!

Augmented Reality Theme Park Experience yang Bisa Kamu Coba dan Akan Diluncurkan!

Pada bulan September 2022, Disney telah mengajukan hak paten untuk augmented reality theme park experience. Uniknya hak paten experience augmented reality (AR) dalam theme park Disney tidak mengharuskan pengunjung memakai kacamata AR. Meskipun belum memiliki tanggal peluncuran, inovasi ini tentunya bisa membawa perubahan ke industri taman hiburan

Augmented reality theme park experience memang menjadi tren baru pada industri taman hiburan. Jauh sebelum Disney mengajukan hak paten, pesaingnya Universal Pictures telah meluncurkan wahana AR lebih dulu pada taman hiburan. 

Teknologi augmented reality tentunya bisa membuat pengalaman wahana menjadi lebih imersif. Inovasi dan konsep wahana yang ditawarkan pun akan berbeda, mengikuti konsep masing-masing perusahaan.

Wahana apa sajakah yang bisa kamu coba saat ini? Atau wahana AR apa yang akan diluncurkan? Simak artikel dibawah ini!

Augmented Reality Theme Park Experience Disney yang Tidak Akan Memerlukan Kacamata AR

Walt Disney berencana menghadirkan pengalaman augmented reality theme park experience kepada konsumen kedepannya. Menariknya, pengalaman ini nantinya tidak akan menggunakan kacamata AR.

The Walt Disney Company memang sedang mencari cara baru untuk menghadirkan augmented reality pada taman hiburannya. Perusahaan tersebut menerbitkan hak paten untuk teknologi AR. Teknologi tersebut menggunakan visi komputer untuk melacak mata pengguna dan memproyeksikan adegan virtual yang muncul 3D dari perspektif mereka.

Alih-alih memproyeksikan gambar yang akan kamu lihat melalui kacamata, gambar akan diproyeksikan pada wahana. Proyeksi akan ditempatkan pada permukaan di depan wahana yang kita naiki. Tentunya hal ini dapat menggantikan fungsi kacamata untuk menampilkan gambar 3D.

Meskipun masih berupa konsep dan paten, pengalaman Disney ini patut untuk ditunggu. Jika nanti sudah diluncurkan, pengalaman ini bisa membawa perubahan baru ke dalam industri taman hiburan.

Lihat juga: Daftar Perusahaan Augmented Reality yang Harus Kamu Ketahui!

disney augmented reality theme park experience
Sumber: CountryLiving

Mario Kart: Koopa’s Challenge Augmented Reality Racing Car Ride

Tidak hanya Disney, perusahaan Universal Pictures sudah duluan memperkenalkan wahana AR di taman hiburannya. Universal Studios Jepang memperkenalkan Mario Kart: Koopa’s Challenge Augmented Reality Racing Car Ride pada Maret 2021. Wahana ini diperkenalkan bertepatan dengan peluncuran area hiburan pertama bertema Super Nintendo World di Universal Studios Jepang.

Pengunjung wahana ini akan mengemudi menggunakan Mario Kart melalui sirkuit balap sambil melemparkan peluru Koopa ke lawan di sepanjang rute. Namun berbeda dengan Disney, wahana Mario Kart masih menggunakan kacamata AR untuk memproyeksikan gambar 3D. Kacamata AR dilengkapi dengan layar pelindung yang dirancang agar terlihat seperti topi khas Mario.

Lihat juga: Canggih! Fashion Show dengan Teknologi AR Karya Mahasiswa

mario kart augmented reality theme park experience
Sumber: Hypebeast

The Secret Life of Pets Dark Ride

Masih dari perusahaan yang sama, Universal Studios Hollywood juga memperkenalkan wahana AR The Secret Life of Pets Dark Ride. Wahana tersebut memproyeksikan diri pengunjung sebagai animasi hewan peliharaan pada layar yang tersebar sepanjang jalur. Proyeksi hewan peliharaan di layar meniru gerakan tangan dan ekspresi wajah pengunjung menggunakan teknologi AR.

The Secret Life of Pets dark ride menghadirkan figur karakter animatronik dan latar yang dipadukan dengan proyeksi video. Hal ini agar wahana dapati menghadirkan atraksi yang menyenangkan dan sempurna untuk taman hiburan modern. Wahana ini sangat cocok bagi kamu penggemar film The Secret Life of Pets.

Sumber: Youtube

Apakah kamu lebih tertarik mencoba augmented reality theme park experience milik Disney atau Universal Studios? Atau kamu hanya ingin mencari tahu informasi tentang perkembangan Augmented Reality saja? 

Kalau itu, kunjungi aja smarteye.id! Baca berita seputar VR dan AR terupdate disini.

Augmented Reality Theme Park Experience yang Bisa Kamu Coba dan Akan Diluncurkan!

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!