Penerapan WFH di hampir seluruh perusahaan membuat HRD terus berupaya untuk berinovasi agar karyawan terus tetap produktif secara maksimal selama masa WFH diberlakukan. Ini merupakan momen dimana HRD dapat menunjukkan bahwa di situasi apapun dapat mengelola karyawan dengan baik

Perusahaan yang jumlah karyawannya mencapai ribuan, tersebar diseluruh Indonesia. Memiliki tantangan tersendiri untuk dapat beradaptasi dengan cepat mengingat kondisi saat ini adalah kondisi yang tidak pernah diduga sebelumnya

Akan menjadi tantangan tersendiri untuk tetap terus menjaga produktifitas karyawan selama WFH. Sistem yang tepat, rule selama WFH, penilaian kerja, upgrade knowledge karyawan yang harus tetap jalan, dimana belum semua perusahaan siap dengan sistem WFH. HRD tentunya juga perlu membuat program-program khusus

AR elearning WFH

Credits to Freepik

Apakah Augmented Reality bisa menjawab tantangnya HRD?

Augmented Reality (AR) yang selama ini kita kenal untuk permainan atau game, seperti pokemon Go yang pernah sempat booming dimasanya. Ternyata AR juga merupakan tools yang sangat efektif untuk menjadi elearning masa depan. Akan menjadi media elearning yang lebih interaktif.

Modul pembelajaran akan ditransformasi terlebih dahulu ke sebuah story agar materi terkesan lebih hidup dan bermakna. Kemudian di develop menjadi aplikasi pembelajaran melalui media AR.

Ini rahasia fitur AR Learning yang tidak banyak orang tau!

Rahasia fitur yang belom banyak orang tau, Dalam satu aplikasi AR Learning dapat memuat berbagai macam fitur yang belum banyak diketahui:

Gamification : ini membuat peserta/karyawan tertriger untuk terus menggunakan aplikasi AR Learning layaknya memainkan game. Ada sistem poin yang disusun sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Kuis : di dalam learning tentunya tak lengkap jika tidak ada kuis untuk mengkonfirmasi penangkapan materi yang telah disampaikan.

Mini Games : game-game mini atau singkat seperti labirin, puzzle, tebak kata dan lainnya yang kontennya bisa disesuaikan dengan materi pembelajaran.

Game AR interaktif : game yang dibuat secara advance layaknya permainan game AR yang sering kita jumpai dengan konsep yang memasukkan unsur-unsur learning & juga bisa juga unsur-unsur budaya kerja perusahaan. 

Dashboard Nilai : HRD dapat memantau skor & nilai seluruh karyawan,mengetahui siapa saja yang mengakses, 

Materi AR: Materi akan dikemas dalam bentuk augmented reality lebih interaktif, bukan sekedar video biasa.

Apa keunggulan aplikasi AR Learning?

AR Covid

Credits to Freepik

Keunggulan lainnya dari aplikasi AR Learning ini selain belajar atau training menjadi lebih menyenangkan dan interaktif adalah aplikasi dapat diakses melalui mobile masing-masing peserta. Tanpa ada device atau alat tambahannya lainnya, sehingga kapanpun dan dimanapun mudah untuk diakses.

Sekarang Anda mengetahui apa itu AR Learning, fitur-fitur apa saja yang dapat dioptimalkan dalam pembelajaran atau training. Ini bisa menjadi referensi untuk terus meningkatkan kinerja & knowledge karyawan selama masa WFH.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment ...

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.