Belajar Piano Jadi Lebih Mudah dengan Bantuan Augmented Reality

Belajar Piano Jadi Lebih Mudah dengan Bantuan Augmented Reality

Augmented Reality (AR) bukan teknologi yang dimonopoli oleh satu perangkat ataupun aplikasi. Teknologi ini bisa disematkan untuk berbagai aplikasi dan juga berbagai keperluan. Aplikasi AR memang dapat digunakan untuk apa saja, mulai dari manufaktur, pemasaran, hingga pendidikan dan pelatihan. Salah satunya adalah aplikasi AR dalam perangkat Oculus Quest yang dapat memudahkan kita belajar main piano. Apa dan bagaimana seluk beluk aplikasi AR ini?

Belajar Piano dengan Mudah Menggunakan Aplikasi AR dari Oculus Quest

Pada dasarnya, Oculus Quest merupakan sebuah seri kacamata VR besutan Facebook. Meski awalnya hanya dapat digunakan untuk kebutuhan VR, kini Oculus mampu digunakan untuk berbagai kebutuhan aplikasi Augmented Reality. Memang pada awalnya, AR hanya dianggap gimmick yang bersifat hiburan, tapi kini tentu bukan cuma itu. Aplikasi AR yang ada di Oculus Quest ternyata dapat digunakan untuk belajar main piano. Bagaimana cara penggunaannya?

Belajar Piano dengan Oculus Quest

aplikasi AR Magic Keys
sumber: uploadvr.com

Magic Keys menjadi aplikasi yang digunakan untuk belajar memainkan piano dalam perangkat Oculus Quest. Aplikasi yang dikembangkan oleh Dominik Hackl ini ditunjukkan performanya dalam aplikasi Reddit via video yang diunggah salah satu penggunanya. Terlihat ada seseorang memainkan piano dan muncul berbagai gambar tuts piano yang cukup ditekan oleh pemain, layaknya seperti memainkan piano pada dunia nyata.

Sudah terbayang bagaimana serunya? Coba saja download game piano di dalam smartphone Anda. Dengan menekan tombol-tombol yang ditetapkan, akan muncul piano. Timing menekan tombol juga harus tepat agar menghasilkan nada yang indah. Nah, sensasi ini yang akan Anda rasakan saat bermain piano dengan perangkat Oculus Quest, tentu dengan piano yang sesungguhnya.

Ingin tahu lebih lengkap? Baca artikel ini: “Oculus Quest, Perangkat VR Terbaru dari Oculus, Apa Bedanya?”

Kuncinya Ada di Aplikasi AR Magic Keys

Untuk bermain piano dengan Oculus Quest, diperlukan aplikasi Magic Keys untuk menjalankannya. Magic Keys membuka sinyal kesempatan agar semua orang bisa bermain dan belajar piano dengan mudah. Soal kualitas dan kenyamanan aplikasi Magic Keys, sudah bisa dipastikan karena produk satu ini dikembangkan dengan fundamental aplikasi AR lain seperti yang dipakai pada Microsoft Hololens dan Magic Leap One.

Meski belum diluncurkan untuk publik, Magic Keys akan segera digunakan. Tak perlu bingung bagaimana menggunakan aplikasi ini. Semudah bermain game, hanya dengan piano yang nyata. Pasang kamera Oculus Quest, pilih aplikasinya dan arahkan pandangan ke tuts dan Anda jadi maestro piano dunia! Selamat mencoba!


Itulah kemudahan belajar main piano yang ditawarkan aplikasi AR Oculus Quest. Era teknologi benar-benar memberikan kemudahan dalam belajar hal baru. Pengetahuan baru, keahlian, ketrampilan dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja.  

Anda juga dapat meng-explore kemampuan teknologi AR bersama kami. Ceritakan keperluan Anda, maka kami akan mewujudkannya! Klik di sini untuk memulainya!

Belajar Piano Jadi Lebih Mudah dengan Bantuan Augmented Reality

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.