Teknologi VR atau Virtual Reality sudah lama masuk ke Indonesia. Anda sendiri pasti dapat dengan mudah prangkat VR di e-commerce terkemuka. Padahal sekitar 3 tahun lalu, teknologi VR sempat diragukan dapat diterima masyarakat. Mahalnya perangkat menjadi alasan utama. Kini keadaan sudah berubah, VR Indonesia memasuki era baru dimana teknologi ini makin mudah dan murah untuk diakses. Kami akan sedikit mengulas tentang potensi VR Indonesia.

Banyak yang Tak Kenal di Awal, Wajar!

photo by Freepik

Saat awal kemunculannya di Indonesia, memang wajar. Pada tahun 2017 saja, ada lebih dari separuh responden survey DailySocial yang belum pernah punya pengalaman dengan VR Indonesia. Jadi, wajar jika banyak orang yang belum merasa butuh dengan teknologi ini. Memang, sudah banyak yang kenal dengan teknologi virtual reality, dan bahkan membedakannya dengan augmented reality. Namun, untuk mengenal dan mengalaminya memang butuh waktu.  

Tak Cuma untuk Game

image by unsplash.com

Kebanyakan orang masih menganggap bahwa teknologi VR Indonesia masih berkutat pada game dan kebutuhan hiburan semata. Jadi, kadar urgensinya masih terbatas. Dalam kasus ini VR bukan prioritas. Padahal, manfaat VR sangat banyak. Mulai dari menunjang pekerjaan, simulasi praktik lapangan, pelatihan, hingga promosi produk.

Meski demikian, pengenalan VR Indonesia melalui game termasuk berhasil. Buktinya, setelah banyak kacamata VR beredar luas, masyarakat akhirnya tahu, inilah teknologi virtual reality. Sekarang kita masuk di tahap selanjutnya. VR harus dilihat sebagai teknologi yang memberikan manfaat di berbagai bidang tak cuma untuk bermain. Dengan cara ini, perkembangan VR Indonesia kan makin pesat.

Lihat juga: 3 Strategi Pemasaran Properti untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Promosi dan Eksplorasi Tempat Wisata Indonesia

photo by Devon Daniel from unsplash

Pariwisata menjadi sektor yang tepat untuk mensosialisakan penggunaan VR, selain untuk game. Tentu pekerjaan para marketing, pemandu wisata, hingga pemerintah. Banyaknya tempat wisata di Indonesia dapat menjadi bahan konten promosi dengan VR. Memang, kini sudah ada banyak media dan platform yang menyediakan informasi tentang semuanya, termasuk wisata.

Lihat juga: Wisata Aman di Tengah Pandemi dengan Virtual Reality

Tapi, pernahkah Anda bayangkan, ada konten VR yang disusun secara sistematis sehingga Anda dapat mendapatkan informasi yang utuh tentang sebuah tempat wisata Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa tempat wisata di Indonesia sangat beragam dan banyak sekali. Seakan di tiap kota pasti punya tempat wisatanya sendiri. Teknologi VR Indonesia dapat membantu merangkumnya dalam sekumpulan konten atraktif.

Keindahan Pemandangan Alam Indonesia yang Tak Ada Habisnya

photo by Lujica Ros from Unsplash

Seperti yang sudah disinggung di atas, tempat wisata di Indonesia memang tak ada habisnya. Begitu juga dengan pemandangan alamnya. Khusus untuk ini, Indonesia punya karakteristik sendiri dibanding negara lain. Nuansa tropis, iklim yang hangat, hingga matahari yang bersinar sepanjang tahun menjadi formulasi yang tepat untuk menikmati pemandangan alam Indonesia. Bahkan, yang turis lokal pun tak henti-hentinya terpesona pada suasana alamnya. Tentu, di masa pandemic seperti ini, agak sulit menikmati semua pemandangan alam Indonesia. Teknologi VR dapat membantu. dapat membantu.

Beberapa stakeholder dapat berkolorasi untuk merekam semua pemandangan alam Indonesia dari sabang sampai Merauke melalui teknologi virtual reality. Nanti, meski pandemic telah selesai, calon turis baik lokal maupun mancanegara akan punya referensi tentang tempat-tempat eksotis yang akan mereka kunjungi. Referensi yang tak cuma video, tapi juga virtual reality yang sangat atraktif.

Itulah beberapa manfaat VR Indonesia yang dapat digali dan dikembangkan. Ingat! VR tak cuma untuk game, tapi menjadi media promosi wisata yang menarik. Atraksi wisata tari kecak, lombat batu di Nias, dan keramahan kota Yogyakarta, hingga ramainya jalan Legian di malam hari dapat dinikmati dengan sangat nyata. Begitu juga pemandangan alam memukai dari Gunung Ciremai, teduhnya suasana pedesaaan Ubud bisa dinikmati dengan leluasa.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.