Ingin Invest di Metaverse? Berikut Cara Lengkap dan Terbaik yang Bisa Kamu Ikuti!

Ingin Invest di Metaverse? Berikut Cara Lengkap dan Terbaik yang Bisa Kamu Ikuti!

Semakin hari, metaverse semakin banyak dibicarakan. Terlebih, setelah Facebook merubah namanya menjadi Meta. Secara sederhana, metaverse dapat diartikan sebagai sebuah ruangan virtual yang dapat diakses dengan bantuan smart glasses, headset VR dan perangkat tambahan lainnya. Tak heran jika metaverse banyak diperbincangkan karena inovasi ini dapat merubah cara berkomunikasi dan gaya hidup secara signifikan. Dengan teknologi ini, kamu bisa melakukan banyak kegiatan termasuk main game, berbelanja, bekerja hingga investasi. 

Penasaran bagaimana caranya? Artikel ini akan menjelaskan langkah demi langkah invest di metaverse hingga berbagai pilihan saham untukmu! 

Langkah-langkah Investasi di Metaverse

Pilih Platform Virtual World untuk Invest di Metaverse 

Pertama, kamu perlu memilih platform dunia virtual mana yang ingin kamu masuki. Decentraland dan The Sandbox mungkin menjadi salah satu pilihanmu, kedua platform tersebut menjadi pilihan yang paling banyak diminati.

Buat Digital Wallet

Berikutnya, kamu perlu membuat digital wallet untuk menyimpan mata uang kripto. Dompet digital ini merupakan software yang terkoneksi dengan jaringan blockchain dan menjadi tulang punggung metaverse. Kamu bisa menyimpan mata uang kripto milikmu dalam dompet ini.

Pilih Marketplace Favorit  

Langkah berikutnya yang perlu kamu ambil ialah memilih marketplace atau pasar mana yang kamu ingin kunjungi. Marketplace ini biasanya ditemukan di situs web platform metaverse. Kamu bisa bandingkan harga dan nilai dari aset digital yang ingin kamu beli.  

Beberapa marketplace yang bisa kamu pilih untuk berinvestasi di metaverse seperti OpenSea, Larva Labs, SuperRare dan Rarible.

Pilih Jenis Investasi  

Jika kamu telah membandingkan harga dan nilai dari aset digital yang ingin kamu beli. Kamu perlu menentukan jenis investasi mana yang ingin kamu beli di platform atau marketplace yang telah kamu tentukan. 

Jenis investasi yang dapat kamu pilih beragam seperti tanah digital, avatar, aksesoris untuk avatar, gambar maupun audio. Sangat beraneka ragam bukan? 

Menukarkan Token Investasi 

Kalau sudah menentukan pilihan investasi, kamu bisa menukar uang dengan token atau koin dan menyimpannya pada dompet digital yang sebelumnya sudah dibuat. Variasi token yang ditawarkan beragam, tergantung platform metaverse mana yang kamu pilih di awal. 

Sebagai contoh, untuk membeli sebidang tanah digital di platform Decentraland, kamu perlu menukarkan uang dengan token MANA. Contoh lain, kamu bisa menukarkan koin SAND untuk membeli aset di Sandbox.

Mengajukan Penawaran Aset  

Kalau dompet digitalmu sudah terhubung ke pasar metaverse, kamu bisa ajukan tawaran harga pada aset yang ingin kamu beli. Jika penawaran diterima, kamu bisa menyelesaikan tahap transaksi selanjutnya.

Menyelesaikan Transaksi  

Setelah transaksi berhasil, biaya aset akan dikurangi dari dompet digitalmu dan kamu akan menerima transferan NFT setelahnya. Proses ini berlaku dalam transaksi item NFT metaverse seperti tanah digital, pakaian, maupun aksesori untuk karakter avatar.

Invest di metaverse dengan Sandbox
Foto oleh CNBC Indonesia

Pilihan Saham Metaverse

Selain berinvestasi dalam bentuk properti dan lahan virtual, kamu juga bisa investasi di perusahaan publik yang model bisnisnya erat dengan teknologi metaverse. Pilihan invest di metaverse yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut: 

Meta Platforms Inc

Perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan nama Facebook Inc ini telah membangun citra baru menjadi Meta Platforms Inc. Meta merilis metaverse yang diberi nama Horizon Worlds. Perusahaan ini juga menawarkan VR Oculus Quest 2 yang mencuri perhatian publik. Meningkatnya minat akan perangkat canggih ini diharapkan akan menarik lebih banyak pemain Horizon Worlds.

Roblox

Platform metaverse Roblox menawarkan ruang bermain virtual yang bisa kamu bagi dengan pemain Roblox lainnya. Dilansir dari CoinDesk, Roblox memiliki 9,5 juta pengembang independen, 24 juta pengalaman digital unik dengan 49,4 juta pengguna aktif setiap harinya. Sejak didirikan pada tahun 2006, perusahaan ini terus berkembang pesat. Sayangnya, perusahaan ini belum menghasilkan keuntungan dari kemenangan yang diraih.

Invest di metaverse dengan Roblox
Foto oleh Roblox

Microsoft

Pada tahun 2022, Microsoft berencana untuk merilis inovasi baru yang diberi nama Mesh. Fitur utama yang ditawarkan adalah Holoportation. Dengan fitur ini, kamu bisa mengakses lingkungan digital dengan bantuan headset VR. Kamu bisa gunakan inovasi ini sebagai platform konferensi video dengan avatar yang dipersonalisasi. Kolaborasi menjadi terasa lebih nyata dengan adanya lingkungan digital 3D dan holografik yang lebih bebas. Kamu pun bisa bebas berinteraksi walau melalui ruang virtual! 

The Sandbox  

Platform virtual world yang satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk berinvestasi di metaverse. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat NFT sendiri, lho! Jadi, kamu dapat berinvestasi di metaverse sebagai investor dan juga sebagai creator. The Sandbox berevolusi sangat cepat dan menjadi salah satu platform yang paling banyak diminati dalam berinvestasi. Pada platform ini, kamu bisa membeli pulau, avatar maupun token Sand.

Kalau kamu belum tahu, token Sand merupakan mata uang kripto yang digunakan pada seluruh ekosistem The Sandbox. Dengan token ini, kamu bisa melakukan transaksi dan berinteraksi pada aset NFT yang tersedia di The Sandbox.

Boeing

Perusahaan lain yang bisa kamu jadikan opsi untuk investasi adalah Boeing. Perusahaan ini berencana membangun pesawat di Metaverse. Selain itu, Boeing juga sedang melakukan pengembangan untuk membuat lingkungan kerja digital. 

Nantinya, diharapkan seluruh bagian pekerja mulai dari sumber daya manusia, komputer, hingga robot dapat bekerja bersama. Kolaborasi dengan robot ditujukan untuk mewujudkan revolusi digital sebagai strategi baru di masa depan. Boeing berencana untuk mendesain lingkungan digital eksklusif sebagai wadah komunikasi dan kolaborasi yang mulus.

Lihat juga: “Cerita Sukses Industri Manufaktur Terapkan Teknologi AR


Itulah dia langkah-langkah invest di metaverse yang bisa kamu ikuti dan berbagai saham metaverse yang bisa kamu jadikan pilihan. Saat ini memang semakin banyak cara dalam melakukan investasi, salah satunya invest di metaverse dengan bentuk NFT. 

Kalau kamu ingin tahu informasi lebih banyak tentang metaverse, dan ingin mengimplementasikan bisnis kamu di metaverse. smarteye.id siap membantu kamu mewujudkannya, simak selengkapnya di sini ya!

Ingin Invest di Metaverse? Berikut Cara Lengkap dan Terbaik yang Bisa Kamu Ikuti!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.