logo

4 Cara Masuk ke Dalam Dunia Metaverse!

4 Cara Masuk ke Dalam Dunia Metaverse!

Semejak pandemi COVID-19, penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari menjadi semakin marak. Kini, hampir semua hal dapat dilakukan secara online. Salah satu teknologi yang sedang ramai diperbincangkan ialah Metaverse. 

Metaverse dianggap dapat menyediakan wadah kolaborasi antar pengguna meski terpaut jarak. Inovasi ini juga bisa digunakan di berbagai bidang, mulai dari dunia hiburan hingga perkantoran. Sebelumnya, sudahkah kamu tau apa itu metaverse? 

Metaverse dapat diartikan sebagai ruang virtual yang realistis, interaktif dan memukau. Teknologi ini terbuat dari dua teknologi utama yakni augmented reality (AR) dan juga virtual reality (VR). Ruang virtual ini bisa kamu pakai bersama pengguna lainnya. Ada banyak jenis ruang virtual di dalam metaverse, dimana kamu bisa berinteraksi dengan bebas. Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana meliputi berbelanja, berkumpul dengan keluarga hingga menonton konser. 

Dunia Virtual yang Bisa Kamu Gunakan

Sebelum kamu masuk ke dalam metaverse, kamu harus mengetahui platform dunia virtual yang mau kamu pakai dan cara menggunakannya. Dibawah ini merupakan beberapa platform dunia virtual yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke dalam dunia metaverse.

Decentraland

Decentraland Public Launch, Sumber : Youtube

Decentraland merupakan platform dunia virtual 3D open-source yang dikembangkan menggunakan blockchain Ethereum. Pengguna dapat membangun, menjual, dan membeli aset digital seperti tanah dan NFT yang ada di dunia virtual ini. Namun, seluruh transaksi yang terjadi di Decentraland harus menggunakan token crypto MANA. 

Semenjak dibuka untuk publik pada tahun 2020, banyak pengguna yang membangun berbagai aset digital unik yang dapat dinikmati. Aset-aset tersebut seperti game interaktif, tanah dengan pemandangan 3D yang indah, dan tempat virtual untuk berkumpul.

Sandbox

Sandbox, cara masuk ke metaverse
Sumber : Naavik

Sama seperti Decentraland, Sandbox merupakan dunia virtual dimana penggunanya dapat membangun, memiliki, dan menjual aset digital mereka menggunakan blockchain. Bedanya, Sandbox menggunakan dua blockchain yaitu Ethereum dan Polygon. 

Transaksi pada Sandbox juga menggunakan token Crypto yang dikembangkan sendiri dengan kode SAND. Disini pengguna juga dapat membuat game, event, ataupun sebuah pengalaman imersif yang dapat dinikmati pengguna lain.

Somnium Space

Somnium Space adalah dunia virtual sosial open-source yang sepenuhnya dibangun oleh para penggunanya. Meskipun mirip seperti Sandbox dan Decentraland, platform satu ini memiliki perbedaan pada pembangunan dunia virtualnya. Hal ini dikarenakan Somnium Space memiliki tools builder yang dapat mempermudah pengguna dalam membangun bangunan virtual. 

Tools ini mirip dengan fitur membangun pada game simulasi The Sims yang juga dapat membangun rumah. Dengan tools tersebut, para pengguna Somnium Space dapat membangun bangunan dan rumah virtual di dalamnya tanpa membutuhkan keahlian khusus.

cara masuk ke metaverse lewat somnium space yang memiliki tools builder
Tools Builder Somnium Space, Sumber : Youtube

Saat memasuki dunia virtual, pengguna dimasukan ke dalam satu dunia yang besar. Dalam dunia tersebut, pengguna dapat membeli dan menjual tanah kemudian membangun apapun diatasnya. Kamu dapat membangun sebuah museum, rumah, cafe, bahkan diskotik. Dengan Somnium Space, kamu dapat mengkreasikan kreativitas kamu tanpa batas.

Cara Masuk ke Metaverse

Sekarang kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana kamu bisa masuk dan mengakses metaverse? Sebelumnya kamu dapat memilih salah satu dunia virtual seperti contoh diatas untuk mengakses metaverse. 

Beberapa dunia virtual seperti Horizon Worlds memerlukan headset VR untuk mengaksesnya. Tetapi, kebanyakan dunia virtual dapat diakses melalui PC seperti Decentraland. Jika kamu ingin bertransaksi, maka kamu juga perlu memiliki crypto wallet. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak tahapan cara masuk ke metaverse dibawah ini!

Buat Avatar 

sebelum masuk ke metaverse kita dapat membuat avatar di decentraland
Halaman Membuat Avatar di Decentraland, Sumber: Decentraland

Sebelum masuk ke metaverse, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat avatar. Di dunia virtual seperti sandbox dan Decentraland, kamu dapat membuat dan custom avatar sesuai keinginan. Kamu dapat memilih pakaian hingga warna rambut untuk avatar kamu.

Jelajahi Dunia

setelah masuk ke metaverse kita dapat menjelajahi dunia virtual sanbox
Menjelajahi Dunia Virtual di Sandbox, Sumber : Esquire HK

Setelah selesai membuat avatar, kamu dapat masuk ke metaverse. Biasanya kamu akan muncul di salah satu starting point yang berada di dunia virtual seperti Genesis Plaza pada Decentraland. 

Kemudian kamu akan diberikan tutorial terkait cara bermain. Jika sudah beres, kamu dapat menjelajahi dunia virtual serta melakukan aktivitas di dalamnya dengan teleportasi.

Bermain Game dan Menghadiri Event

marshmello merupakan musisi pertama yang masuk ke metaverse mengadakan konser virtual
Konser Virtual Marshmello di Fortnite, Sumber : Youtube

Di dalam dunia virtual ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain game dan menghadiri event-event  yang ada. Kamu bisa mendapatkan uang dari bermain game play to earn seperti ‘Wonder Mine Crafting Game’. Kamu juga dapat mengunjungi event seperti konser virtual, mengunjungi museum NFT, atau sekedar hangout dengan komunitas.

Berteman dengan Pengguna Lain

Saat masuk ke metaverse kamu bisa membuat teman baru saat bermain game atau mengunjungi event. Kamu bisa berbicara  dan berinteraksi dengan pengguna lain. Fitur ini mirip dengan game-game multiplayer online yang dapat berinteraksi dengan sesama pengguna. Dengan fitur ini kamu bisa banyak membuat teman baru di dunia metaverse.

Tren Aktivitas di Metaverse

Seperti disebutkan sebelumnya, saat ini sudah ada pengalaman metaverse yang tersedia untuk umum. Selain platform dunia virtual, platform video game Roblox telah mencoba memasuki metaverse dengan membuat beberapa acara seperti menyelenggarakan peringatan 100 tahun Gucci atau membuka toko meta pertama NFL. 

Sementara itu, pesaingnya Fortnite juga melakukan gebrakan untuk masuk ke dalam metaverse dengan mengadakan konser virtual di dalam game tersebut. Konser ini menampilkan berbagai artis papan atas  seperti  Ariana Grande, Travis Scott, Marshmello, dan lainnya. Di masa mendatang, metaverse akan dapat menunjang seluruh kebutuhan sehari-hari kita. Jika dibandingkan dengan saat ini metaverse hanya menunjang beberapa aktivitas saja. 

Beberapa tren aktivitas yang bisa dilakukan saat kamu masuk ke metaverse sekarang adalah sebagai berikut :

Korporasi 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pandemi COVID-19 membawa perubahan signifikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hal pekerjaan. Kini, remote working secara online menjadi suatu hal yang banyak diadopsi para pekerja kantoran. Perusahaan Meta, yang sebelumnya dikenal dengan nama Facebook, hadir untuk memfasilitasi hal ini. Meta menawarkan Horizon Workrooms, ruang pertemuan virtual yang bisa dijadikan pengganti meeting tatap muka. Kamu bisa mengakses Horizon Workrooms dengan bantuan headset VR Oculus Quest 2.

Horizon Workrooms masuk ke metaverse
Foto oleh Oculus

Permainan Online

Kalau kamu pecinta game, sudah banyak permainan yang bisa membawamu masuk ke metaverse. Beberapa pilihan ruang virtual yang bisa kamu coba ialah Axie Infinity, Sandbox, Illuvium dan Decentraland. 

Selain bermain game, kamu juga bisa mendapatkan teman baru. Bahkan, kalau kamu lihai dalam memainkan game, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang, lho

Hiburan 

Tren lainnya ialah dunia hiburan. Ada banyak pilihan hiburan untuk masuk ke metaverse, seperti menonton pertunjukan fashion show, menonton konser dan lainnya. Kamu bisa berinteraksi dengan teman menggunakan avatar yang didukung oleh teknologi artificial intelligence (AI) sehingga tampak lebih nyata. 

Sebagai contoh, Sensorium Galaxy menyajikan acara musik di metaverse dan berkolaborasi dengan musisi ternama seperti David Guetta dan Steve Aoki. Platform hiburan dari Sensorium Galaxy ini dapat merubah caramu menikmati musik dengan fitur AI yang cerdas. 

Lihat juga: “Tonton Konser Virtual Reality dengan Teman Secara Langsung

Real Estate 

Tak hanya di dunia nyata, bisnis properti atau real estate juga bisa kamu lakukan di dunia virtual. Seperti yang telah disebutkan, kamu bisa membeli lahan virtual di dalam metaverse. Dilansir dari Sensorium, Decentraland berhasil menjual real estate virtual dengan harga US$ 25 juta. Selain tanah, kamu juga bisa jual beli produk lainnya seperti kapal pesiar. Menarik bukan? 


Itulah berbagai cara masuk ke metaverse. Apakah kamu sudah siap untuk bergabung ke dalam dunia virtual ini? Kalau kamu tertarik, kamu bisa temukan informasi terkait metaverse lainnya hanya di smarteye.id ya! 


4 Cara Masuk ke Dalam Dunia Metaverse!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.