Cara Melihat 3D Animals dari Google Search

Cara Melihat 3D Animals dari Google Search

Teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran kalau sudah banyak perusahaan VR dan AR di Indonesia yang turut mengembangkan inovasi ini. Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan dari teknologi Augmented Reality (AR) ialah menghadirkan objek 3D yang tampak nyata di hadapanmu.

Tahukah kamu? Kamu tak perlu lagi jauh-jauh pergi ke kebun binatang untuk melihat ragam hewan eksotis. Kini, hanya melalui smartphone saja, kamu sudah bisa menyaksikan animasi hewan 3 dimensi. 

Meski berbentuk gambar digital, 3D animals ini terasa cukup nyata dengan bantuan teknologi augmented reality. Lantas, bagaimana keseruannya? Simak pada artikel berikut! 

Serigala 3D Animals
Foto oleh Kompas

Konon, memiliki dan bermain dengan hewan piaraan seperti kucing, anjing ataupun ikan dapat mengobati pemiliknya dari rasa kesepian, bosan hingga depresi. Kalau kamu pecinta hewan eksotis, mungkin kamu tidak bisa memelihara satwa liar ini di rumah ya. 

Tenang saja, kamu tetap bisa seakan memelihara harimau, burung gagak, zebra dan lainnya secara virtual. Hewan yang biasanya berkeliaran di alam liar kini bisa hadir di hadapanmu, salah satu caranya ialah melalui fitur View in Your Space milik Google Search. 

Lihat juga: “Wisata Aman dengan Virtual Reality

Cara Lengkap Melihat 3D Animals dari Google Search

Harimau 3D
image by 9to5google.com

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara melihat animasi hewan dari ponsel? Google Search jawabannya. Kamu bisa membuka laman pencarian Google dan ketik nama hewan yang ingin kamu cari. 

Misalnya, kamu bisa ketik gambar hewan harimau. Setelah hasil pencarian muncul, pilihlah opsi gambar harimau 3D yang ada. Pada pilihan gambar 3D animals, klik tombol “View in 3D” dan kamu bisa langsung lihat hasilnya. 3D Animals ini didukung oleh teknologi AR ya. 

Kamu bisa juga mengamati hewan favorit secara lebih dekat dari berbagai angle hanya dengan swipe ke arah yang diinginkan. Selain itu, ada pula ilustrasi suara yang membuat proyeksi gambar ini makin terasa nyata. 

Google cukup banyak menawarkan koleksi hewan virtual. Tak hanya harimau 3D, ada juga hewan piaraan biasa, hewan liar hingga hewan eksotis yang sudah langka keberadannya. 

Baca juga: Buat Taman Safari di Rumah dengan Google AR Core!

Google Hadirkan 3D Animals di Rumah 

Selain bisa menikmati berbagai hewan dalam bentuk gambar digital, kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat satwa yang lebih nyata. Dengan perangkat Google AR, bahkan kamu bisa menghadirkan hewan tersebut di dalam rumah. Bagaimana caranya?

Mudah saja! Kamu bisa klik opsi “View in your space” setelah melakukan pencarian gambar di Google Search. Izinkan Google untuk mengakses kamera ponsel. Kemudian, hewan yang kamu inginkan akan hadir pada ruang nyata secara virtual melalui pindaian kamera. 

Gambar tersebut bisa dipindahkan, difoto, diperbesar ataupun diperkecil, serta mampu bergerak dan mengeluarkan suara. Animasi 3D hewan ini menjadi seakan benar-benar berada di dalam rumahmu ya. 

Sayangnya, fitur AR ini tidak tersedia di semua jenis ponsel pintar. Hanya ponsel dengan spesifikasi tertentu saja yang bisa mendapatkan aksesnya. Sebagai contoh, kamu membutuhkan HP Android generasi 7 ke atas, atau iPhone dengan sistem operasi iOS 11 dan generasi iOS setelahnya. 

Selain pilihan hewan yang disediakan oleh Google, kamu juga dapat menambahkan pencarian hewan lain dengan mengunduh aplikasi berbasis AR di App Store maupun Google Play. Hadirkan hewan kesayangan tanpa batas sesuai dengan yang kamu inginkan.

Filter 3D Animals di Sosial Media

Filter 3D Animals Instagram
Foto oleh Elite Daily

Eits tunggu dulu, hewan virtual tidak hanya bisa dicari di Google lho! Aplikasi media sosial seperti Snapchat dan Instagram juga bisa kamu manfaatkan. Keduanya dilengkapi dengan fitur AR yang tak kalah menarik. 

Kamu bisa cari efek atau filter AR pada kedua sosial media ini dan coba aplikasikan melalui kamera. Tak hanya gambar hewan 3D, ada juga transformasi hewan yang dapat diaplikasikan pada wajahmu. Sebagai contoh, kamu seakan bisa memiliki telinga kelinci atau kumis kucing yang lucu dengan filter AR. Tentu sangat menggemaskan bukan?

Teknologi augmented reality juga memfasilitasi kreativitas tanpa batas. Tak heran kalau ada banyak animasi 3D yang bisa kamu nikmati bahkan mainkan melalui filter wajah ini. 

Diantaranya seperti online quiz, mini games hingga mencoba produk secara virtual. Setelah asik berkreasi, kamu juga dapat menyimpan serta membagikan hasil tangkapan gambar dari filter-filter tersebut. 

Baca juga: Aplikasi Augmented Reality di Smartphone yang Bisa Kamu Coba!


Itulah berbagai cara untuk menghadirkan 3D animals melalui smartphone dirumahmu. Melalui teknologi ini, kamu jadi bisa bebas mengeksplorasi alam liar hanya dari rumah. 

Kalau kamu tertarik akan teknologi ini, kamu bisa baca lebih lanjut informasi tentang AR dan VR di laman smarteye.id. Selaku salah satu perusahaan VR dan AR terbaik di Indonesia, smarteye.id punya banyak informasi menarik untukmu. 

Kamu juga bisa buat berbagai hal dengan teknologi VR dan AR bersama smarteye.id. smarteye.id telah melayani berbagai klien besar seperti Astra Internasional, Pertamina, Wahana Visi Indonesia, dan lain sebagainya. Tenang, kamu bisa konsultasikan kebutuhan secara gratis juga, loh!

Tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi website smarteye.id untuk wujudkan teknologi imersif pada bisnismu!

Cara Melihat 3D Animals dari Google Search

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.