Pernahkah Anda tiba-tiba merasa mual dan pusing saat di depan layar komputer? Kemungkinan besar Anda mengalami cybersickness. Ini adalah gejala yang ditimbulkan karena terlalu lama menghadap layer gadget. Tak cuma komputer atau laptop, tapi smartphone ataupun tablet juga dapat menyebabkan cybersickness. Lantas bagaimana cara mencegah cybersickness?

Tak cuma karena menatap layar laptop, menatap kacamata VR juga bisa menyebabkan pusing dan mual. Ini cara mencegahnya!

Informasi Penting Seputar

Gerakkan Badan Efektif Kurangi Cybersickness

ciri-ciri Cybersickness
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Selama bekerja di depan komputer, kita sering lupa waktu. Apalagi saat wfh seperti dewasa ini? Waktu jadi makin tidak terasa. Meeting online, webinar, dan acara online makin banyak. Lupa waktu jadi keniscayaan. Bangun, gerakkan badan dan berjalan-jalan sesekali akan efektif mengurangi cybersickness. Selain itu hal ini juga dapat melancarkan peredaran darah mengurangi kram otot.

Lihat juga: Cara Melihat 3D Animals dari Google Search

Mata juga Butuh Istirahat

Mencegah cybersickness dapat dimulai dengan menginstirahatkan mata

Sama seperti badan, mata juga butuh istirahat. Memandangi layar secara terus menerus apalagi dalam waktu yang cukup lama dapat membuat mata tegang. Nah, ketegangan inilah yang memicu cybersickness. Sibuk boleh, tapi mata juga punya hak untuk istirahat ya!

Menurut dokter Starr, meminimalisir kelelahan mata karena terlalu lama menatap layar bisa menggunakan metode 20-20-20-20. Setiap 20 menit lihat benda berjarak 20 kaki selama 20 detik, dan gunakan 20 menit terakhir basahi mata dengan menutup mata 20 detik atau berkedip sebanyak 20 kali.

Anda dapat menggunakan obat tetes mata buatan bebas pengawet apabila mata terasa kering. Posisi layar juga harus jadi perhatian utama. Usahakan agar layar sedikit lebih rendah daripada mata Anda, karena mata tertunduk akan mengurangi mata kering. Mudah bukan?

Kurangi Cahaya Biru untuk Kurangi Cybersickness

lanjutkan upaya kurangi cybersickness dengan minimalisir cahaya biru
Foto oleh Francesco Ungaro dari Pexels

Tahukah Anda? Jika tiap layar gadget mengeluarkan cahaya biru. Nah, inilah yang mendorong terjadinya cybersickness. Gunakan kacamata anti radiasi atau atur layar Anda agar tidak terlalu terang. Dengan demikian, mata tidak terlalu capek.

Buat To-Do-List

sempurnakan upaya Anda dengan membuat to do list. Cybersickness pun sirna
Foto oleh Francesco Ungaro dari Pexels

Mungkin ini terdengar terlalu jauh dari cybersickness. Tapi, WFH telah mengubah banyak hal. Kita seperti lupa waktu karena tempat kerja/kantor tidak ada bedanya dengan rumah yang notabene adalah tempat istirahat. Nah, kerancuan ini yang menyebabkan jam kerja kita lebih lama daripada saat kerja di kantor.

Membuat to-do-list dapat menjauhkan kerancuan jadwal kerja dapat diminimalisir. Anda pun kerja dengan durasi yang wajar. Anda dapat lebih jelas mengetahui pekerjaan hari ini. Secara otomatis, jam kerja yang wajar akan menjauhkan Anda dari cybersickness.


Itulah berbagai cara untuk mengatasi cybersickness. Cobalah terapkan agar Anda terhindar dari cybersickness. Dengan cara ini, Anda akan tetap sehat dan lebih produktif. Selamat mencoba!

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.