Kesuksesan para pebisnis dalam menjalankan usahanya seringkali menimbulkan pertanyaan; apa saja yang perlu dilakukan supaya sukses dalam berbisnis? Tentu saja pertanyaan tersebut memiliki jawaban yang berbeda-beda. Artinya, untuk sukses menjadi entrepreneur, seseorang harus memperhatikan banyak faktor. Salah satunya adalah mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya. Lantas, dari sekian banyak cara untuk meningkatkan bisnis menggunakan teknologi, mana yang bisa dilakukan? Artikel ini secara khusus membahas mengenai cara tepat menentukan teknologi untuk bisnis Anda. Simak ulasannya!

Lihat juga: “3 Teknologi yang Paling Berkembang di Dunia”

Faktor Penting Menentukan Teknologi untuk Bisnis

Kehadiran teknologi mempermudah mobilitas manusia. Tak terkecuali bagi suatu bisnis, perusahaan tertentu membutuhkan bantuan perangkat untuk melancarkan usahanya. Bahkan teknologi seperti mesin, website, hingga perangkat lunak, mengambil bagian penting dalam kebutuhan suatu bisnis. Apakah bantuan teknologi bisa Anda dapatkan dengan cara membuatnya sendiri? Tentu saja tidak, sebab di luar sana terdapat perusahaan teknologi yang menawarkan jasanya untuk membantu perusahaan lain di bidang tersebut.

Contoh nyata penggunaan teknologi bagi perusahaan bisa Anda temukan mulai dari hal kecil, misalnya: manajemen catatan kehadiran karyawan. Dimana absensi kehadiran karyawan dapat dilakukan menggunakan aplikasi maupun perangkat pendukung. Lantas, dimana Anda bisa mendapatkan layanan tersebut? Tentu saja melalui vendor yang menyediakan berbagai jasa teknologi, aplikasi, dan lain sebagainya. Apabila Anda berminat untuk menggunakan teknologi untuk bisnis, Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal agar tidak perlu mencoba berbagai teknologi sampai menemukan yang cocok.

pilih teknologi untuk bisnis yang tepat
Foto oleh ThisIsEngineering dari Pexels

Meminimalisir Risiko

Terkadang perusahan jasa teknologi menawarkan dan memasarkan produknya melalui brosur dan website. Mereka melampirkan deskripsi serta penjelasan mengenai produk yang mereka kelola. Termasuk menjelaskan tentang kelebihan dan kemudahan yang bisa konsumen dapatkan. Lantas, apakah kemudian Anda langsung mempercayainya? Sebagian orang mungkin ‘iya’, namun sebaiknya jangan terlalu terburu-buru. Menentukan teknologi untuk bisnis Anda harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir risiko kegagalan dan hal buruk lainnya. 

Berdasarkan permasalahan tersebut, apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut solusinya:

1. Cari yang Menyediakan ‘Free Trial’ 

Free Trial adalah pencobaan secara gratis dalam jangka waktu tertentu yang diberikan kepada konsumen. Tujuan adanya free trial adalah supaya calon pembeli dapat merasakan secara langsung pengalaman untuk menggunakan jasa tersebut. Sehingga penting bagi Anda untuk mencoba terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk membeli. Supaya berjalan optimal, Anda bisa menyiapkan hal berikut: 

Pilih tim atau staf secara selektif saat mencoba produk teknologi tersebut. Amati dengan baik mengenai fungsi dan fitur yang dijalankan. Lakukan review dan evaluasi mengenai teknologi tersebut. Jangan lupa untuk menerima feedback berbagai pihak yang terlibat. Kumpulkan data kuantitatif dan kualitatif (jika diperlukan) 

2. Baca Review-nya! 

Sebelum menentukan teknologi untuk bisnis Anda, selain memanfaatkan ‘free trial’ Anda juga bisa membaca testimoni dan review-nya. Pengalaman dari konsumen sebelumnya dapat Anda pelajari secara mandiri. Lakukan riset mengenai produk teknologi yang sedang Anda kerjakan. Apakah tingkat kepuasan pelanggan sebelumnya sudah sesuai ekspektasi? Jika ada kekurangan maupun keluhan mengenai produk tersebut, ada di bagian mana? Jangan lupa untuk membaca balasan dari perusahaan terkait mengenai solusi yang diberikan. 

Selain itu, review dan testimoni tidak selamanya mengenai aduan, melainkan tentang keberhasilan produk tersebut dalam memberikan pelayanan. Jika memang ada, telusuri lagi lebih dalam. Apakah keberhasilan vendor tersebut merupakan salah satu yang sedang Anda butuhkan? Jika iya, maka ada baiknya untuk segera mengambil keputusan dan sesuaikan dengan kebutuhan yang sedang Anda cari.

3. Lakukan Riset dan Gali Informasi Semaksimal Mungkin

Mencoba free trial dan membaca review saja mungkin tidak cukup. Anda harus melakukan langkah lebih besar sebelum menentukan vendor teknologi untuk bisnis Anda. Tidak ada salahnya untuk melakukan riset lebih dalam mengenai penyedia jasa teknologi lainnya. Atau sesekali lakukan perbandingan dan pertimbangkan lagi secara mendalam. 

Di samping itu, vendor teknologi yang mumpuni juga membuka kursus di bidang pendidikan atau edukasi. Mereka membuka kesempatan untuk mengajar karena pekerjanya terbukti handal di bidang tersebut. Bukankah itu menjadi hal yang baik apabila bisnis Anda ditangani oleh ahli yang tepat? 

Sebagai langkah awal, Anda dapat mencoba layanan pengembang teknologi smarteye.id yang berpengalaman melayani penerapan teknologi virtual reality dan augmented reality. Klik di sini untuk pelajari lebih lanjut.


Mempercayakan teknologi untuk bisnis Anda adalah keputusan yang tepat. Namun, memilih pengembang teknologi untuk ambil andil dalam keberlangsungan usaha Anda mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal tersebut dilakukan demi mendapatkan vendor teknologi yang sesuai serta meminimalisir risiko kegagalan.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.