5 Trik Jitu Menentukan Produk Teknologi yang Tepat Untuk Bisnis

5 Trik Jitu Menentukan Produk Teknologi yang Tepat Untuk Bisnis

Kesuksesan para pebisnis dalam menjalankan usahanya seringkali menimbulkan pertanyaan; apa saja yang perlu dilakukan supaya sukses dalam berbisnis?

Glamornya dunia yang terlihat di mata masyarakat, terutama yang sering ditampilkan di platform media sosial membuat banyak pihak bertanya. Mulai dari rahasia sukses menjalankan bisnis sampai bagaimana rasanya menjadi populer berkat kesuksesan tersebut.

Banyaknya pertanyaan menghasilkan jawaban yang berbeda-beda pula. Meski mengetahui untuk sukses menjadi entrepreneur, seseorang harus memperhatikan banyak faktor, tetap saja selalu muncul pertanyaan yang sama di media.

Apakah penting memanfaatkan teknologi?

Jawabannya adalah ya! Tanpa teknologi, bisnis akan sulit berkembang. Apalagi di era dimana semua sudah beralih ke arah digital.

Ketidak mampuan pelaku bisnis memanfaatkan teknologi dapat membuatnya tergerus zaman. Pergantian generasi dan hadirnya generasi muda sebagai pemakai teknologi pun menjadi faktor penentu.

Salah satu kesuksesan dalam menjalankan bisnis adalah mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya dalam operasional dan pemasaran. Lantas dari sekian banyak cara untuk meningkatkan bisnis menggunakan teknologi informasi, apa saja yang dapat dicoba?

Artikel ini secara khusus membahas mengenai cara tepat menentukan teknologi untuk bisnis. Ayo simak ulasannya!

Manfaat perkembangan teknologi untuk bisnis

Manfaat perkembangan teknologi untuk bisnis

Kehadiran teknologi mempermudah mobilitas manusia. Tak terkecuali bagi bisnis yang harus terus berinovasi, manfaat teknologi sangat besar perannya dalam pertumbuhan perusahaan. Contoh sederhananya adalah penggunaan media digital seperti software.

Bahkan teknologi software dan media digital seperti website mengambil bagian penting dalam kebutuhan suatu bisnis. Besarnya prospek software pada dunia bisnis teknologi informasi melahirkan perusahaan dengan fokus baru, software-as-a-service.

Apa saja keuntungan memakai teknologi?

Apa saja keuntungan memakai teknologi? Media sosial

Peranan dunia digital dapat dirasakan dalam berbagai aspek kegiatan sebuah perusahaan. Mulai dari bagian operasional, bagian pemasaran, hingga pendorong transisi ke dunia digital agar tidak tergerus zaman.

Baca juga: Menuju 2023, Inilah Rekap Tren Teknologi 2022

Penggunaan media digital, seperti media sosial atau platform iklan digital untuk pemasaran juga menghemat biaya. Misalnya, biaya yang dikeluarkan untuk beriklan di platform media sosial cenderung lebih kecil dibanding di platform OOH seperti billboard.

Mudahnya melakukan promosi di media sosial dengan bantuan influencer juga dapat membantumu mengembangkan bisnis lebih cepat, karena platform digital ini mampu menjangkau banyak audiens sekaligus.

penggunaan teknologi pada perusahaan

Contoh lain penggunaan teknologi pada operasional perusahaan pun bisa ditemukan mulai dari hal kecil, misalnya manajemen catatan kehadiran karyawan. Dimana absensi kehadiran karyawan dapat dilakukan menggunakan aplikasi maupun perangkat pendukung. 

Meski begitu, banyak yang masih meragukan manfaat teknologi untuk bisnis. Padahal manfaatnya tidak diragukan lagi. Sebelum menentukan teknologi yang kamu butuhkan, pertimbangkan hal berikut ini:

Bagaimana cara menentukan produk yang tepat?

Cari yang menyediakan free trial 

 Cari yang menyediakan free trial 

Jangan terburu-buru menentukan software atau teknologi yang akan kamu pakai untuk bisnismu. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai produk tersebut. Jika ragu, kamu bisa meminta waktu uji coba atau free trial.

Free trial adalah pencobaan secara gratis dalam jangka waktu tertentu yang diberikan kepada konsumen dari perusahaan. Tujuan diberikannya free trial adalah agar calon pembeli dapat merasakan secara langsung pengalaman saat menggunakan produk yang dipilih. 

Penting bagi para pemilik bisnis untuk mencoba terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk membeli. Free trial adalah waktu yang tepat untuk menimbang apakah produk tersebut cocok untukmu.

Beberapa tips saat mencoba free trial suatu produk antara lain: 

  • Pilih tim atau staf secara selektif saat mencoba produk software tersebut
  • Amati dengan baik mengenai fungsi dan fitur yang dijalankan
  • Lakukan review dan evaluasi mengenai teknologi tersebut
  • Jangan lupa untuk menerima feedback berbagai pihak yang terlibat
  • Kumpulkan data kuantitatif dan kualitatif (jika diperlukan) 

Baca review-nya!

feedback, group, communication

Selain memanfaatkan free trial, kamu juga bisa membaca testimoni dan review yang dimiliki perusahaan penyedia jasa. Pengalaman dari konsumen sebelumnya dapat dipelajari dengan teliti. Pengalaman konsumen umumnya adalah ulasan jujur mengenai suatu produk, jadi, jangan sampai melewatkan itu

Selain melakukan tinjauan testimoni, lakukan riset mengenai produk teknologi yang sedang kamu kerjakan. Apakah tingkat kepuasan pelanggan sebelumnya sudah sesuai ekspektasi? 

Jika ada kekurangan maupun keluhan mengenai produk tersebut, bagian mana yang sering terkena masalah atau komplain? Jangan lupa untuk membaca balasan dari perusahaan terkait mengenai solusi yang diberikan. 

Baca juga: Tren Teknologi yang Kamu harus Tahu di Tahun 2023!

Setelah memastikan testimoni dan review dari pelanggan, perhatikan juga tentang keberhasilan produk tersebut dalam memberikan pelayanan. Keberhasilan bisa dihitung dari lamanya waktu respon, kualitas penyelesaian masalah, sampai cara customer service memberikan solusi.

Apakah ulasan keseluruhan perusahaan dan produk sudah sesuai dengan yang kamu cari? Jika iya, maka ada baiknya untuk segera mengambil keputusan dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis milikmu.

Lakukan riset dan gali informasi semaksimal mungkin

3. Lakukan riset dan gali Informasi semaksimal mungkin

Mencoba free trial dan membaca ulasan saja mungkin tidak cukup. Kamu harus melakukan langkah lebih besar sebelum menentukan vendor teknologi untuk yang pas untuk bisnis yang akan dijalankan. 

Tidak ada salahnya untuk melakukan riset lebih dalam mengenai penyedia jasa teknologi lainnya. Atau, sesekali lakukan perbandingan dan pertimbangkan lagi secara mendalam antara satu perusahaan dan produk kompetitornya. 

Dalam beberapa kasus bisnis, vendor teknologi informasi yang mumpuni juga membuka kursus di bidang pendidikan atau edukasi. Mereka membuka kesempatan untuk mengajar karena pekerjanya terbukti handal di bidang tersebut.

Meski kadang dirasa sepele, mempekerjakan orang yang ahli di bidangnya punya efek besar. Dengan mempekerjakan orang yang sudah ahli di bidangnya untuk bisnis yang kamu jalani, kemungkinan kelancaran bisnis pun akan naik.

Baca juga: Perkembangan Tren Teknologi Informasi di Seluruh Dunia

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

4. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Tidak semua bisnis memiliki bujet mentereng pada awalnya. Bahkan, tidak jarang perusahaan rintisan kesulitan mencari investor untuk mulai menjalankan bisnis.

Kebutuhan akan teknologi digital agaknya sudah menjadi hal yang umum bagi berbagai bisnis, apapun level bisnisnya. Meski begitu, kebutuhan akan teknologi informasi pun harus disesuaikan dengan bujet yang ada. Hal ini sangat krusial agar bisnis bisa tetap berjalan.

Sesuaikan bujet yang kamu punya dengan biaya platform digital yang ingin kamu pakai atau software yang dirasa perlu. Membuat list informasi software dapat membantu menentukan pilihan. Tentunya, kamu tidak mau kan kalau perusahaan justru merugi setelah menggunakan teknologi informasi terbaru?

Prioritaskan kebutuhan bisnis daripada keinginan

5. Prioritaskan kebutuhan bisnis daripada keinginan

Ada kalanya kita melihat bisnis orang lain dan merasa iri akan budget atau teknologi yang mereka gunakan untuk mengembangkan bisnis. Hal ini makin terekspos saat kamu membuka media sosial.

Namun, membangun bisnis harus didasarkan pada kebutuhan, bukan keinginan. Perkembangan teknologi pada berbagai aspek seperti bisnis membuat pelaku perusahaan ingin memiliki berbagai macam teknologi baru.

Umumnya hal ini dirasa akan membuat perusahaan terlihat keren dan inovatif. Meskipun begitu, alangkah baiknya kalau kamu memilih teknologi yang memang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Selain itu, pilih teknologi yang dapat membuat bisnis perusahaan berkembang. Dengan begitu, kamu dapat lebih memahami dan memegang kendali pasar dibandingkan kompetitor bisnis lain. 

Baca juga: Teknologi Memberikan Dampak Baik atau Justru Buruk, ya?


Mempercayakan teknologi untuk bisnis yang akan kamu jalankan memang layak dipertimbangkan. Namun, memilih pengembang teknologi untuk ambil andil dalam keberlangsungan usaha tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Faktor kebutuhan, kecocokan dengan vendor, juga optimisasi bujet harus dipikirkan. Hal tersebut dilakukan demi mendapatkan vendor teknologi yang sesuai serta meminimalisir risiko kegagalan. 

Butuh rekan yang bisa membantu menyediakan jasa teknologi untuk mengembangkan bisnis? smarteye.id bisa membantumu!

smarteye.id menyediakan jasa teknologi augmented reality, virtual reality, hingga metaverse yang bisa disesuaikan denganmu. Jangan lupa baca terus blog smarteye.id untuk update artikel teknologi terbaru!

5 Trik Jitu Menentukan Produk Teknologi yang Tepat Untuk Bisnis

Alyssa Sachan