Informasi Lengkap Seputar Koin Metaverse untuk Transaksi dan Investasi

Informasi Lengkap Seputar Koin Metaverse untuk Transaksi dan Investasi

Inovasi teknologi terus berkembang ke arah yang lebih baik. Tak hanya virtual reality dan augmented reality, metaverse hadir dengan potensi bisnis serta hiburan yang bermanfaat bagi berbagai industri.

Proyek metaverse sendiri membutuhkan koin sebagai alat tukar mata uang di pasar digital ini. Kamu bisa mendapatkan akses ke berbagai permainan menarik hingga jual aset dengan harga yang kompetitif.

Penasaran bagaimana kerja koin metaverse dan apa saja pilihan coin ini? Temukan jawabannya dengan baca artikel yang satu ini, yuk!

Mengenal Tren Metaverse Lebih Dekat

Tren metaverse semakin banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, dunia virtual ini mampu menghubungkan para penggunanya di dalam suatu ruang baru dengan bantuan blockchain dan artificial intelligence. 

meta metaverse
Foto oleh pymnts.com

Dilansir dari CoinDesk, Decentraland Foundation dan Facebook, yang kini dikenal dengan Meta, telah bekerja keras dalam mewujudkan dunia metaverse. Perusahaan-perusahaan besar ini membuka kesempatan baru kepada investor retail, hiburan, para pengembang, dan juga kolektor digital. 

Lihat juga: “Masuk ke Dunia Virtual dengan Metaverse” 

Singkatnya, metaverse adalah ruang virtual di mana kamu bisa melakukan banyak hal, termasuk mencari hiburan dan berbelanja. Tak hanya membeli pakaian untuk avatar, kamu juga bisa jual-beli aset seperti lahan di metaverse. Menarik bukan?

Kalau kamu ingin membeli sesuatu di dunia virtual ini, kamu perlu memilih platform yang ingin kamu tuju terlebih dahulu, seperti Decentraland atau SandBox. Kamu juga harus membuat dompet yang terkoneksi dengan jaringan blockchain. Setelah itu, konversikan uang yang kamu punya ke dalam bentuk token, sesuai dengan platform yang sudah kamu pilih sebelumnya.

koin metaverse
Foto oleh Ivan Babydov dari Pexels

Penjelasan Singkat Seputar Koin Metaverse

Metaverse mulai digunakan sebagai salah satu platform investasi bagi para investor. Cryptocurrency atau mata uang kripto menjadi salah satu instrumen investasi dalam proyek metaverse. Mata uang kripto dianggap sebagai token utilitas di dunia virtual ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu perlu memiliki dompet kripto dan mengkonversikan uang ke dalam bentuk token. Nah, token ini sendiri dikenal juga sebagai non fungible token atau NFT.

metaverse coin
Foto oleh CryptoStars

Token non fungible artinya adalah token yang nilainya tidak dapat dibagi dan tidak dapat diubah. Oleh karena itu, token NFT ini membuka peluang jual beli yang lebih luas di dalam metaverse.

Dengan NFT, kamu bisa mendapatkan akses untuk masuk ke dalam proyek metaverse, melakukan jual beli aset digital, dan bermain game berbasis blockchain. Mata uang kripto ini menjadi token utilitas di dunia metaverse dan bisa menjadi bekal awal untuk membawamu ke pengalaman virtual yang memukau. Tak hanya untuk jual beli, kamu juga bisa manfaatkan koin metaverse untuk investasi, lho!

Konsep NFT didirikan pada teknologi blockchain dan bisa dibeli dengan membelanjakan cryptocurrency. NFT sendiri umumnya digunakan untuk jual beli seni digital ya. Banyak kreator seni yang melakukan ekspansi ke dalam dunia digial metaverse dalam menawarkan karyanya.

Meski begitu, NFT tak hanya terhubung dengan seni digital saja ya. Token non fungible memberikan nilai pada objek digital dan menghadirkan bukti kepemilikan atas objek tertentu. Kamu bisa beli properti virtual di metaverse maupun membeli tiket konser virtual.

Nah, untuk memiliki NFT, kamu perlu cermat memilih cryptocurrency yang sesuai dengan platform metaverse yang ingin kamu kunjungi. Misalnya, untuk berinvestasi pada metaverse Axie Infinity, kamu bisa beli token khusus platform ini yang dikenal dengan token AXS.

Jadi, NFT memiliki peran sebagai bukti kepemilikan penuh atas aset, menjelaskan identitas untuk berkomunikasi dalam metaverse, menjual maupun menyewakan aset virtual, membangun infrastruktur virtual, hingga menyelenggarakan berbagai acara sosial di metaverse.

Manfaat Koin Metaverse

Teknologi dikembangkan untuk mempermudah kehidupan harian manusia, termasuk perkembangan metaverse. Ketahui berbagai manfaat dari koin metaverse yang bisa kamu terapkan di berbagai industri, diantranya adalah sebagai berikut:

Menghadirkan Ekonomi yang Adil dan Transparan

Koin metaverse mempermudah proyek bisnis di dalam dunia online secara tersedentralisasi. Blockchain bertanggung jawab dalam memberikan transparasi dan mendorong ekonomi adil serta terbuka. Dengan begitu, pengguna juga bisa memiliki aset dunia nyata dalam lingkungan digital ya.

Kapitalisasi pasar aset digital
Foto oleh Kompas Money

Jual Beli Real Estate

Kamu bisa meraih untung dengan melakukan bisnis properti di metaverse. Cara paling umum yang bisa kamu coba adalah membeli tanah virtual untuk kemudian dijual kembali.

Proyek properti virtual ini memiliki konsep yang mirip saat kamu membeli properti di dunia nyata. Untuk meraih untung, kamu bisa membeli properti di suatu tempat dan menunggu daerah tersebut berkembang sehingga harga properti naik secara signifikan. Namun, kamu perlu kalkukasikan dengan baik potensi kenaikan harga ini agar tidak rugi ya.

Perdagangan Koin Metaverse

Sebagai aset digital, koin metaverse nilainya bergantung pada permintaan dan penawaran di pasar. Kamu bisa turut memperdagangkan koin metaverse di bursa, layaknya jual beli saham. Namun, perdagangan ini tentu bergantung pada masa depan metaverse ya.

Ciptakan dan Jual NFT

Dengan maraknya kapitalisasi pasar token non fungible, kamu bisa turut serta membuat NFT dan memasarkannya di metaverse. Mulai dari lukisan, lagu, hingga gambar animasi bisa kamu tawarkan pada dunia virtual ini. Kapan lagi bisa punya karya yang bisa diapresiasi secara global serta meraih untung?

Saat memasarkan aset di metaverse, kamu bisa tentukan untuk memasarkan secara gratis serta memberikan akses cetak kepada pengguna lain atau tidak. Proses pencetakan sendiri berarti memberikan izin kepada orang lain untuk menyalin desain yang kamu buat. Namun, melalui proses jual beli, kamu bisa mendapatkan persentase penjualan setiap kali ada pengguna yang menginginkan karyamu.

Membangun Kota Virtual

Layaknya dunia nyata, para arsitek, desainer, dan pengembang memiliki peran besar dalam mendesain bangunan futuristik di dunia virtual. Desain bangunan ini tentu berbentuk 3 dimensi ya, menyesuaikan sifat metaverse.

Selain membangun arsitektur, lahan dan bangunan nantinya juga bisa dijual atau disewakan untuk kepentingan tertentu. Tentu peluang industri properti virtual semakin terbuka dengan adanya metaverse ya!

Membuat dan Memasarkan Bisnis Online

Melihat peluang jual beli online di metaverse yang terbentuk pada blockchain Ethereum, kamu bisa manfaatkan platform ini untuk membuka toko online. Layaknya jualan di dunia nyata, kamu bisa tawarkan item apa saja di sini. Metaverse bisa kamu jadikan pilihan pasar baru untuk menjual pakaian, aksesori, hingga furnitur.

Untuk meraih untung yang lebih maksimal, kamu juga bisa promosikan produk dari bisnismu di metaverse. Tentu, desain visual yang menarik akan membantumu meraih lebih banyak penjualan ya.

Ancaman Penggunaan Koin Metaverse

Meski memiliki banyak keuntungan, kamu perlu tetap berhati-hati akan ancaman bahaya dari penggunaan koin metaverse. Maraknya koin metaverse pada blockchain Ethereum yang sedang populer perlu diimbangi dengan pengetahuan serta informasi terkini agar tidak salah memilih ya. Berikut contohnya:

Resiko Penipuan

Dengan meningkatnya transaksi jual beli mata uang kripto, kasus penipuan dalam industri ini juga turut meningkat. Sebagai investor, kamu perlu punya pengetahuan dasar tentang model investasi yang masih terbilang baru ini ya. Jangan sampai tergiur tawaran keuntungan besar tanpa mengetahui risikonya.

Ada beberapa skema investasi koin metaverse yang rentan akan penipuan. Umumnya yang pertama ialah tawaran aset kripto dari pengembang yang hanya menitikberatkan pada lonjakan harga, tanpa memperhatikan kegunaan koin tersebut.

Kamu juga perlu berhati-hati apabila mendapat tawaran aplikasi bisnis perdagangan untuk mengumpulkan dana ya. Pengembang aset bisa saja meninggalkan proyek dan sewaktu-waktu membawa lari uang dari investor. Kejahatan juga bisa terjadi dengan adanya pencurian aset melalui toko fisik.

Tawaran Koin Metaverse Ilegal

Maraknya tren mata uang kripto mengundang antusiasme para investor. Namun, kamu perlu berhati-hati karena ada saja entitas kripto ilegal yang beredar di pasaran.

Entitas kripto ilegal ini biasanya tidak punya izin resmi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti. Aset kripto dengan iming-iming hasil yang begitu menggiurkan juga perlu kamu hindari. Ada juga konsep member get member atau skema pemasaran berjenjang yang perlu kamu hindari.

Berbagai Pilihan Koin Metaverse

Berikut adalah beberapa pilihan koin metaverse yang bisa kamu jadikan pilihan:

Decentraland (MANA)

Koin metaverse MANA bisa kamu gunakan untuk transaksi pada platform Decentraland. Decentraland sendiri hadir pada tahun 2017 dengan fokus pada properti dan lahan, dibawah ekosistem Ethereum.

Kamu bisa beli tanah atau lahan untuk investasi, membangun gedung, memasang iklan dan lainnya. Dilansir dari CNBC Indonesia, performa token MANA dianggap sangat impresif karena sudah naik hingga 4.000% di sepanjang tahun 2021. 

Axie Infinity (AXS) 

Koin berikutnya hadir dari Axie Infinity (AXS), sebuah game NFT dari perusahaan Vietnam bernama Sky Mavis. Untuk mendapatkan token Axie Infinity, kamu perlu memainkan game untuk mendapatkan keuntungan dari setiap misi yang terselesaikan. 

Axie Infinity (AXS)
Foto oleh restofworld.org

Setiap memenangkan pertarungan, kamu akan mendapatkan sejumlah koin kripto bernama Smooth Love Potion (SLP). Terinspirasi dari game Pokemon, game ini punya fitur breeding pada karakter yang kamu punya. Di kemudian hari, kamu bisa menjual kembali karakter game dengan harga yang lebih tinggi.

The Sandbox (SAND) 

SAND merupakan token dari platform The Sandbox yang dapat digunakan untuk memfasilitasi transaksi virtual. Koin ini berfokus dalam user-generated metaverse seperti game Roblox. SAND telah mengalami penguatan lebih dari 600% sejak Facebook melakukan rebranding menjadi Meta.

Coin Sand dari The Sandbox
Foto oleh Coincierge.de

Koin ini juga telah meningkat sebanyak 25% setelah adanya kemitraan atara Adidas dan The Sandbox. Kamu bisa jadikan Sandbox SAND sebagai alat tukar barang, layanan, dan juga sebagai pilihan investasi digital yang menguntungkan.

Enjin Coin (ENJ)

Enjin merupakan perusahaan game blockchain yang menawarkan pengalaman play-to-earn yang saling terkoneksi. Token ini dibuat di jaringan Ethereum yang tidak hanya bertindak sebagai mata uang kripto, namun juga dapat dipakai sebagai kontrak pintar.

Enjin Coin ini dibuat untuk menjadi mata uang kripto yang bisa digunakan pada industri dan diintegrasikan ke dalam komunitas game. Harapannya, biaya tinggi dan penipuan saat melakukan transaksi online dapat berkurang.

koin metaverse enjin
Foto oleh Enjin

Somnium Space (CUBE)

Somnium Space merupakan platform open source VR atau ruang dengan sifat terbuka untuk umum. Mirip dengan Decentraland, kamu bisa membeli berbagai aset di Somnium Space ini.

Mata uang CUBE digunakan dalam platform Somnium Space untuk membeli properti, tanah digital, dan lain-lain. Koin metaverse yang satu ini juga menunjukkan perkembangan yang signifikan dari waktu ke waktu.

Gala Games (GALA)

Perusahaan game blockchain ini didirikan oleh Eric Schiermeyer pada Juli 2019 lalu. Perusahaan ini menggabungkan non-fungible token dengan blockchain. Hal ini dilakukan guna mewujudkan platform trading yang juga dilengkapi aset game berskala global.

GALA sendiri merupakan token utilitas asli platform yang digunakan untuk mengatur jaringan hingga in-game reward bagi para pemain. Kamu juga bisa melakukan transaksi dengan token GALA ini untuk membeli aset virtual.

Berfokus pada blockchain, Gala ingin memberikan kesempatan pada pemain untuk bebas berkreasi dalam membuat NFT sendiri saat bermain game. Pada April 2022 lalu, harga GALA mencapai Rp6.674 dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp46,5 triliun.

High Street Games (HIGH)

Permainan Highstreet memiliki karakteristik unik karena bersifat hybrid. Kapitalisasi pasar dari koin HIGH mencapai Rp 87 triliun pada April 2022.

Model hybrid pada High Street Game menggabungkan permainan fisik dan digital. NFT juga memiliki peran penting pada platform ini ya.

Pada platform ini, kamu juga bisa beli barang fisik, lho. Pilihan ini bisa menjadi solusi atas masalah likuidasi yang kerap dihadapi para pemegang coin.


Berdasarkan informasi di atas, apakah kamu tertarik dengan metaverse? Mengingat metaverse adalah inovasi yang masih tergolong baru, kamu bisa manfaatkan tren ini sebagai lahan investasi masa depan.

Sebagai pengguna, tentu kamu perlu informasi yang lebih sebelum terjun ke dalam metaverse untuk bisa ikut bermain dan menikmati teknologi canggih. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang metaverse, kamu bisa baca informasi selengkapnya di smarteye.id, ya!

Informasi Lengkap Seputar Koin Metaverse untuk Transaksi dan Investasi

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.