Tata Cara Menggunakan VR di Android untuk Pecinta Gadget

Tata Cara Menggunakan VR di Android untuk Pecinta Gadget

Apakah kamu gemar menonton film maupun video di internet? Atau kamu ingin merasakan pengalaman bermain game yang berbeda dari biasanya? Dengan kecanggihan virtual reality (VR), kamu bisa wujudkan hal ini!

Virtual reality (VR) sendiri merupakan simulasi visual berbasis 3 dimensi yang mengajakmu masuk ke dunia virtual. Kamu bisa merasakan pengalaman ini dengan berbagai perangkat VR termasuk melalui ponsel Android. Bagaimana caranya?

Kali ini, smarteye.id akan membahas cara menggunakan VR pada perangkat ponsel Android. Untuk kamu pada penguna Android, tentu artikel ini tidak boleh kamu lewati. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Penjelasan Singkat Mengenai Virtual Reality (VR)

Istilah virtual reality (VR) sebenarnya sudah banyak dijumpai seiring dengan perkembangan teknologi dari waktu ke waktu. Virtual reality juga identik dengan konten-konten gaming yang seru. Untuk kamu yang masih awam dengan istilah ini, virtual reality dapat diartikan sebagai inovasi yang mampu menghadirkan visual 3 dimensi dan membawa pengguna ke dalam dunia semu hasil simulasi komputer yang seakan nyata.

Fungsi virtual reality cukup beragam dan penggunaanya dapat dijumpai di berbagai industri, mulai dari industri hiburan, pendidikan, bisnis, hingga medis. Karena manfaat virtual reality yang beragam, akses terhadap inovasi ini juga semakin dipermudah agar lebih banyak lagi pengguna yang bisa merasakan keseruannya. Virtual reality bisa diakses melalui smartphone Android maupun iOS ya.

Lihat juga: “We Met in Virtual Reality, Film Virtual Reality yang Wajib Kamu Tonton!”

Penggunaan Virtual Reality di Berbagai Perangkat

Virtual reality dapat diakses melalui beberapa tipe perangkat, berikut penjelasannya:

VR Website

Hanya melalui browser dari laptop atau ponsel pintar, kamu sudah bisa mendapatkan akses VR yang paling mendasar melalui website. Kamu bisa kunjungi web browser yang kompatibel dengan perangkat headset VR dan pastikan koneksi internetmu lancar ya. Namun, firtur-fitur VR website biasanya cukup terbatas dan lebih sederhana.

Standalone VR

Headset VR standalone dikenal juga dengan sebutan headset VR all-in-one. Tipe perangkat ini bisa terhubung secara nirkabel dengan bawaan prosesor layar dan baterai internal. Hanya dengan perangkat ini saja, kamu sudah bisa merasakan pengalaman vitual reality yang menakjubkan tanpa perlu perangkat komputer tambahan ya.

Headset VR Mobile

Headset VR mobile menggunakan lensa yang bisa mengubah smartphone menjadi perangkat VR. Umumnya, harga perangkat ini relatif lebih murah ya. Kamu tak lagi memerlukan kabel karena ponsel yang akan melakukan pemrosesan pada tipe headset ini. Cukup siapkan perangkat ponsel berbasis iOS atau Android yang kompatibel ya!

Bagaimana Cara Mengggunakan VR di Android?

Kalau kamu masih asing dengan konten virtual reality di perangkat smartphone Android, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk aktifkan VR pada Android:

Siapkan Perangkat yang Kompatibel

Tak hanya sembarang smartphone Android, ada beberapa perangkat ponsel lama yang tidak lagi bisa terkoneksi dengan virtual reality. Dengan ponsel model lama, kamu tidak bisa mendapatkan pengalaman memukau yang menyeluruh.

Kejernihan layar dan fitur lainnya tentu akan mempengaruhi pengalamanmu. Jika ponselmu memiliki sensor Gyroscope, hal ini lebih baik lagi karena bisa berfungsi sebagai tracking head dan sensor kontrol.

Selain perlu perhatikan model ponsel, kamu juga perlu cek kembali ukuran ponsel dengan headset virtual reality yang kamu ingin gunakan. Pastikan ukuran ponsel dan headset kompatibel. Jangan sampai membeli headset yang tidak pas dengan smartphone ya.

Koneksikan Headset VR dengan Smartphone

Perangkat headset virtual reality menjadi komponen penting dalam menikmati konten virtual. Tanpanya, kamu tidak bisa menikmati video maupun bermain game. Kamu bisa koneksikan ponsel dengan headset dengan berbagai cara termasuk memakai clip, koneksi langsung, atau menyelipkannya pada headset.

Jika sudah terkoneksi dengan baik, kamu bisa pastikan headset sudah terpasang dengan nyaman di kepala. Sesuaikan jarak perangkat dengan mata untuk nikmati konten secara maksimal. Apabila layar masih buram, kamu bisa sesuaikan dengan coba putar video VR terlebih dahulu.

Download Aplikasi VR Pilihan

Tanpa aplikasi virtual reality, kamu tidak bisa menikmati konten VR ya. Kamu juga perlu perhatikan perangkat headset yang kamu gunakan. Pasalnya, konten VR tertentu hanya kompatibel dengan perangkat headset pilihan saja.

Perangkat VR untuk Android

Google Cardboard

Headset virtual reality Google Cardboard dikembangkan oleh Google sebagai salah satu upaya meningkatkan minat masyarakat dalam pengembangan aplikasi VR. Google menyajikan pengalaman virtual yang sederhana dan terjangkau namun tetap menyenangkan. Secara sederhana, Google Cardboard adalah kotak kardus yang bisa dipasang di kepala, lengkap dengan lensa fokus 45mm.

Alat ini kompatibel dengan perangkat Android dan juga menyertakan tag NFC. Tag NFC berguna untuk mendukung aplikasi pembayaran digital secara contactless. Dengan begitu, Google Cardboard bisa meluncurkan aplikasi VR dengan cepat.

Google Virtual Reality Android
Foto oleh Augmented Reality Indonesia

Dengan Google Cardboard, kamu bisa menonton video dengan tampilan 360 derajat. Tak hanya itu, kamu juga bisa menangkap gambar saat menonton konten virtual. Sebagai contoh, kamu bisa buka Google Earth untuk pengalaman jalan-jalan virtual yang lebih nyata.

Sebenarnya, kamu bisa membuat Google Cardboard sendiri menggunakan komponen yang terjangkau, mengikuti spesifikasi dari Google. Namun, Google juga sudah menyediakan paket manufacturer kit yang sudah lengkap dengan lensa, garis die-cut, kardus bawaan, dan juga instruksi yang mendetail. Komponen-komponen yang kamu perlukan sudah tersedia, cukup ikuti petunjuknya saja.

Oculus Quest 2

Perangkat ini merupakan salah satu headset VR yang terkenal. Sistem yang intuitif serta adanya fitur sound system sinematik 3 dimensi membuat perangkat ini banyak diminati. Kamu bisa gunakan headset Oculus Quest 2 untuk bermain game maupun streaming konten secara maksimal.

Sebenarnya, perangkat ini tidak didesain khusus untuk perangkat smartphone. Namun, headset Oculus Quest 2 kompatibel dengan smartphone Android. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Oculus dan bisa langsung menikmati konten VR.

Samsung Gear VR

Samsung Gear VR masuk dalam jajaran perangkat headset VR terbaik untuk smartphone. Desain perangkat ini ringan dan nyaman dipakai, bahkan untuk para pengguna kacamata sekalipun. Kamu bisa langsung sematkan ponsel pada headset untuk menikmati konten virtual.

Perangkat Virtual Reality Samsung Gear VR
Foto oleh Samsung

Merge AR/VR Headset

Perangkat headset yang satu ini bisa digunakan oleh anak kecil. Desainnya khusus dibuat untuk pengguna mulai dari usia 10 tahun. Oleh karena itu, headset virtual reality ini cocok dipakai untuk menikmati konten edukasi.

Untuk memakai headset ini, kamu perlu memiliki perangkat smartphone Android dengan dukungan sistem operasi mulai dari Android 8. Untuk model ponselnya sendiri, perangkat ini dapat didukung mulai dari smartphone Android Galaxy S8 dan jajaran perangkat terbaru Android setelahnya. Si kecil bisa menikmati konten edukasi luar angkasa hingga pembelajaran tentang makhluk hidup.

VR Box 2

Perangkat VR Box 2 juga termasuk salah satu alat yang bisa membawamu ke dalam dunia virtual. Meski dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, kualitas perangkat ini cukup baik untuk menonton film dan bermain game. VR Box 2 menggunakan sistem sliding yang memudahkan kamu menempatkan ponsel pada slide tray. Sayangnya, perangkat ini sudah jarang ditemui di pasaran karena produksinya sudah diberhentikan.

Aplikasi VR di Android

Ada banyak pilihan aplikasi VR yang bisa kamu gunakan dari ponsel Android. Mulai dari aplikasi game, aplikasi menonton film, hingga aplikasi edukasi. Berikut beberapa pilihan aplikasi VR yang bisa kamu coba dari perangkat Android:

Google Daydream

Aplikasi VR dari Google ini menawarkan berbagai konten virtual reality yang menarik. Kamu bisa telusuri banyak koleksi video dan games di sini. Kamu tak perlu takut bosan karena konten virtual reality Google Daydream terus diperbaharui.

Titans of Space

Virtual reality dapat membawamu berkelana ke mana saja, termasuk luar angkasa. Titans of Space menyediakan tur singkat untuk menjelaskan berbagai planet dan benda ruang angkasa lainnya. Aplikasi ini bisa kamu pakai dengan perangkat Google Cardboard ya.

InCell VR

Aplikasi game berbasis edukasi InCell VR cocok untuk anak-anak yang ingin belajar seputar tubuh manusia. Aplikasi ini membawa pemain seolah masuk ke dalam tubuh manusia, mempelajari cara kerja tubuh, dan komponen biologis yang ada di dalamnya. Tak hanya menyenangkan, konten virtual reality ini juga edukatif.

Minos Starfighter VR

Virtual reality erat dengan konten gaming yang seru. Nah, aplikasi Minos Starfighter cocok untuk para gamers karena menawarkan pengalaman bermain di luar angkasa. Kamu akan berperan sebagai pilot melawan alien di lingkungan luar angkasa yang realistis. Terdengar menarik bukan?

Netflix VR

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan platform online streaming Netflix ya. Tambah keseruan menonton film dan series kesukaan dengan aplikasi Netflix VR. Kamu diajak seolah menonton Netflix di ruang keluarga bergaya rustic.

cara menggunakan vr di android
Foto oleh VR Station

Tak hanya itu, ada juga fitur yang bisa menggerakkan konten searah dengan gerakan matamu. Aplikasi ini bisa berfungsi dengan dukungan headset VR seperti Oculus, Daydream, dan Google Cardboard. Coba sensasi nonton Netflix yang berbeda dengan VR, yuk!

Altspace VR

Selain menyajikan konten hiburan dan edukasi, ada juga aplikasi virtual reality yang dapat menunjang pekerjaanmu, lho! Altspace VR menawarkan fitur rapat virtual, live streaming, acara virtual, dan sejenisnya. Para pengguna yang hadir di ruang kerja virtual ini perlu terkoneksi dengan headset VR seperti Vive, Oculus, maupun Gear VR.

Aplikasi ini tentu sangat bermanfaat dan marak digunakan setelah adanya pandemi COVID-19 di awal tahun 2020 lalu. Kamu bisa gunakan aplikasi ini saat remote working dan tetap terhubung dengan rekan kerja di mana saja secara real-time. Tak hanya bekerja bersama, kamu juga bisa menonton film bersama rekan kerja.

VR Cinema

Dapatkan pengalaman menonton film kesayangan dengan aplikasi VR Cinema untuk Android. Kamu bisa upload file film berkualitas HD dalam format mp4. Aplikasi ini akan membawamu ke dalam pengalaman menonton yang realistis degan tampilan video VR 360 derajat.

Plex VR

Kalau kamu punya ponsel Android yang kompatibel dengan headset Daydream, kamu bisa coba aplikasi Plex VR. Aplikasi ini menjadi all-in-one platform untuk semua konten multimedia seperti video, musik, foto, dan file digital lainnya yang kamu punya. Plex VR mulanya hanya bisa diakses dari smart TV dan ponsel biasa, kini sudah bisa terkoneksi dengan VR.

Aplikasi ini menyediakan ruang khusus untuk mengakses media dan menyajikannya dalam pengalaman virtual reality. Lingkungan digital dibuat cukup interaktif dengan pilihan tampilan drive-in theater, apartemen, hingga ruang gelap yang disebut dengan ‘The Void”. Tak hanya menonton sendiri, kamu juga bisa ajak 4 temanmu untuk hang-out bersama dalam ruang virtual ini.


Bagaimana, apakah kamu sudah paham cara menikmati konten virtual reality di ponsel Android? Pengalaman VR bisa ditingkatkan dengan membeli perangkat headset VR canggih yang sesuai dengan budgetmu. Dengan fitur perangkat kelas atas, kamu tentu bisa menonton video atau bermain game dengan lebih lancar dan seru ya.

Sebagai pengguna, kamu juga perlu bijak saat menggunakan teknologi seperti virtual reality. Jangan lupa untuk istirahatkan mata apabila kamu sudah bermain game VR terlalu lama. Kalau kamu tertarik dengan informasi seputar perangkat VR, aplikasi VR, dan inovasi teknologi lainnya, kamu bisa baca di smarteye.id dengan klik di sini ya!

Tata Cara Menggunakan VR di Android untuk Pecinta Gadget

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.