Dunia pendidikan tak pernah luput dari perhatian banyak orang. Selain karena menjadi kebutuhan, pendidikan, khususnya di Indonesia juga punya banyak problema. Mulai dari kurikulum, kualitas pengajar, fasilitas pendidikan, hingga teknologi. Pada kesempatan kali ini kita akan banyak membahas tentang beberapa contoh augmented reality pada bidang pendidikan.

Sebelum Membahas Contoh Augmented Reality Pendidikan, Apa itu Teknologi Augmented Reality?

marvel.com

Sebagaimana hakikatnya, teknologi dapat memudahkan hidup manusia. Tak terkecuali teknologi augmented reality. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan tampilan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara realitas dalam waktu nyata. Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Teknologi yang berbasis video dan animasi ini membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih hidup. Sudah banyak contoh augmented reality pendidikan. Apa saja ya?

Lihat juga: Begini Cara Penggunaan AR untuk Pembelajaran Siswa

1. Melihat Berbagai Jenis Atom

sciencing.com

Tidak semua benda atau fenomena alam semesta bisa kita lihat. Apalagi jika benda-benda itu berukuran sangat kecil seperti atom. Dalam mata pelajaran kimia, atom biasanbya hanya digambarnya dengan gambar 2 dimensi yang statis. Dengan teknologi augmented reality, atom dan berbagai konfigurasinya bisa disimulasikan dengan lebih nyata.

Proses terbentuknya atom hingga perjalanannya menyatu atau memisah dengan atom lain. Siswa dapat dengan mudah bereksperimen dengan atom-atom tersebut. Tentu pemahaman siswa jauh lebih baik dan dalam dengan fasilitas pembelajaran berteknologi tinggi. Inilah salah satu contoh augmented reality pendidikan

2. Proyeksi Bumi dan Antariksa

eurekabookhouse.co.id

Mungkin Anda masih ingat saat SD dulu ada alat peraga yang memproyeksikan tata surya yang terdiri dari matahari dan planet-planet lainnya. Bentuknya sederhana, hanya sekumpulan boda berbeda ukuran, dan punya jarak dan garis orbit sendiri.

Sayangnya, alam semesta sungguhan tidak sesimple itu. Selain planet masih ada benda-benda langit lain yang beredar. Teknologi AR akan membuat imajinasi siswa tentang alam semesta lebih hidup dan mudah dipahami. Benda-benda langtit lainnya pun mudah didapatkan.

Lihat juga: Penggunaaan Teknologi AR pada film Ironman

3. Pemutaran Film dengan Menggunakan AR

foto by unpsplash

Contoh augmented reality pendidikan lainnya adalah pemutaran film dan video edukatif. Video-video atau film yang menggunakan augmented reality memberikan visual yang lebih menggugah. Kualitas gambar dan audio dapat memicu pentonton untuk merasakan pengalaman yang lebih nyata.

Penasaran? Coba terapkan video AR di kelas dan rasakan bedanya

4. Contoh Augmented Reality Pendidikan: Anatomi Makhluk Hidup

pexels.com

Dahulu mengenalkan anatomi makhluk hidup menggunakan papan 3 dimensi berbentuk relief. Kini, kita bisa menggunakan media berbasis AR untuk menjelaskan peran dari masing-masing organ tubuh. Tentu, teknologi AR mampu memberikan gambaran yang lebih nyata, organ yang bergerak, makanan yang sedang diproses oleh lambung, hingga proses pernafasan di paru-paru.

Jadi, tak cuma bentuknya yang 3 dimensi, tapi visualisasi nyata akan mendorong siswa lebih memahami proses, sehingga tidak menghafal fungsi, letak, hingga peran masing-masing organ. Inilah contoh augmented reality pendidikan yang dapat memberikan sentuhan baru dalam dunia pendidikan.

5. Topologi Jaringan Komputer

image by Pexels.com

Sudah banyak sekolah vokasi yang memanfaatkan untuk menjelaskan pada peserta didik tentang topologi jaringan komputer. Penerapan ini penting mengingat komponen jaringan komputer yang rumit mampu dijelaskan dengan sederhana dan diurai secara mandiri. Siswa akan lebih cepat paham tanpa harus mengulang penjelasan berkali-kali.

6. Geometri

Memang, untuk masalah geometri bisa diperagakan dengan alat peraga sungguhan. Mungkin dari kawat, kertas, atau kayu. Namun, teknologi AR dapat melengkapi itu semua hanya dalam satu perangkat. Kerangka kubus misalnya, bisa langsung diberi selimut, maka akan menjadi kubus penuh,

Setelah menjadi kubus pun, siswa bersimulasi membongkar kubus. Selanjutnya mereka bisa menghitung luas permukaan/selimut kubus tersebut. Tentu penggambaran dengan augmented reality memudahkan siswa sehingga mereka tidak perlu membayang-bayangkan bentuk, isi, dan kerangka bentuk-bentuk geometri

7. Cerita Sejarah Atraktif 3 Dimensi

pexels.com

Sudah jamak dianggap bahwa pelajaran sejarah kerap membosankan. Guru sejarah yang seringkali hanya bercerita secara lisan tentang berbagai peristiwa di masa lalu. Parahnya lagi, siswa justru menerima sejarah sebagai pelajaran menghafal tanggal-tanggal serta tokoh-tokoh penting.

Paradigma belajar sejarah seperti itu harus diubah. Sejarah harus menjadi mata pelajaran yang menjadi sumber pedoman nilai luhur kehidupan berbangsa. Masa lalu ada untuk menjadi pembelajaran kita di masa kini, bukan sekadar untuk dihafal tanggal dan pelakunya,

Dengan teknologi augmented reality, peristiwa sejarah mampu dihidupkan kembali dengan lebih atraktif. Tentu ini lebih menarik ketimbang hanya mendengar cerita lisan dari guru. Bayangkan, jika peristiwa proklamasi dapat divisualisasikan dengan augmented reality. Tentu, siswa dapat memahami setiap detil, tanggal peristiwa, serta pelaku sejarah tanpa harus menghafalkannya

8. Pendidikan Kedokteran

image by voaindonesia.com

Contoh augmented reality pendidikan selanjutnya adalah pada pendidikan kedokteran. Banyaknya praktek yang harus dilakukan oleh calon-calon dokter menuntut mereka punya teknologi yang dapat memfasilitasi hal ini. Dalam keadaan normal, mereka bisa datang ke lab dan praktik bersama pengajar. Kini, dalam kondisi pandemi, pembatasan menuntut mahasiswa harus belajar di rumah. Belajar praktik bedah dengan augmented reality makin jadi kebutuhan.

Selain lebih aman, simulasi operasi bedah misalnya, bisa dilakukan berulangkali. Hal ini akan mengurangi potensi kesalahan atau malpraktik saat mereka jadi dokter kelak. Practice make perfect patut disematkan untuk augmented reality pendidikan kedokteran. Di luar kondisi pandemi pun, praktik pendidikan kedokteran seperti ini masih diperlukan agar dapat mencetak calon dokter yang kemampuannya sangat mumpuni.

Itulah berbagai contoh augmented reality pendidikan. Keberadaan teknologi ini mampu membuat siswa semakin paham tema yang disampaikan oleh pengajar. Semoga ke depan fasilitas canggih berteknologi tinggi mampu meningkatkan kualitas pendidikan di  Indonesia.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.