Contoh AR dan VR Yang Diterapkan di Dunia Otomotif

Contoh AR dan VR Yang Diterapkan di Dunia Otomotif

Daftar Contoh AR dan VR di Dunia Otomotif Untuk Kamu!

Setiap tahunnya, dunia otomotif mengalami perubahan yang cepat. Berbagai inovasi telah diciptakan dalam industri ini. Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) juga banyak diterapkan dalam dunia otomotif. Misalnya seperti desain model kendaraan, prototipe, proses pengembangan produk dan jasa, maupun training

Penggunaan AR dan VR di dalam industri otomotif membuat industri ini semakin atraktif, dan menarik lebih banyak pengguna untuk mencobanya. Berikut informasi yang bisa kamu ketahui contoh AR dan VR di dunia otomotif. 

Baca juga: 9 Contoh dan Penerapan Virtual Reality di Indonesia! 

Virtual Auto Showroom 

Contoh AR dan VR di dunia otomotif diterapkan melalui Virtual Auto Showroom. Dengan teknologi VR, kamu dapat melihat-lihat kendaraan yang kamu suka secara virtual. Pastinya pengalaman yang diberikan sangat imersif dan seperti datang langsung ke showroom mobil maupun motor. 

Penerapan virtual auto showroom ini diterapkan oleh banyak brand besar otomotif, salah satunya yaitu Mercedes-Benz. Teknologi ini diterapkan di beberapa lokasi pameran mereka seperti Dubai, Lebanon, dan Bahrain.

Sehingga, kamu dapat melihat model mobil, spek maupun informasi lengkap mengenai mobil secara virtual, lho! Sangat menarik bukan?

Virtual Test Drive  

vr ar otomotif
Photo by Behance

Selain showroom, contoh VR di dunia otomotif diterapkan dengan Virtual Test Drive. Sekarang kamu dapat menguji coba berbagai kendaraan hanya dari rumah saja. Beberapa brand menawarkan pengalaman ini dengan fitur yang berbeda. 

Kamu bisa melakukan uji kendaraan menggunakan VR Headset dan controller steering wheel dengan smartphone. Nah, salah satu brand otomotif yang telah menerapkan teknologi ini adalah Honda

Untuk bisa mencoba virtual test drive, caranya sangat mudah! Kamu cukup melakukan pendaftaran melalui website resmi Honda, setelah itu kamu bisa memilih mobil yang ingin dicoba. Bagaimana? Tertarik untuk coba?

Pemeliharaan & Manufaktur dengan AR

Tidak hanya melalui teknologi VR saja, teknologi AR juga diterapkan di dunia otomotif. Salah satunya melalui AR Maintenance. Teknologi AR dapat meningkatkan operasi manufaktur pengembangan produk kendaraan. 

Melalui teknologi AR dalam dunia otomotif berupa aplikasi, pengguna dapat mengidentifikasi mesin maupun peralatan yang perlu dipelihara secara rutin. Fitur lainnya, pengguna juga dapat mempelajari fungsi maupun komponen yang terdapat pada suatu kendaraan. Tidak hanya itu, teknologi AR juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui cara mengganti oli pada kendaraan mereka.

Salah satu contoh AR dan VR di dunia otomotif yang satu ini tentu sangat memudahkan pengguna untuk memelihara kendaraan. Mereka juga dapat memahami cara perawatan kendaraan tanpa harus datang ke bengkel. 

AR maintenance juga memiliki bentuk, fungsi maupun fitur yang berbeda-beda. Pada penjelasan sebelumnya, AR maintenance ditujukan untuk pelanggan. Namun, teknologi ini juga ditujukan untuk operasional bisnis perusahaan tersebut. 

Salah satu perusahaan yang telah menggunakan teknologi ini adalah BMW. BMW diketahui mengembangkan teknologi AR untuk melakukan rekayasa prototipe pada kendaraan mereka.

Sistem ini digunakan oleh para desainer mobil mereka dengan pelacakan berbasis komputer melalui kacamata AR. Sehingga, para desainer mobil melakukan modifikasi maupun kendaraan secara 3D dengan kacamata AR tersebut.

Virtual Training untuk Pekerja Otomotif 

Contoh AR VR Training
Photo by Augmented & Virtual Reality

Contoh penerapan AR dan VR di dunia otomotif yaitu melalui Virtual Training. Teknologi VR ini telah banyak digunakan oleh perusahaan otomotif dalam melatih para mekanik. Penerapan ini sangat memudahkan proses pelatihan otomotif yang kompleks.  

Biasanya para mekanik, mengikuti pelatihan virtual untuk membenahi suku cadang maupun mesin kendaraan yang rusak. Dengan pelatihan virtual, perusahaan otomotif dapat lebih efisien dalam biaya pelatihan. Mereka juga dapat meminimalisir tingkat kerusakan logistik yang dibutuhkan selama pelatihan. 

Salah satu brand mobil yang menerapkan virtual training yaitu Audi. Proses pelatihan kerja mereka ditujukan untuk para staf logistik. Mereka menggunakan VR Headset HTC Vive dan controllers dalam pelatihan virtual 

Lihat juga: Visualisasi Produk Otomotif Dengan AR, Tak Perlu Ke Showroom!


Nah, berikut beberapa contoh AR dan VR di dunia otomotif. Masih banyak lagi penerapan teknologi AR dan VR pada dunia otomotif yang dikembangkan. Pastinya penerapan yang dilakukan memiliki kegunaan yang berbeda-beda dengan menyesuaikan kebutuhan. 

Teknologi AR dan VR sangat memberi pengaruh besar dalam industri ini, baik untuk pengembangan produk maupun untuk mengembangkan jasa. Tentunya, teknologi ini dapat digunakan dalam banyak industri untuk memberikan pengalaman yang menarik dan berbeda.

Kamu juga bisa menerapkan teknologi AR VR untuk kebutuhan bisnis kamu, lho! smarteye.id sebagai penyedia jasa AR VR terbaik dapat mewujudkannya. Ayo konsultasikan idemu! 

Contoh AR dan VR Yang Diterapkan di Dunia Otomotif

Margaret Wuwur

Besides analyzing data, data, data. Sometimes I write too, somewhere and sitting on a black chair.