Merebaknya virus COVID-19 yang sudah menjadi pandemi, membuat banyak perusahaan mencari contoh event online di Indonesia yang menarik untuk diterapkan. Tapi disini Smarteye juga menambah ulasan event online di Luar Negeri untuk referensi yang lebih luas.

Contoh Event Online di Indonesia

Sudah diperkirakan akan ada banyak acara pameran yang diselenggarakan secara virtual pada tahun 2021. Walaupun begitu, ada salah satu perusahaan besar yang telah mempersiapkan tempat untuk melakukan event virtual.

Trans Studio

Trans Studio contoh virtual event indonesia
Source: Tribun Travel

Dikarenakan tidak dapat beroperasi karena pandemi, Trans Studio sekarang menyediakan jasa event online atau disebut virtual event. Di dalam Trans Studio, sudah tersedia fasilitas LED, sound system, kamera, lighting, panggung dan tim lengkap sehingga event online Anda akan berjalan dengan baik. Kedua cabang Trans Studio yaitu Trans Studio Cibubur dan Bandung, telah siap sehingga penyelenggara tidak perlu repot lagi.

Karena pengunjung tidak dapat datang dan melihat penawaran secara langsung, maka virtual EO harus lebih kreatif dalam mempresentasikan produk yang dijual. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat virtual booth. 

Wisuda Online

contoh virtual event indonesia wisuda online
Source:iStock

Walaupun wisuda online baru berjalan beberapa bulan, jangan khawatir. Virtual event organizer Indonesia tidak kalah kok dengan EO yang ada di luar negri! Banyak universitas yang telah melaksanakan wisuda online dan dapat berjalan dengan baik berkat bantuan virtual EO.

Universitas Airlangga baru-baru ini melaksanakan wisuda online—namun lulusan terbaik diundang langsung ke gedung tempat rektor dan dosen menyebutkan nama mahasiswa satu persatu. Dalam wisuda online tersebut, terlihat ada beberapa EO yang membantu kelancaran jalannya wisuda.

Contoh Event Online di Luar Negeri

Baik di luar di negeri maupun di Indonesia, ternyata sudah banyak perusahaan yang melakukan acara virtual event semenjak terjadinya pandemi pada bulan Maret 2020 lalu. SaaStr Annual, Venture Cafe, dan Penguin Strategies merupakan tiga dari banyak perusahaan yang telah beralih dari offline ke online. Kira-kira, apa saja contoh event online di luar negeri?

SaaStr Annual

saastr annual contoh virtual event indonesia
Source: The 2Checkout Blog

SaaStr Annual adalah salah satunya. SaaStr Annual merupakan acara konfrensi SaaS (Software as a Service) paling besar di dunia. Tiap kali acara ini diadakan ada total 50.000 direktur dan CEO yang mengikuti atau datang ke acara ini. Untuk tahun ini, karena tak memungkinkan menggelar acara secara online, SaaStr Annual membuat virtual event yang berisi 200 acara live streaming.

Acara ini diisi oleh berbagai CEO dan pemimpin dari berbagai macam perusahaan diseluruh dunia. Tak hanya menonton live streaming, para peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan networking antar perusahaan.

Venture Cafe

contoh virtual event indonesia venture cafe
700Source: Venture Cafe

Sebelum adanya pandemi, sebetulnya sudah mulai banyak virtual event mengingat teknologi yang semakin hari semakin berkembang. Semenjak tahun 2010 sudah mulai ada acara-acara online seperti kelas atau workshop online. Tak ketinggalan, Venture Cafe adalah salah satu perusahaan yang memulainya pada tahun 2010.

Dalam acara online ini, semua peserta dapat melakukan networking secara gratis dan juga ada sesi belajar atau seminar. Bahkan untuk pengusaha kecil, Venture Cafe memberi kesempatan bagi mereka untuk melakukan pitching ide-ide mereka kepada para peserta acara.

Penguin Strategies

penguin strategies contoh virtual event indonesia
Source: NDash

Penguin Strategies merupakan salah satu perusahaan yang melakukan perubahan acara secara mendadak. Perusahaan ini berencana menggelar pameran teknologi pada Maret 2020 kemarin. Namun karena pandemi, mereka mengubah konsep acara menjadi 100% online hanya dalam waktu 3 minggu saja. Walaupun begitu, perubahan ini bisa dibilang sukses karena dapat menggaet 1.000 peserta.

Menurut CMO Penguin Strategies, Shoham Eckhaus, marketing sangat berpengaruh pada kesuksesan sebuah virtual event. Selain itu, ia juga berpendapat bahwa 4 faktor penting yang dapat menentukan suksesnya sebuah acara. Menyampaikan topik pada saat yang tepat, membagikan konten high quality dari para ahli di bidangnya, tetap focus, dan memperbolehkan para influencer berbagi dengan para peserta merupakan 4 hal yang paling penting menurut Shoham Eckhaus.

Sederet event online dan virtual event juga banyak menerapkan teknologi interaktif, seperti green screen, AI, AR, dan VR Interactive.

Apa Itu VR Interactive?

VR atau virtual reality adalah sebuah alat yang bisa membawa seseorang ke dunia virtual. Tak harus menggunakan headset VR, sekarang teknologi virtual reality dapat dinikmati melalui device seperti smartphone dan laptop saja. Inilah yang disebut sebagai VR interactive.

Di dalam dunia virtual, seseorang dapat melakukan penjelajahan. Entah mempelajari spesifikasi suatu hal, atau mencoba hal tersebut secara virtual. Bahkan teknologi ini dapat digabung dengan AR interactive, sehingga akan menghasilkan mixed reality.

Berbeda dengan VR, AR interactive atau augmented reality memperbolehkan pengguna mengubah sesuatu secara virtual. Tetapi, perubahan ini hanya dapat dilihat dari layar smartphone saja, tidak benar-benar berubah dalam dunia nyata.

Jika ini diterapkan pada booth virtual, tentu calon pembeli akan merasa jauh lebih tertarik ketimbang hanya membaca spesifikasi suatu produk. Voice over atau pengisian suara juga dapat ditambahkan pada VR interactive sehingga perusahaan tidak perlu repot menjelaskan secara live. Dengan begini, calon pembeli akan mendapatkan informasi lebih jelas lagi.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggunakan jasa virtual event untuk perusahaan Anda? Banyak perusahaan sudah mulai memakai jasa virtual event kami, seperti Perusahaan Property, Entertainment, sampai ke Pemerintah. Untuk informasi lebih lanjut, silakan konsultasi secara gratis dengan SmartEye!

[Ditulis oleh Toska Dhia A.]

[Editor oleh Giska Adilah S.S]

Sumber Artikel: App Scoop

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.