Manfaatkan Teknologi, Ini 7 Contoh Event Online Menarik Yang Bisa Kamu Coba!

Manfaatkan Teknologi, Ini 7 Contoh Event Online Menarik Yang Bisa Kamu Coba!
Contoh Event Online Menarik untuk Mahasiswa, Ini 6 Diantaranya!

Dua tahun terakhir membawa perubahan yang tidak disangka dalam seluruh aspek kehidupan. Pandemi mengubah banyak aspek, salah satu aspek yang terkena dampaknya secara nyata adalah cara kita berinteraksi dan bersosialisasi dengan satu sama lain.

Hal-hal yang biasanya bisa kita lakukan langsung dengan bertatap muka sebelum pandemi, kini bergeser dan dilakukan di jagat maya. Mulai dari bekerja, bertegur sapa, merayakan sesuatu, bahkan berkolaborasi bersama. Efeknya, virtual event atau event online mulai diminati banyak pihak.

Saat ini event online semakin digemari berbagai kalangan, mulai dari pekerja hingga mahasiswa, di Indonesia maupun di luar negeri. Terlepas dari cara pelaksanaannya yang sederhana dan mudah, event online juga populer di kalangan audiens karena memerlukan minim biaya.

Selain itu, event online menarik dapat menjadi salah satu strategi efektif untuk mengatasi kebosanan selama bekerja dan belajar dari rumah. Event online yang menarik juga bisa menarik banyak peminat lho!

Buatmu yang sedang bingung mencari kegiatan event online untuk dilakukan bersama dengan aman selama pandemi, jangan khawatir! smarteye.id telah merangkum beberapa contoh event online menarik yang bisa kamu lakukan bersama keluarga, sahabat, juga rekan. Yuk baca lebih lanjut!

Webinar, event online yang pas untuk menambah ilmu

webinar sebagai pengganti event offline

Dulu, seminar identik dengan event offline. Web seminar atau webinar merupakan contoh event online menarik yang mudah diselenggarakan tetapi memberikan manfaat besar bagi para audiens yang mengikutinya.

Sebelum datangnya pandemi beberapa tahun yang lalu, seminar sering dilakukan di kampus secara tatap muka. Kini, seminar masih bisa diikuti meski kita tidak harus berkumpul di suatu tempat.

Berkat teknologi, mengikuti event online seperti web seminar menjadi mudah. Mulai dari melihat jadwal acara, membeli tiket hingga menghadiri webinar, semuanya bisa dilakukan dari manapun yang kamu mau.

Materi event online seperti web seminar juga beragam, sehingga event online yang satu ini sangat mudah menggaet atensi audiens berbagai kalangam, mulai dari pelajar hingga kaum pekerja.

Salah satu contoh pengaplikasian web seminar kreatif adalah webinar series. Webinar series merupakan salah satu jenis webinar yang menyajikan lebih dari 1 episode dengan topik berbeda dan dapat dipilih sesuai keinginan audiens. Ini membuat webinar series sangat diminati.

Web seminar menjadi jawaban bagi mahasiswa yang ingin tetap mendapat ilmu meski tidak berada di kampus atau di kelas. Pembelajaran online menjadi efektif.

Bagi para pekerja, web seminar menjadi salah satu cara meningkatkan skill di tengah padatnya kesibukan kantor yang tidak memungkinkan mereka berpergian jauh selama masa pandemi. 

Lomba konten video, cara pas menambah engagement

lomba konten video sebagai event online menarik bagi audiens
Foto oleh Julia Larson dari Pexels

Punya banyak ide kreatif atau berada di lingkungan yang menuntut kreativitas? Lomba konten video bisa jadi contoh event online yang pas untukmu. Selain menuntut kreativitas tinggi, event online yang satu ini juga minim biaya pemasaran, jadi mempromosikannya tidak sulit.

Dalam dunia digital marketing, event online yang satu ini seringkali dijadikan activation untuk menggaet pelanggan baru dan menaikkan engagement suatu brand.

Kegiatan kampanye produk yang mulai aktif beralih ke ranah maya sejak dimulainya pandemi beberapa tahun lalu mendorong brand untuk memfokuskan diri pada dunia digital marketing dan platform yang digunakan.

Contohnya, kamu bisa menggunakan platform media sosial seperti Youtube, Instagram, TikTok, atau Facebook untuk meningkatkan interaksi dengan audiens. Biasanya, event online seperti ini memiliki persyaratan mudah dan tema menarik.

Kompetisi game online atau main bareng

mabar sebagai salah satu virtual event menarik
Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Siapa yang tidak pernah mabar alias main bareng? Contoh event online menarik yang satu ini cocok untuk para penggemar game digital. Apalagi, gamers di Indonesia kian banyak.

Pertumbuhan peminat game yang pesat ini mau tak mau melahirkan para profesional terkenal yang dapat menjadi target audiens sekaligus daya tarik event online ini.

Meskipun tanpa kompetisi game online, kegiatan main game online bersama tetap sering dilakukan. Kalau dulu acara main bareng identik dengan berkumpul bersama di selasar sambil melihat smartphone, sekarang hal itu bisa dilakukan secara daring.

Faktor ini membuat acara main bareng kian populer selama masa pandemi. Lebih dari sekedar mencari keseruan, pemenang akan menjadi gamer handal yang berkesempatan menjuarai perlombaan hingga tingkat nasional bahkan dunia.

Menghasilkan uang sambil bermain game tentunya menjadi impian banyak gamers. Selain mengejar impian, kamu juga dapat bersenang-senang bersama!

Wisata Virtual, salah satu virtual event yang digemari

Wisata Virtual, salah satu virtual event yang digemari
Sumber foto: Pixabay

Contoh event online menarik untuk mahasiswa berikutnya adalah wisata virtual atau lebih dikenal dengan virtual tour. Keinginan liburan yang banyak diidamkan orang seringkali terhalang situasi dan kondisi, apalagi sejak dilanda pandemi. Meskipun tidak bebas untuk berlibur, kamu bisa menjelajahi dunia dengan wisata virtual bersama teman-teman.

Saat ini, sudah banyak tempat yang bisa dikunjungi secara virtual. Virtual reality tourism sendiri sudah didapuk sebagai masa depan pariwisata dunia. Melalui contoh event online ini, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat dengan aman tanpa harus menghabiskan waktu untuk akomodasi.

Cakupan virtual tour pun luas, kamu bisa mengunjungi resort atau villa mewah, museum, pantai, kebun binatang, wahana permainan, hingga pegunungan.

Kini, ada banyak platform yang menyediakan jasa wisata virtual. Tinggal pilih objek wisata yang diinginkan, tentukan waktu sesuai jadwalmu, lalu  ajak teman-teman.

Tidak sedikit  influencer yang membagikan pengalaman  saat berlibur secara virtual. Wisata aman dan refreshing di sela kesibukan terdengar menyenangkan, bukan?

Konser Online

hiburan konser online
Sumber foto: Pixabay

Bagimu yang berjiwa muda, merasa nyaman di keramaian dan mengapresiasi seni, pasti konser sudah tidak terdengar asing di telinga. Kini, pandemi bukan lagi halangan menonton konser favorit.

Kamu bisa mengapresiasi artis favoritmu secara online lewat konser dan event online. Konser online dapat menjadi salah satu contoh event online dan hiburan yang menarik.

Ditambah lagi dengan banyaknya variasi dari event online yang mendampingi konser, membuat pilihanmu tak terbatas. Contohnya adalah acara jumpa penggemar yang kini mulai beralih secara digital.

Saat ini sudah banyak konser online yang diadakan dan terbukti diminati oleh banyak orang. Menurut Media Indonesia, terdapat lebih dari 80% pengguna internet di Indonesia yang melakukan streaming musik dan 99% yang menonton konten video online.

Virtual Career Expo

virtual career expo salah media mencari kerja
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Mencari pekerjaan adalah salah satu tahapan hidup yang dialami banyak orang. Karenanya, banyak event menarik yang dilakukan oleh para pemberi kerja untuk menarik karyawan prospektif.

Beralihnya gaya hidup ke dunia digital setelah juga mempengaruhi proses pencarian kerja bagi kedua pihak, media virtual career expo menjadi contohnya.

Contoh event online menarik yang satu ini menjadi pilihan menarik bagi banyak kalangan,  para mahasiswa yang baru pertama kali bekerja, karyawan berpengalaman, maupun perusahaan.

Mahasiswa dan para karyawan dengan pengalaman dapat menemukan perusahaan impian dengan lebih sederhana. Selain itu, perusahaan juga dapat lebih cepat mendapatkan kandidat yang dicari sesuai dengan kualifikasi masing-masing lowongan. Tak jarang, ada juga perusahaan yang memberikan workshop secara cuma-cuma.

workshop dari perusahaan
Sumber foto: Pixabay

Proses event online menarik ini memang dirancang agar udah. Hanya dengan memasukkan data yang diperlukan serta membayar tiket expo, mahasiswa juga karyawan sudah bisa mencari lowongan yang cocok dengan profilnya masing-masing.

Meskipun bertemu dengan calon kandidat secara online, perusahaan tetap dapat menilai skill dan kecocokan dengan tiap kandidat yang mendaftar. Virtual career expo biasanya akan dilakukan melalui pertemuan Zoom, bahkan wawancara dengan memanfaatkan virtual reality

Setiap perusahaan akan mempromosikan perusahaan melalui profil perusahaan (company profile) untuk menarik calon kandidat. Website yang dibuat untuk mempromosikan profil ini membuat audiens merasa mengikuti expo secara nyata. Informasi yang diberikan pada virtual expo juga sama lengkapnya dengan expo offline.

Asah kreativitas dengan workshop online

workshop
Sumber foto: Pixabay

Suka mengikuti kegiatan worskhop, tapi ragu dengan keadaan pandemi? Tenang, berkat kecanggihan teknologi, kamu bisa melakukannya secara daring. Saat ini, sudah banyak workshop berbasis di luar negeri maupun di dalam negeri yang memberikan sertifikat. Dengan memilih program yang tepat, kamu bisa sekaligus meningkatkan hardskill-mu.

Meski begitu, bukan hanya hardskill saja yang ditawarkan dalam tipe event online yang satu ini. Kelas yang berfokus untuk memoles softskill, seperti kemampuan berpidato, komunikasi, atau manajemen waktu pun sudah banyak.


Bagaimana, banyak kan contoh event online menarik yang bisa kamu lakukan? Bukan hanya mencari hiburan, tetapi juga mencari pekerjaan. Sistem virtual reality memang membantu banyak sektor kehidupan dan memajukannya.

Tertarik untuk mengadakan virtual event? Kamu bisa mengandalkan smarteye.id! Jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya di blog smarteye.id ya!

Manfaatkan Teknologi, Ini 7 Contoh Event Online Menarik Yang Bisa Kamu Coba!

Alyssa Sachan