Ini Dia, 9 Contoh dan Penerapan Virtual Reality di Indonesia

Sebagian besar orang beranggapan Virtual Reality identik dengan dunia gaming. Padahal, Virtual Reality masa kini lebih sering diterapkan dalam bidang bisnis maupun gaya hidup. Di Indonesia sendiri, VR bahkan sudah populer digunakan berbagai bidang, loh. Cek 9 contoh penerapan VR di Indonesia berikut ini.

1. Mendesain Motor Menggunakan Virtual Reality

contoh virtual reality-kapanlagi(dot)com garuda-gold- smarteye(dot)id
Kustomisasi Desain Motor. Credits to Kapanlagi(dot)com

Contoh virtual reality berikutnya adalah Honda yang mengadakan kompetisi untuk mendesain motor menggunakan virtual reality.

Pada acara pameran Motorcycle Show (IMOS) 2018 yang bertemakan “Indonesian Future Technology”, Honda membuat kompetisi tersebut.

Mendesain motor tersebut menggunakan virtual reality dapat dengan mudah digunakan karena tidak perlu menggunakan peralatan asli, namun dengan hanya bantuan komputer saja.

Kompetisi ini merupakan bagian dari indutri 4.0 dimana manufaktur menggunakan teknologi komputer untuk merancang produknya. Seru sekali, bukan?

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

 

2. Kaaba Virtual Experiences

Contoh virtual reality-kaaba virtual experience-kabaa(dot)co(dot)id -smarteye(dot)id
Pengalaman berada di depan Ka’Bah dengan Virtual Reality. Credits to Kaaba(dot)co(dot)id.

Kabar gembira bagi umat Muslim yang ingin melakukan umroh atau haji! Sekarang, sudah ada sebuah perangkat lunak VR bernama Kaaba Virtual Experiences.

Seperti namanya, perangkat lunak ini akan menghadirkan gambar Kaaba pada headset VR.

Orang yang menggunakan headset tersebut akan merasa memang sedang berada di depan Kaaba dan melakukan ibadah secara sungguhan. Perangkat lunak ini sangat cocok untuk melakukan manasik.

Terlebih lagi dengan cara yang mudah dan menarik ini, pasti akan lebih sangat menyenangkan!

3. Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno

contoh virtual reality pelantikan gubernur DKI anies baswedan sandiaga uno - credist to statitik(dot)tempo(do)co-smarteye(dot)id
Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017. Credits to Tempo(dot)co.

Pada Oktober 2017, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Joko Widodo. Pelantikan ini diadakan di Gedung Balai Kota, Jakarta.

Walaupun warga diperbolehkan datang untuk melihat pelantikan tersebut, namun banyak juga yang tidak dapat datang karena satu dan lain hal.

Untuk itu, pihak Sandiaga Uno menyediakan kamera 360 di sejumlah titik strategis di Jakarta. Mengingat kala itu gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 dilantik pukul 16.00, kemungkinan besar banyak orang khususnya para pekerja yang tidak dapat menyaksikan langsung.

Walaupun begitu, warga dapat menyaksikan pelantikan tersebut secara langsung hanya dengan menggunakan ponsel pintar saja.

Dokumentasi menggunakan kamera 360 merupakan salah satu contoh virtual reality di Indonesia.

 

4. Menjelajahi Lautan

Contoh Virtual Reality-smarteye(dot)id

Indonesia merupakan sebuah Negara yang sebagian besarnya terdiri dari lautan.

Saking banyaknya laut di Indonesia, maka tidak heran banyak pelancong dari banyak Negara yang datang ke Indonesia untuk menikmati lautnya.

Banyak pula orang yang inging menikmati keindahan laut Indonesia, namun tidak memiliki keberanian untuk menyelam di laut.

Apakah Anda termasuk orang yang seperti itu? Jika benar begitu, maka Anda tidak perlu khawatir! Sekarang ini, laut di Indonesia telah didokumentasikan menggunakan kamera 360.

Kamera ini mampu mengambil berbagai gambar dari sudut, sehingga pengguna dapat dengan puas menjelajah lautan.

5. Rumah Sunat

Contoh virtual reality_Khatan-Realiti-Maya-amanz(dot)id_smarteye(dot)id
VR untuk Membantu Anak Menghadapi Sunat. Credits to Amanz(dot)id

Virtual reality ternyata juga digunakan dalam bidang medis, khususnya ketika sunat.

Namun, bukan berarti VR digunakan untuk mengetahui prosedur sunat. Melainkan, virtual reality digunakan untuk mempermudah proses sunat.

Tangisan pasti akan mewarnai rumah atau klinik sunat manapun, dikarenakan anak-anak takut untuk disunat. Karena itu, virtual reality disini berfungsi sebagai pengecoh anak-anak.

Ketika anak menggunakan VR untuk menonton, maka kelak ia akan terjun bebas ke dalam film tersebut. Hal ini dimanfaatkan para pesunat untuk melakukan kerjanya, dengan nilai plus karena anak tidak menangis sama sekali.

6. Acara Wisuda Universitas Indonesia

Wisuda UI

LIVE 360° Virtual Reality #WisudaUI Program Pascasarjana (Magister, Profesi, Spesialis, Doktor)

Posted by Universitas Indonesia on Friday, August 25, 2017

Ingin menonton wisuda teman tapi tidak dapat undangan? Jangan khawatir, sekarang Anda dapat menontonnya melalui live streaming 360. Menariknya lagi, live streaming tersebut menggunakan kamera 360, lho!

Jadi Anda dapat menonton acara besar tersebut seperti menonton video virtual reality. Hal ini mulai dilakukan oleh tim panitia wisuda Universitas Indonesia pada tahun 2017 lalu. Seiring dengan berkembangnya teknologi, tentu virtual reality dapat menjadi pilihan tepat bagi live streaming.

 

7. Dokumentasi Konser

contoh virtual reality_smarteye(dot)id

Pernahkah Anda ingin menonton suatu konser tapi tidak dapat tiket, tidak sempat, atau lokasi yang terlalu jauh?

Mungkin hal tersebut dirasakan banyak orang dan membuat orang tersebut kecewa. Tetapi, sekarang Anda dapat menyaksikan konser tersebut melalui streaming yang menggunakan kamera 360.

Inilah yang dilakukan penggemar dari band The 1975 ketika band tersebut menjadi salah satu pengisi acara We The Fest pada tahun 2016 lalu. Ketika menyaksikan konser tersebut melalui VR, Anda dapat merasakan sensasi menonton langsung disana karena video yang direkam dalam sudut 360 derajat dapat Anda arahkan ke sudut manapun.

Selain We The Fest 2016, acara konser lain yang memanfaatkan live stream 360 derajat adalah Prambanan Jazz Festival 2017 yang didukung oleh team Smarteye.id. Tak hanya live streaming, sekarang Anda juga bisa menampilkan event di website anda dengan tampilan video 360 derajat, loh. Klik disini untuk tahu!

 

8. Simulasi Bencana Alam

Murid-murid SD Cibadak 01 Bogor yang terletak di Sentul mendapat pelatihan bencana alam. Pada pelatihan ini, setiap murid berkesempatan menggunakan VR headset yang terdapat perangkat lunak simulasi bencana alam di dalamnya.

Tentunya hal ini sangat membantu murid-murid ini ketika bencana alam benar-benar terjadi. Contoh virtual reality ini pun juga dapat dilakukan maksimal jika disebar luaskan di sekolah-sekolah lain.

 

9. Promosi Wonderful Indonesia di London

contoh virtual reality-promosi denga vr-wonderful indonesia-smarteye(dot)id

Pada tahun 2015, dalam acara World Travel Market, Indonesia membuka booth dimana pengunjung dapat memakai VR headset untuk melihat keindahan Indonesia.

Virtual reality digunakan untuk meningkatkan nation branding serta menarik pengunjung untuk berkunjung ke Indonesia.

Selain berisi tentang keindahan alam di Indonesia, Wonderful Indonesia VR juga memberikan informasi mengenai tujuan wisata, bagaimana perjalanan tujuan ke obyek pariwisata, penerbangan apa yang dapat digunakan sekaligus jadwal penerbangan dan informasi terhubung dengan biro perjalanan yang bersedia.

Itulah 9 contoh penerapan virtual reality di Indonesia yang belum banyak orang ketahui. Banyak sekali, bukan? Seiring dengan berkembangnya teknologi, tentunya virtual reality merupakan pilihan yang cocok untuk memajukan usaha.

Selain untuk ke-9 hal tersebut, VR juga dapat digunakan untuk melakukan pelatihan karyawan, agar lebih aman. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

 

Post Author: Atikah

Content, SEO and Digital Marketing officer of SmartEye.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *