Ini Dia 9 Contoh dan Penerapan Virtual Reality di Indonesia!

Ini Dia 9 Contoh dan Penerapan Virtual Reality di Indonesia!

Teknologi virtual reality atau VR sering dikaitkan dengan dunia gaming. Padahal, contoh virtual reality di industri lain sudah banyak. Teknologi ini menunjang kelangsungan bisnis dan juga gaya hidup sehari-hari. Di Indonesia sendiri, VR bahkan sudah populer digunakan berbagai bidang, lho!

Simak 9 contoh Virtual Reality di Indonesia pada artikel berikut ini! 

9 Contoh dan Penerapan Virtual Reality di Indonesia

1. Kaaba Virtual Experience

contoh virtual reality dalam ibadah haji
Foto oleh Kaaba

Bagi umat Muslim, melakukan ibadah umroh maupun haji menjadi salah satu hal yang sangat diimpikan. Kaaba Virtual Experience hadir sebagai perangkat lunak VR yang dapat mewujudkan perjalanan ibadah ini secara virtual. Seperti namanya, perangkat lunak ini mampu menghadirkan gambar Ka’bah melalui headset VR yang sedang digunakan.

Pengguna headset seakan diajak mengunjungi Ka’bah secara langsung. Perusahaan asal Bandung ini ingin menghadirkan informasi dan pengalaman ibadah umroh serta haji melalui kecanggihan teknologi. Pengguna dapat merasakan suasana Ka’bah dengan visual 360 derajat saat mempelajari sejarah dari ibadah ini. Selain mendapatkan informasi dan pengalaman eksplorasi area Ka’bah, pengguna juga bisa merasakan manasik untuk lebih memahami prosesi ibadah umroh dan haji. 

2. Galeri Virtual dalam Festival Kebudayaan Yogyakarta 2020

contoh virtual reality dalam event seni
Foto Oleh Suara Jogja

Saat pandemi mulai merebak, segala bentuk pelaksanaan acara terpaksa harus ditiadakan. Tak terkecuali event Galeri Virtual dalam pagelaran Festival Kebudayaan Yogyakarta atau FKY 2020. Teknologi virtual reality mampu membantu kelangsungan acara ini dalam format virtual. Pameran tetap bisa dilangsungkan secara live dengan kapasitas terbatas meliputi 33 seniman dengan melibatkan  berbagai media penyiaran. 

Acara berbasis virtual ini menawarkan pengalaman yang unik. Pengunjung bisa menikmati berbagai lukisan, patung, instalasi, fotografi, audio visual, hingga penampilan lainnya melalui website. Pengambilan gambar acara menggunakan kamera 360 derajat agar pengunjung benar-benar bisa merasakan suasana festival dan seakan hadir secara langsung. Dengan demikian, beragam karya seni yang dipamerkan serta tata letak pameran dapat dinikmati dari berbagai sisi. Penggunaan kamera 360 ini merupakan salah satu contoh virtual reality yang ada dalam sebuah event virtual. Sangat membantu bukan?

3. Proses Medis di Rumah Sunat

Virtual Reality ternyata juga digunakan dalam bidang medis, khususnya ketika sunat di Rumah Sunat. Teknologi ini dimanfaatkan untuk mempermudah proses sunat dengan membantu mengalihkan perhatian anak. Virtual reality berfungsi sebagai hiburan agar si kecil dapat menonton tayangan kartun favorit saat proses medis dilakukan. Diharapkan, si kecil terjun bebas ke dalam film yang ditayangkan. Sehingga, perhatiannya tidak terfokus pada proses sunat yang sedang berlangsung.

4. Konser Virtual

Semenjak pandemi, inovasi acara musik virtual menjadi solusi untuk mencegah penularan wabah COVID-19. Contoh virtual reality dalam industri musik dapat dilihat dari konser virtual Rizky Febian yang diselenggarakan oleh VLIVE, tahun 2020 lalu. Konser bertajuk Rizky Febian: Garis Cinta Virtual Concert ini didukung dengan teknologi virtual reality dan augmented reality yang menarik. Penampilan Rizky sendiri didukung oleh efek 3D, menampilkan lirik melayang, spanduk realistik dan background yang seakan nyata. Dengan kecanggihan ini, penonton seakan diajak merasakan pengalaman nonton konser secara langsung, meski tidak hadir secara fisik.

5. Pariwisata Virtual Indonesia

Selanjutnya, contoh virtual reality ada pula pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Program Indonesia Virtual Tour dibuat sebagai wadah konten virtual reality kawasan pariwisata yang ada di Indonesia. Program ini juga menghadirkan platform digital yang akan menyajikan konten virtual pariwisata tersebut. Akses menuju website diberikan secara gratis dan dapat dinikmati menggunakan kacamata VR. Pada tahun 2022, pembuatan konten ditargetkan akan meliputi berbagai daerah seperti Nusa Penida, Labuan Bajo, Bromo, hingga Wakatobi. Program ini tentunya diharapkan mampu memajukan pariwisata Indonesia ya.

6. Teknologi Pendidikan Virtual Reality

LenteraEdu yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation memanfaatkan virtual reality sebagai solusi penyesuaian kegiatan belajar mengajar di era pandemi. Setelah melakukan uji coba, penggunaan VR terbukti dapat meningkatkan emosi positif siswa hingga 90%. Daya ingat dan pemahaman siswa pada materi pembelajaran juga meningkat hingga 80%. LenteraEdu juga didukung oleh teknologi virtual reality berbasis all-in-one platform cloud karya anak bangsa dari Millealab.

Program VR Ambassador diadakan untuk mencetak tenaga pendidik dalam dunia pendidikan virtual Indonesia. Uji coba pendidikan virtual ini juga melibatkan 1800 peserta didik jenjang dasar dan menengah dari 10 provinsi di Indonesia. Penggunaan VR ini juga terbukti membantu meningkatkan nilai rata-rata kelas hingga 53 persen, lho!

7. Permainan Interaktif dengan VR

Permainan interaktif menggunakan VR juga sudah ada di Indonesia. CoHive berkolaborasi dengan Sandbox VR dalam menghadirkan permainan seru berbasis full body immersion virtual reality. Permainan yang bisa kamu coba antara lain adalah tembak menembak melawan zombie. Kamu akan diminta memakai rompi dan sensor agar gerakan tubuh dapat terdeteksi. Kamu bisa ajak teman-teman bermain dan melepas stress bersama.

Tak hanya bersenang-senang, secara tidak langsung kamu juga berolahraga karena permainan ini memerlukan gerakan aktif untuk menyelesaikan misi. Kamu bisa melatih kekompakkan dengan teman satu komunitas maupun rekan kantor. Contoh permainan virtual reality ini dapat menjadi pilihan hiburan menarik di akhir pekan.

8. Meeting Bisnis Secara Virtual

Perusahaan start-up metaverse Indonesia, Shinta VR, mengembangkan platform meeting online sebagai solusi dari kebutuhan komunikasi bisnis pasca pandemi. Sistem ini menawarkan platform untuk promosi produk, pertemuan bisnis digital, web seminar, proses belajar mengajar dan lainnya. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah avatar 3D yang realistis.

Avatar ini seakan nyata karena bisa berbicara dan bergerak layaknya manusia. Platform ini bisa diakses oleh berbagai pengguna sehingga kamu dan rekan kerjamu dapat bertemu di ruang virtual ini dan berinteraksi dengan bebas. 

9. Festival Virtual

Masih menjadi salah satu bentuk inovasi dari Shinta VR, perusahaan ini berkolaborasi dengan Akar Digital Indonesia untuk menggelar VRIFEST Infina Virtual Reality Festival pada 2020 lalu. Acara ini menjadi salah satu pelopor festival virtual reality di Indonesia. Acara dengan konsep festival online ini menggunakan teknologi VR yang tampak nyata dengan tampilan 360 derajat.

Contoh Virtual Reality dalam festival virtual
Foto oleh Beritasatu

UMKM dapat memasarkan produk dengan cara yang berbeda dan diharapkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Hanya dengan menggunakan smartphone berbasis android, pengunjung sudah bisa menikmati acara ini. Namun, penggunaan headset VR tentunya dapat menambah keseruan saat menghadiri acara ya. 

10. Expo Virtual

Selain festival virtual, smarteye.id sebagai salah satu penyedia jasa VR dan AR terbaik di Indonesia juga baru saja menyelenggarakan ITDRI Festival. ITDRI Festival sendiri merupakan sebuah rangkaian acara buatan ITDRI, Telkom Indonesia dan smarteye.id. Acara ini dibuat dan bertujuan dapat digunakan sebagai wadah yang dapat mendorong antusiasme inovator kreatif terhadap kemajuan teknologi digital di era industri 4.0.

Yang membedakan acara ini dengan acara lainnya adalah penggunaan virtual expo yang interaktif. Virtual expo yang digunakan dapat membuat pengguna serasa mengikuti acara secara langsung.


Itulah 10 contoh virtual reality yang diterapkan dalam berbagai industri di Indonesia. Menarik sekali, bukan? Seiring dengan berkembangnya teknologi, tentunya virtual reality merupakan pilihan yang cocok untuk memajukan usaha.

Selain untuk ke-10 hal tersebut, VR juga dapat digunakan untuk melakukan pelatihan karyawan dan kebutuhan bisnis lainnya. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa klik di sini untuk langsung berkonsultasi dengan smarteye.id!

Ini Dia 9 Contoh dan Penerapan Virtual Reality di Indonesia!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.