Penggunaan AR untuk event dapat membantu sebuah perusahaan untuk membuat presentasi produk yang lebih menarik dan interaktif. Produk dengan presentasi menarik akan menarik lebih banyak pengunjung yang dapat menjadi pelanggan potensial. Bagaimana contoh penggunaan AR untuk event tersebut?

Credits: Fordauthority.com

Penggunaan teknologi augmented reailty (AR) untuk event dapat membantu sebuah perusahaan untuk membuat presentasi produk yang lebih menarik dan interaktif.

Dalam sebuah tradeshow atau event khusus, presentasi  produk sebuah perusahaan yang berpartisipasi merupakan hal yang sangat penting. Produk dengan presentasi menarik akan menarik lebih banyak pengunjung yang dapat menjadi pelanggan potensial di masa depan.

Menggunakan AR, sebuah perusahaan dapat membuat visualisasi atau demonstrasi produk menarik yang lebih interaktif dibandingkan hanya mengandalkan alat promosi pasif seperti poster, brosur dan model peraga fisik.

Dengan elemen interaktifitas ini, pengunjung dapat berpartisipasi aktif selayaknya bermain sebuah video games yang penuh keseruan sehingga pengunjung dapat memiliki engagement yang lebih tinggi dengan perusahaan.

Engagement tinggi ini dapat menjadi potensi bagi perusahaan untuk meningkatkan sales dan awareness produk. Dilansir dari e27.com, sebuah riset mengenai AR menyatakan bahwa 70% pelanggan dengan engagement tinggi cenderung melakukan pembelian dua kali lipat lebih banyak.

Selain itu, AR juga relatif mudah diakses karena hanya memerlukan smartphone yang sudah menjadi kebutuhan umum bagi kebanyakan orang di era modern seperti sekarang.

Beberapa perusahan seperti Ford dan Pfiester sudah menggunakan AR untuk membuat presentasi produk yang menarik dan interaktif. Bagaimana bentuk penggunaan AR untuk event yang dilakukan perusahaan tersebut?

Ford Perkenalkan Fitur Canggih Mobil Baru Dengan AR

Ford, salah satu perusahaan otomotif terkemuka tampil memukau dengan AR dalam acara North American International Auto Show. Tidak hanya sekedar untuk terlihat keren, AR juga digunakan Ford untuk mendemonstrasikan fitur canggih pada beberapa model mobil baru mereka.

Dengan teknologi AR, Pengunjung dapat melihat bagaimana fitur canggih ini bekerja. Pengunjung hanya perlu mengarahkan kamera smartphone ke arah model mobil yang diinginkan, dan pilih fitur yang ingin didemonstrasikan.

Demonstrasi fitur yang ingin dilihat pun akan mulai berjalan langsung di model mobil pilihan pengunjung.

Demonstrasi Keran dan Pipa Air Pfister Dengan AR Tanpa Basah

Credits: Channel Youtube Trainrobber

Pfister, sebuah perusahaan keran asal Amerika Serikat menggunakan AR dalam tradeshow kamar mandi dan alat dapur terbesar di negara tersebut. Sama seperti Ford, Pfister menggunakan AR tidak hanya untuk menarik pengunjung ke booth mereka.

Pfister juga menggunakan AR untuk mendemonstrasikan kepada pengunjung bagaimana keran dan sistem pipa air mereka bekerja tanpa harus berbasah-basah menggunakan air sungguhan.

Untuk melihat fitur AR ini, sekali lagi pengunjung hanya perlu mengarahkan kamera smartphone mereka ke arah alat peraga yang sudah disediakan. Pfister juga menyediakan perangkat kacamata AR khusus bagi pengunjung yang enggan mengeluarkan smartphone mereka.

Itulah bagaimana perusahaan ternama seperti Ford dan Pfiester menggunakan augmented reality (AR) untuk event mereka. Menggunakan AR, Ford dan Pfiester dapat menciptakan presentasi produk menarik dan interaktif sekaligus mendemonstrasikan fitur produk mereka secara nyata.

Jika anda tertarik untuk menggunakan AR dalam event perusahaan anda, ikuti 4 langkah sebelum penerapan AR untuk event.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment ...

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.