Contoh Penggunaan Augmented Reality Terpopuler

Contoh Penggunaan Augmented Reality Terpopuler
Contoh Penggunaan Augmented Reality Terpopuler

Mulanya, penggunaan augmented reality (AR) cukup dekat dengan industri gaming. Kini, AR sendiri sudah dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang.

Bahkan, teknologi ini menjadi kebutuhan utama pada beberapa industri. AR dapat menampilkan objek digital buatan yang dapat dilihat melalui kamera ponsel atau perangkat lainnya.

Hal ini membuat AR diterapkan pada tujuan perencanaan, promosi, bahkan edukasi. Artikel ini akan membahas contoh penggunaan augmented reality dalam berbagai bidang. Simak selengkapnya pada artikel berikut ini, yuk!

Apa itu Augmented Reality?

Augmented reality dapat diartikan sebagai teknologi yang menggabungkan objek dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata. Objek digital ini diproyeksikan langsung secara real time.

Augmented reality (AR) ini menambahkan objek digital yang bisa diaplikasikan pada indera pengelihatan, pendengaran, sentuhan, hingga penciuman. Informasi yang dunia maya yang ditampilkan pada lingkungan sekitar hadir dengan bantuan webcam, komputer, pindaian kamera smartphone, maupun kacamata khusus.

Augmented Reality Amazon
Foto oleh Road to VR

Meski erat dengan dunia hiburan, penggunaan AR juga dapat diaplikasikan ke berbagai industri lain, lho! Sebagai contoh adalah dunia pendidikan, industri manufaktur, bidang kesehatan, militer, hingga bisnis.

Metode Augmented Reality

Umumnya, ada dua metode teknologi AR yang terus dikembangkan, yakni Marker Based Tracking dan Markerless Augmented Reality. Berikut penjelasannya:

Marker Based Tracking Augmented Reality

Penerapan augmented reality (AR) ini biasanya menggunakan ilustrasi hitam putih berbentuk persegi. Ilustrasi gambar ini umumnya dikenal dengan QR code sebagai penanda ya.

Teknologi AR QR code
Foto oleh WeAR Studio

Markerless Augmented Reality

Berbeda dengan teknologi AR model Marker Based Tracking, Markerless Augmented Reality tidak lagi menggunakan marker untuk menampilkan objek digital di dunia nyata. Metode ini biasanya dijumpai pada inovasi face tracking, motion tracking dan 3D object tracking.

Cara Kerja Augmented Reality

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara teknologi canggih ini bekerja? Sederhana saja. Tanpa menggunakan perangkat khusus, kamu sudah bisa menggunakan teknologi AR.

Cukup dengan menyiapkan ponsel pintar, kamu sudah bisa menghadirkan augmented reality (AR). Melalui pemindaian kamera, kamu bisa menghadirkan gambar digital pada dunia nyata di sekitarmu.

Jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik, kamu bisa menggunakan headset AR. Salah satu perangkat augmented reality ialah Google Glass.

Teknologi AR Google Glass
Foto oleh Wordstream.com

Contoh Penerapan Augmented Reality di Berbagai Bidang

Dengan hadirnya objek virtual di dunia nyata, teknologi augmented reality membawa manfaat yang beragam di berbagai industri. Berikut contoh penerapan augmented reality di berbagai bidang yang perlu kamu ketahui:

Bidang Hiburan: Pokemon Go

Game Pokemon Go adalah salah satu contoh penggunaan augmented reality terpopuler dalam industri gaming. Permainan yang satu ini cukup banyak dikenal di berbagai negara.

Para pemain dapat berburu karakter Pokemon melalui pemindaian kamera ponsel. Karena keunikan dan keseruan yang ditawarkan, Pokemon go pernah booming di tahun 2016. 

Berkat permainan ini, teknologi AR semakin dikenal masyarakat umum yang awam akan teknologi. Berkat Pokemon Go pula, anggapan bahwa AR merupakan teknologi yang dekat dengan konten game masih melekat di sebagian besar masyarakat hingga saat ini. Padahal, pemanfaatan AR sudah cukup beragam ya!

Bidang Arsitektur: iStaging

iStaging menghadirkan pengalaman visualisasi produk yang memukau, melampaui batasan ruang dan waktu. Interaksi dengan objek digital dapat dilakukan dari mana saja dan membawa pengguna seakan hadir langsung di dunia virtual. Penggunaan augmented reality pada industri arsitektur dapat membantu berbagai macam kebutuhan. 

Pertama, kamu bisa merancang dekorasi rumah tanpa harus membeli perabot terlebih dahulu. Kedua, kamu dapat melakukan perencanaan dekorasi maupun desain interior suatu ruangan dengan lebih akurat. Terakhir, teknologi ini bisa memfasilitasi para pengembang properti untuk menunjukkan maket bangunan atau contoh desain interior kepada klien. 

iStagging dapat menampilkan desain 3D interior suatu bangunan seperti perabot, dekorasi, maket dan lainnya. Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk membantu perencanaan dan menghemat biaya produksi dari bidang desain interior maupun arsitektur ya. Tak heran, banyak bisnis yang berlomba-lomba mengembangkan produk dan perusahaannya dengan AR.

Bidang Edukasi: Star Walk

Penggunaan augmented reality juga bisa kamu temukan pada aplikasi pembelajaran Star Walk. Hanya melalui layar ponsel, kamu bisa saksikan gambar virtual peta luar angkasa secara real-time, lengkap dengan tampilan rasi bintang, planet, dan benda langit lainnya.

Cara pakainya mudah, cukup unduh aplikasi ini dan arahkan kamera ponsel. Kamu bisa temukan objek langit apa yang tampak dari tempat kamu berada serta ketahui waktu terbaik untuk melakukan observasi. 

Augmented Reality StarWalk
Foto oleh Vito Technology

Jika kamu tertarik, kamu juga bisa pelajari lebih lanjut tentang tata surya dan objek langit dengan fitur ensiklopedia 3D. Tak hanya melihat langit secara real-time, aplikasi ini juga bisa membawamu ke masa lampau untuk melihat kondisi langit dari waktu ke waktu. Menarik bukan? 

Bidang Kedokteran: SentiAR

SentiAR menggunakan teknologi augmented reality berbasis hologram untuk kebutuhan medis. Selama prosedur berlangsung, biasanya dokter tidak boleh menyentuh organ tubuh secara bebas untuk menjaga organ tetap bersih dan steril.

Prosedur operasi menjadi lebih lancar dengan adanya gambar 3D yang bisa memvisualisasikan bagian tubuh tertentu. Gambar AR muncul secara real-time, tepat di atas tubuh pasien. Tentunya, gambar ini dapat membantu dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai kondisi kesehatan pasien sepanjang operasi berlangsung. 

penggunaan augmented reality kedokteran
Foto oleh Businesswire

Fitur 3D pada SentiAR juga membantu tenaga medis dalam memberikan penjelasan yang mudah dipahami kepada pasien terkait kondisi kesehatannya. Penggunaan augmented reality dalam hal ini tentunya sangat bermanfaat ya.

Bidang Bisnis Online

Bisnis online kian marak, terlebih setelah dunia dilanda Covid 19. Berbagai bisnis mulai beralih ke arah digital dengan menerapkan augmented reailty.

Pelanggan bisnis online bisa mencoba produk yang ingin dibeli melalui media virtual. Mulai dari perabotan rumah tangga hingga pakaian modis.

Penggunaan AR pada bisnis online bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belanja. Tak hanya dengan visualisasi produk, keseruan belanja bertambah dengan adanya fitur mini games dan sistem loyalty poin.

teknologi augmented reality pada bisnis
Foto oleh Monsterar.net

Tak hanya berbelanja, platform bisnis online ini memanjakan pengunjung untuk berlama-lama menambah poin, bermain game, dan melihat-lihat katalog digital. Bahkan, beberapa aplikasi menawarkan fitur untuk langsung berinteraksi dengan penjual seperti di dunia nyata.


Penggunaan augmented reality diprediksi akan terus berkembang dari waktu ke waktu dan membawa lebih banyak dampak baik bagi industri. Selaku pemilik usaha, kamu juga bisa memanfaatkan teknologi AR ini sesuai dengan kebutuhanmu.

Bingung harus mulai dari mana? Tenang saja, smarteye.id hadir sebagai solusi teknologi canggih untuk bisnismu.

Mulai dari augmented reality, virtual reality dan masih banyak lagi. Untuk ketahui informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi smarteye.id ya!

Contoh Penggunaan Augmented Reality Terpopuler

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.