VR Fitness: Keseruan Main Game Sambil Olahraga di Dunia Virtual Reality

VR Fitness: Keseruan Main Game Sambil Olahraga di Dunia Virtual Reality
Berikut Daftar VR Fitness Game Terbaik untuk Kamu!

Ada satu pepatah yang sangat populer, hingga banyak orang dari berbagai kategori usia mengenalnya: Mens sana in corpore sano. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, artinya dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Dengan menjaga kesehatan tubuh, seseorang juga melakukan upaya agar kondisi mentalnya tetap sehat. Seperti yang kita semua tahu, kesehatan itu sangat mahal harganya. Intinya, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental, adalah hal penting yang harus kita jaga.

Sayangnya, sering kali kegiatan sehari-hari menjadi penghalang untuk kita memprioritaskan kesehatan fisik. Baik itu alasan kesibukan sehari-hari, banyaknya pekerjaan, tidak sempat pergi ke gym, sampai terlalu sibuk dan tidak punya waktu berolahraga.

Berkat kemajuan teknologi, menjaga kesehatan fisik lebih mudah dilakukan. Jawabannya dengan menggunakan virtual reality. Menggunakan VR, kamu bisa memulai jadi lebih sehat di rumah saja.

Waktunya pun fleksibel dan bisa disesuaikan dengan jadwal rutinitasmu. Bagaimana cara menggunakan VR untuk berolahraga? Yuk simak artikel berikut!

Pentingnya berolahraga

pentingnya berolahraga

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga memberi banyak manfaat. Melakukan olaraga secara rutin bisa membantu meningkatkan kesehatan otak dan fisik. Misalnya, olahraga dapat membantu menjaga berat badan, mengurangi risiko penyakit, juga menguatkan tulang dan otot.

Secara umum, orang dewasa maupun anak-anak yang menjaga asupan gizi serta aktivitas fisik secara rutin akan merasakan banyak manfaat kesehatan. Termasuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah.

Manfaat olahraga tidak memandang fisik lho. Baik tua ataupun muda, atletis atau tidak, dari ras apapun dengan tipe bentuk badan apapun bisa merasakan manfaatnya.

Baca juga: Pengalaman Baru Berolahraga dengan Mixed Reality

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kini berolahraga bisa dilakukan di rumah dengan lebih mudah dan menyenangkan. Bagaimana caranya? Jawabannya menggabungkan game berteknologi VR dan rutinitas olahragamu.

Apa itu virtual reality (VR)?

olahraga dengan VR fitness

VR, atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan realitas virtual adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan hasil simulasi komputer. Saat ini, VR sudah digunakan dalam berbagai macam industri, termasuk industri hiburan dan pendidikan. Tidak sedikit pula para pemberi lowongan kerja yang menggunakan teknologi ini dalam proses rekruitmennya.

Apa saja perangkat yang diperlukan untuk merasakan VR?

perangkat yang diperlukan untuk merasakan VR

Sebetulnya untuk mencoba pengalaman VR, yang kamu butuhkan hanyalah perangkat headset yang mendukung teknologi ini. VR headset pun sudah banyak dijual di pasaran, masing-masing dengan tawaran harga yang berbeda.

Perangkat VR sendiri terbagi jadi dua macam, yaitu perangkat standalone (dapat berfungsi sendiri tanpa perangkat lain) dan perangkat tethered (headset yang berfungsi sepagai penampil dari perangkat lain). Nah, berbicara soal olahraga dengan VR atau VR fitness, kegiatan ini bisa dilakukan dengan kedua macam perangkat di atas.

Oculus Quest, perangkat headset VR populer di kalangan penggemar

Nama Oculus Quest agaknya sudah sangat familiar di kalangan penggemar olahraga VR. Oculus Quest adalah headset realitas virtual yang dikembangkan oleh Oculus, sebuah divisi dari Meta, Inc.

Pasti kamu tidak asing dengan Meta, bukan? Perusahaan yang menguasai pasar sosial media dengan platform mereka seperti Facebook dan Instagram. Headset ini merupakan salah satu hasil pengembangan Meta yang ikut berpartisipasi di dunia VR.

Oculus Quest dirilis pada 21 Mei 2019, namun produksinya diberhentikan pada September 2020. Mirip dengan pendahulunya, Oculus Go, ini adalah perangkat mandiri yang dapat menjalankan game dan perangkat lunak secara nirkabel di bawah sistem operasi berbasis Android.

Sebenarnya apa itu VR fitness?

apa itu VR fitness

Seperti namanya, VR fitness adalah kegiatan olahraga yang dilakukan melalui teknologi virtual reality. Umumnya, kegiatan ini dilakukan dengan memakai perangkat VR headset.

Meskipun kegiatannya sama-sama berolahraga, tipe fitness yang satu ini menggunakan game. Sudah banyak variasi VR fitness games di pasaran, sehingga bagi kamu yang ingin berolahraga memiliki banyak opsi olahraga sambil bermain yang beragam.

Saking banyaknya VR fitness games yang diproduksi, sebagian orang jadi mempertanyakan apakah olahraga tetap harus pergi ke gym. Pertanyaan yang simpel, mengapa harus keluar biaya untuk menjadi member gym kalau kamu bisa membakar kalori sambil bermain game saja?

Sama halnya dengan jogging, mengapa kita harus mengeluarkan biaya untuk sepatu jogging yang mahal, padahal kamu bisa berinvestasi di VR headset berteknologi canggih? Meski sama-sama membakar kalori, ada perbedaan pada olahraga dengan VR fitness dengan olahraga langsung lho.

Baca juga: Badan Sakit karena Olahraga? Ternyata Bisa Diminimalisir dengan Virtual Reality, Lho!

Perbedaan VR fitness games dan olahraga konvensional

Perbedaan VR fitness games dan olahraga konvensional

Olahraga konvensional, meski melelahkan. Berfokus pada latihan kekuatan juga olahraga aerobik (cardio). Namun, pada kebanyakan VR fitness games, olahraga yang difokuskan adalah aerobik. Jadi, semuanya harus disesuaikan dengan tujuan olahragamu.

Meski begitu, VR fitness bisa menjadi alternatif pilihan bagimu yang memiliki waktu terbatas atau jadwal yang padat. Olahraga dengan teknologi virtual reality juga menawarkan pengalaman yang menyenangkan, berkat banyaknya pilihan game yang bisa dimainkan. Sebut saja olahraga boxing, jogging, ataupun High-Intensity Interval Training (HIIT).

Baca juga: Meta Quest Pro, Headset Virtual Reality Terbaru untuk Berkreasi dan Kolaborasi!

Salah satu keuntungan menggunakan VR fitness game adalah kita dapat terus membuktikan hasil latihan kita selama rentang waktu tertentu. Selain itu, Anda juga dapat berbagi progres dan pencapaian Anda pada pengguna lain dari seluruh dunia.

Mulai dari komentar, cerita hari ini, hingga penurunan berat badan yang bisa Anda capai. Tentu, game ini akan terus berkembang dengan beragam fitur baru yang makin atraktif.

Teknologi VR yang terus berkembang memungkinkan makin banyak tipe olahraga yang bisa dieksplor. Bahkan, banyak yang mulai mencoba kembali berolahraga berkat VR fitness.

VR fitness game yang populer saat ini

Dari beragam tipe macam olahraga yang dihadirkan lewat teknologi VR seperti boxing atau jogging, ada beberapa nama game yang tidak asing lagi. Game apa saja mereka? Yuk, bahas apa saja game yang populer saat ini!

VZfit Fitness

vzfit oculus quest
foto: UploadVR.com

Penasaran bagaimana rasanya berolahraga dengan lingkungan dari Google street view? Kamu bisa mencoba software dari VZfit Fitness. VirZOOM, pengembang permainan VR ini mengatakan ada lebih dari 10 juta kilo data street view yang digunakan.

Jadi, kamu bisa mengeksplor berbagai belahan dunia lewat VR fitness game ini. Tentunya, inovasi ini membuat kamu bisa berolahraga bersama teman dan membuat rute olahraga sendiri. Seru, kan?

Supernatural

Supernatural VR Fitness
Sumber: arpost.co

Berbeda dengan VR game lainnya, kamu akan mendapatkan pengalaman berolahraga sekaligus bermain game pertarungan, khusunya pertarungan dengan pedang pada Supernatural. Tentu sangat menyenangkan bukan?

Dalam VR fitness game ini, kamu dapat memilih gambar latar pemandangan alam yang atraktif dari seluruh dunia. Tertarik untuk mencoba?

Pistol Whip

layar permainan VR
Sumber foto: https://cloudheadgames.com/

Dilansir dari halaman resmi pengembang Cloudhead Games, permainan VR yang satu ini terinspirasi dari film aksi terkenal, seperti John Wick dan Equilibrium. Pistol Whip mengajakmu bermain dengan ritme dan irama, tentunya sambil berolahraga.

Pistol Whip merupakan game yang benar-benar akan memaksa kamu menguras keringat. Tapi di sisi lain, permainan ini juga bisa mengurangi stress, hingga meningkatkan kepercayaan diri. Kamu dibawa pada kondisi pertempuran mengalahkan gangster dengan menggunakan pistol.

Mungkin melelahkan, tapi juga menyenangkan. Dengan grafis yang bagus dan warna yang cerah, serta pengalaman imersif, berolahraga jadi terasa menyenangkan.

The Thrill of the Fight

thrill of the fight VR game
Sumber: whatifgaming.com

Mencari permainan VR dengan konsep boxing? Kamu bisa mencoba The Thrill of the Fight. Kamu akan merasa berada di dalam gym virtual, dimana pemain harus melewati 9 lawan artificial intelligence untuk meraih titel juara.

Keunggulan game ini sendiri ada di visual yang realistis dan simulasi boxing yang terasa nyata. Animasi yang dibuat mirip dengan dunia nyata juga terlihat di permainan ini. The Thrill of the Fight akan membuatmu merasa benar-benar berada di dalam ring. jika kamu.

Beat saber

Beat Saber - VR rhythm game
sumber: https://beatsaber.com/

Meski kurang familiar dengan teknologi VR fitness games, nama beat saber sangat populer di kalangan penggemarnya. Video permainan VR ini juga banyak diunggah di platform media sosial YouTube.

Beat Saber sendiri adalah permainan ritme berbasis VR yang dikembangkan dan diterbitkan oleh pengembang permainan asal Ceko, Beat Games. Permainan ini mengambil tempat di lingkungan neon surealis.

Cara bermain Beat Saber cukup sederhana, pemain bermain dengan cara mengiris balok sesuai dengan ketukan musik dengan sepasang pedang berwarna kontras. Setiap blok memiliki warna bervariasi, sesuai dengan warna pedang yang harus digunakan untuk mengirisnya.

Holofit

HOLOFIT
sumber: https://www.holodia.com/

Untuk kamu yang suka berolahraga dengan alat seperti sepeda statis, rowing machine, hingga treadmill, aplikasi Holofit dapat menjadi pilihan yang menarik. Dengan VR game ini, kamu dapat berjalan, bersepeda dan berlari dalam dunia virtual seolah-olah seperti di dunia nyata.

Permainan ini juga menyediakan fitur menarik. Contohnya kamu bisa menggunakan fitur pelatih virtual hingga update konten terbaru.

Ninja Legends

⚡Ninja Legends - Roblox
sumber: roblox.com

Seperti namanya, di game ini kamu akan diajak menjadi ninja di dalam dunia virtual. Game ini dipenuhi dengan body workout, seperti twist, turn, dan squat dengan cepat. Telat bergerak sedikit saja, akan ada musuh yang membunuh Anda.

Synth Riders

Synth Riders on Steam
sumber: steampowered.com

Game ritmik besutan Kluge Interactive ini dirilis untuk PC pada tahun 2018 dan siap untuk digunakan di Oculus Quest di tahun 2019. Sekarang, permainan ini sudah bisa dimainkan dengan Playstation VR. Game ini makin seru dengan fitur penambahan daftar musik sesuai seleramu.

OhShape

OhShape on Steam
sumber: steampowered.com

VR game ini cocok untuk kamu yang ingin tantangan baru saat berolahraga. Konsepnya sederhana, mirip seperti game di acara TV Hole in The Wall.

Pada game ini, kamu diharuskan lolos dari rintangan tembok virtual dengan bentuk lubang yang bermacam-macam. Caranya? Dengan memposisikan tubuh  sesuai bentuk lubang di tembok. Semakin tepat posisi tubuh kamu dengan bentuk lubang di tembok, semakin tinggi nilai yang diperoleh.

FitXR

Fit XR VR fitness
Sumber : fitxr.com

Bagi kamu yang ingin mencoba berbagai macam olahraga pada VR, FitXR merupakan pilihan game yang tepat. FitXR merupakan VR Fitness game yang memadukan dunia virtual reality imersif dengan kelas full body workouts.

FitXR menawarkan 3 macam olahraga aerobik yang pastinya membuat berkeringat, yaitu boxing, dancing, dan olahraga High Intensity Interval Training (HIIT).  Kamu bebas memilih jenis olahraga yang diinginkan.

Tidak hanya ratusan kelas kebugaran yang bisa didapatkan di VR fitness game satu ini, melainkan juga pilihan musik yang bersemangat. Kamu dapat memilih musik-musik pop saat berolahraga, seperti Calvin Harris dan Tiësto.

FitXR selalu menambahkan musik dan kelas baru setiap minggu. Dengan pembaruan ini, diharapkan pemain tidak bosan dan selalu bersemangat saat bermain sekaligus berolahraga.

Dance Central

Dance Central | Harmonix Music Systems, Inc.
sumber: https://www.dancecentral.com/

Kamu suka menari? Jika iya, game yang satu ini pas sekali untuk kamu coba! Dance Central mengajakmu untuk menari bersama karakter-karakter dalam game melalui dance battle.

Game ini juga memiliki jalan cerita dimana kamu bisa mengumpulkan teman yang tadinya rival lewat tantangan menari. Pilih lagu yang kamu mau, karena Dance Central dilengkapi pilihan musik yang cukup banyak.

Phantom: Covert Ops

Phantom: Covert Ops Review – VR Stealth on the Waterways
sumber: https://www.roadtovr.com/

Kalau kamu menyukai game dengan lebih banyak aksi serta jalan cerita yang menarik, Phantom: Covert Ops layak dicoba. Phantom: Covert Ops membuatmu jadi pemain dalam misi militer rahasia.

Layaknya seorang tentara, kamu akan dihadapkan dengan aktivitas fisik yang menantang. Seperti berlari hingga mendayung perahu. Di game ini, kamu bisa mendayung sambil menghindari musuh serta mengalahkan mereka untuk menyelesaikan misi rahasiamu.

Saat ini, Phantom: Covert Ops hanya tersedia di platform Oculus Quest 2. Keunikan konsep dan jalan ceritanya membuat game ini menonjol di antara game VR fitness lainnya.


Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, teknologi VR juga memiliki berbagai fungsi lain seperti pelatihan atau event online. Kalau ingin menerapkan teknologi VR pada bisnis atau acaramu, kamu bisa berkonsultasi dengan smarteye.id.

Mau tahu informasi menarik lainnya seputar teknologi VR? Kamu bisa baca pada laman situs resmi smarteye.id hanya dengan klik di sini

VR Fitness: Keseruan Main Game Sambil Olahraga di Dunia Virtual Reality

Alyssa Sachan