logo

Teknologi Memberikan Dampak Baik atau Justru Buruk, ya?

Teknologi Memberikan Dampak Baik atau Justru Buruk, ya?

Kehadiran teknologi banyak mempermudah pekerjaan manusia dan menjadi investasi yang luar biasa di masa depan. Sama halnya dengan iPhone yang diluncurkan pada tahun 2007. Tidak ada yang menyangka bahwa di tahun 2021, perusahaan tersebut berhasil meluncurkan iPhone 13 dengan perbedaan fitur yang signifikan. Melalui fitur yang ditawarkan, pengguna dengan mudah melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan mobilitas sehari-hari, seperti: keperluan pekerjaan, transportasi, hingga media pembayaran. 

Meskipun begitu, semua hal yang ada di dunia ini tentu memiliki pengaruh baik dan juga buruk, tergantung pemakaiannya. Sama halnya dengan teknologi. Kira-kira, apa saja dampak dan pengaruh yang diberikan teknologi pada kehidupan sehari-hari, ya?

apa saja dampak teknologi bagi kehidupan manusia?
Image by Pexels-Pixabay

Berbagai Dampak Teknologi untuk Kehidupan Manusia

Tak cuma mempermudah hidup manusia, teknologi juga memiliki berbagai dampak positif dan negatif bagi manusia. Beberapa diantaranya seperti kecanduan, penipuan daring berupa scam, phishing, dan kode OTP yang tidak jarang memakan korban dengan kerugian material yang cukup banyak. 

Meskipun begitu, teknologi tentunya juga memberikan pengaruh baik serta mempermudah kehidupan manusia. Yuk, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Dampak Teknologi yang Bermanfaat bagi Manusia

Membahas dampak teknologi memang tidak ada habisnya. Sebab, perkembangan zaman terbilang pesat dan selalu memunculkan inovasi baru. Misalnya, bandingkan saja smartphone 10 tahun yang lalu dengan hari ini. Fiturnya semakin beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan manusia di zaman modern. Apabila digunakan dengan bijak, maka teknologi dapat memberikan manfaat yang luar biasa!

Media Sosial Sudah Menjadi Kebutuhan

Media sosial tidak lagi dianggap sebagai media ‘pribadi’ saja. Bahkan kebutuhan untuk memasarkan produk semakin gencar dilakukan melalui media sosial. Itulah sebabnya, perusahaan besar seperti Instagram, Twitter, Facebook hingga YouTube menawarkan akun versi business yang dilengkapi dengan tools yang mempermudah penggunanya untuk melihat perkembangan media sosial bisnis/brand-nya. 

Meningkatkan Kemampuan Bisnis

Serupa dengan alasan sebelumnya, teknologi memberikan manfaat yang luar biasa bagi perkembangan pemasaran digital. Bersamaan dengan jumlah pengguna media sosial yang banyak, pemasaran digital menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Sebab, cara tersebut dinilai lebih mudah, efektif, dan tidak mengeluarkan biaya besar jika dibandingkan dengan praktik marketing tradisional.

Menumbuhkan Kreativitas

Dampak teknologi juga mempengaruhi kreativitas seseorang untuk terus berkarya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya masyarakat yang mulai membuat konten secara rutin di TikTok, Youtube, maupun platform media sosial lainnya. Bahkan hanya dengan berbekal smartphone, seseorang bisa menjadi content creator. 

Pengaruh Buruk Teknologi

Pada dasarnya teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sebagian memilih bersikap bijak dalam menggunakannya dan ada juga yang sengaja menggunakan teknologi sebagai alat untuk merugikan orang lain. Adapun dampak buruk teknologi sudah disinggung sebelumnya. Kini kita bahas tentang faktor apa saja yang menyebabkan seseorang mengalami dampak buruk saat menggunakan teknologi?

Komunikasi “terlalu mudah”

Perkembangan teknologi yang semakin pesat turut meramaikan munculnya beragam media sosial yang ramai digunakan oleh masyarakat dunia. Mudahnya memiliki media sosial memungkinkan seseorang untuk melihat dan menyaksikan ‘kehidupan pribadi’ orang lain dan meninggalkan komentar. Tentu saja hal tersebut tidak dapat dihindari, sebagian besar bahkan  melontarkan komentar yang bernada menghina dan merendahkan sehingga menyebabkan kerusuhan di kolom komentar media sosial. 

Kondisi itulah yang menyebabkan teknologi dinilai buruk karena memudahkan banyak penggunanya untuk menyampaikan pendapat secara bebas. Namun, hal ini dapat diminimalisir dengan meningkatkan toleransi dan menjaga pendapat untuk tetap sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

Maraknya Penipuan Online

Dampak teknologi dinilai merugikan karena adanya penipuan online yang marak dialami oleh masyarakat. Karena kasus tersebut, masyarakat menjadi lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial. Beberapa contoh modus penipuan online yang kerap terjadi di antaranya adalah: 

  • Scam, modus penipuan berpura-pura menjadi orang yang dikenal dan meminta sejumlah uang atau menawarkan hadiah. 
  • Social engineering, kejahatan yang memanfaatkan interaksi dengan korbannya, misalnya modus penipuan SMS berkedok ‘Mama Minta Pulsa’.
  • Phishing, penipuan yang memanfaatkan data dan informasi penting untuk mengarahkan korban masuk ke situs/halaman palsu dengan tujuan menjebak. Biasanya modus tersebut melibatkan layanan streaming berbayar, UMKM, perbankan, dan e-commerce. 
  • Kode OTP, kode yang sifatnya rahasia dan tidak boleh diberikan kepada siapapun karena menyangkut akses menuju akun yang memuat informasi dan data penting. 

Di samping memberikan kemudahan, dampak teknologi dapat menimbulkan kerugian apabila tidak digunakan dengan bijak. Oleh karena itu, upayakan untuk tetap berhati-hati dalam menyimpan dan membagikan apapun di media sosial. Perketat keamanan terhadap data pribadi dan manfaatkan teknologi dengan baik dan seperlunya. 


Meskipun memiliki dampak buruk, teknologi tentunya juga dapat memberikan dampak baik. Salah satu teknologi baru yang sedang ramai dibicarakan adalah Virtual Reality dan Augmented Reality. Walaupun masih tergolong baru, namun sudah banyak dampak baik yang dihasilkan kedua teknologi ini.

Tertarik untuk tahu lebih lanjut terkait Virtual Reality dan Augmented Reality? Hubungi smarteye.id! smarteye.id adalah salah satu penyedia jasa VR dan AR terbaik di Indonesia. Merupakan bagian dari Telkom Indonesia, smarteye.id telah melayani berbagai klien besar mulai dari Pertamina, Unilever hingga ASTRA. Tunggu apalagi? Konsultasikan kebutuhan secara gratis sekarang juga!

Teknologi Memberikan Dampak Baik atau Justru Buruk, ya?

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.