Saat Anda berselancar di dunia maya ataupun media sosial, mungkin beberapa kali Anda melihat atau mendengar istilah-istilah yang masih asing. Dalam bidang teknologi mutakhir misalnya, ada istilah Extended Reality (ER). Bisa jadi, Anda juga masih bingung dengan istilah ini. Apa bedanya dengan Virtual Reality (VR) & Augmented Reality (AR) yang selama ini kita bicarakan? Sebenarnya extended reality adalah payung atau wadah dari VR & AR. Keduanya merupakan bentuk populer dari extended reality. Tentu, mixed reality (MR) juga bagian ER, karena kombinasi dari 2 hal tersebut.

Lantas,  bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari hari?

Potensi Extended Reality adalah Kunci

Foto oleh Sound On dari Pexels

Selama beberapa dekade terakhir, teknologi berkembang dengan sangat pesat. Bayangkan saja, handphone yang dulu dianggap paling canggih, dalam waktu 10 tahun sudah jadi barang usang. Teknologi extended reality adalah bukti nyata pesatnya kemajuan ini. Tak cuma mempermudah kehidupan tapi juga menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar.

IDTechEx memperkirakan perkembangan potensi pasar extended reality, termasuk VR AR, & MR bertumbuh hingga 30 miliar dolar di tahun 2030. Selain perkembangan pasar, ragam produk berteknologi ini juga makin banyak. Tentu makin banyak lini kehidupan yang terbantu dan dimudahkan dengan penerapan teknologi VR, AR, maupun MR.

Permulaan yang Bagus

Foto oleh Darlene Anderson dari Pexels

Selama ini, teknologi VR & AR sudah sangat terlihat perkembangannya. Penerapan dalam kehidupan sehari-hari juga sangat nyata. Minimal terlihat dalam aplikasi hiburan dalam smartphone, seperti game. Pada sektor bisnis, teknologi VR dan AR tak cuma diperkenalkan tapi juga telah diterapkan.

Fakta ini menunjukkan bahwa di Indonesia, extended reality adalah sesuatu yang sudah diperkenalkan sejak lama, meski belum dikenal secara definisi. Teknologinya sudah digunakan, sudah familiar, tapi orang tidak tahu kalau itu adalah extended reality. Hal ini tidak masalah, seiring waktu, orang akan mengetahuai tentang extended reality.       

Lihat juga: “VR Indonesia, Sumbangsih untuk Perekonomian Bangsa”

 Makin Hepi dengan Virtual Reality

image by Freepik.com

Virtual reality merupakan salah satu extended reality yang paling dekat dengan hidup kita. Seperti namanya, “Virtual” berarti dekat, sedangkan “reality” merupakan hal-hal nyata yang dialami manusia. Dengan kata lain, virtual reality artiknya mendekati kenyataan. Orang yang tadinya berjauhan bisa terasa dekat dengan bantuan teknologi ini.

Lihat juga: “Apa itu Virtual Reality?”

Tak cuma untuk komunikasi, virtual reality juga sangat membantu untuk pelatihan atau training, seperti training prkatek dokter, simulator pesawat, hingga pertambangan. Selain lebih aman, training dengan VR juga jauh lebih hemat. Tentu semua pihak akan senang dengan manfaat yang diberikan oleh VR.

Berselancar ke Dunia Nyata Dengan Augmented Reality

Foto oleh Eugene Capon dari Pexels

Sama seperti virtual reality, augmented reality juga banyak tidak disadari keberadannya. Padahal, teknologinya sudah ada pada perangkat yang sudah melekat, yakni smartphone. Tentu saja, pada aplikasi di dalamnya. Lantas, apa bedanya dengan virtual reality?

Kedua teknologi ini hampir sama, namun ada perbedaan mendasar. Virtual realiy membawa seseorang dalam dunia digital, sementara augmented reality kebalikannya. Ia membawa dunia digital beserta objeknya di dunia nyata. Contoh augmented reality paling mudah adalah fitur filter pada Instagram. Anda dapat mengubah wajah, rambut, dan aksesoris lucu lainnya, hanya dengan mengarahkan kamera smartphone pada wajah Anda. Tentu, wajah Anda tidak akan berubah, tapi, yang berubah adalah potret Anda. Menarik bukan?

Selain untuk hiburan seperti Instagram, augmented reality (AI) berguna untuk bidang retail. Misalnya, Ikea pernah melakukan promosi dengan AI. Hanya dengan menggunakan aplikasinya, Anda dapat memilih furniture impian dan mencoba padu padankan dengan warna dan nuansa di rumah Anda.

Masih banyak kegunaan kedua teknologi ini. Bahkan, kedua teknologi tersebut bisa dikolaborasikan dalam mixed reality. Tentu, fungsionalitasnya jadi makin maksimal. Masih penasaran dengan teknologi ini? Simak artikel Smarteye dengan teknologi mixed reality atau simak video youtube di bawah ini:

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.