Disney+ Merilis Short Film dengan Teknologi AR Berjudul “Remembering”

Disney+ Merilis Short Film dengan Teknologi AR Berjudul “Remembering”

Setiap tahunnya platform streaming service film dan serial tv Disney+ mengadakan acara tahunan untuk menandai ulang tahun peluncurannya pada 2021. Perayaan ini dinamakan Disney+ Day yang jatuh pada tanggal 8 September. Saat acara berlangsung, perusahaan akan mengumumkan berbagai film dan serial tv yang akan dirilis di masa mendatang.

Pada Disney+ Day 2022, perusahaan ini merilis sebuah film pendek unik yang menggunakan teknologi AR. Film pendek augmented reality Disney ini berjudul “Remembering”. 

Film canggih tersebut diperankan dan diproduksi oleh pemeran “Captain Marvel” Brie Larson. Sutradara “Take Every Wave: Laird in VR”, Elijah Allan-Blitz menjadi sutradara dan penulis dalam film augmented reality Disney tersebut.

Film pendek berdurasi delapan menit tersebut memanfaatkan aplikasi augmented reality agar membuat sensasi menonton lebih interaktif. Penonton dapat memindai TV mereka menggunakan perangkat iOS untuk menonton tambahan ekstensi film pada layar iPhone.

Sumber: Youtube Disney Plus

Film Fantasi Unik yang Menceritakan tentang Imajinasi dan Kreativitas

Film augmented reality Disney ini menceritakan tentang imajinasi dan kreativitas. Brie Larson berperan sebagai seorang penulis. Suatu hari ia lupa akan suatu ide ketika teleponnya berdering dan mengganggu pikirannya. 

Penulis itu berusaha mengingat kembali idenya yang hilang. Saat sedang mengingat, muncul suara dari pikiran batin sang penulis. Suara pikiran batin tersebut kemudian muncul dalam bentuk yang menyerupai seorang anak kecil.

Anak kecil yang merupakan suara dari pikiran batin sang penulis ini tinggal dalam dunia fantasi bernama “The World of Imagination”. Dunia tersebut penuh dengan pelangi, bintang, dan awan berbentuk lumba-lumba. Mereka kemudian bersama-sama berusaha mengingat dan mencari ide yang hilang tersebut.

Meskipun hanya terlihat seperti film fantasi, Remembering memiliki esensi yang cukup dalam. Film ini bertujuan untuk memicu diskusi tentang pentingnya mengingat jiwa muda dan kreativitas yang ada dan pernah kita miliki. Hal tersebut ditunjukan dalam alur cerita seperti alasan mengapa orang dewasa terkadang enggan menggunakan imajinasi mereka.

Alur Cerita Penuh Imajinasi yang Dikombinasikan dengan Aplikasi Interaktif berbasis Augmented Reality

Remembering menjadi film augmented reality Disney pertama yang terhubung langsung dengan aplikasi AR pada Disney+. Dikutip dari TechCrunch, perusahaan menambahkan fitur AR pada film ini untuk bereksperimen. Mereka ingin melihat seberapa jauh teknologi AR dapat meningkatkan storytelling saat sedang menonton film.

Teknologi augmented reality dalam Remembering dirancang untuk menghidupkan latar selama film augmented reality Disney tersebut berlangsung. Penonton dapat merasakan sensasi berada di dalam “The World of Imagination” dengan menggunakan smartphone mereka. Sayangnya, aplikasi AR film ini hanya tersedia dalam perangkat iOS.

film augmented reality disney
Sumber: Disney Movies

Untuk dapat mengakses aplikasi AR, penonton dapat memindai kode QR yang ada di layar TV mereka. Kode QR tersebut akan mengarahkan pengguna pada link untuk mengunduh aplikasi “Remembering” The AR Experience”. Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat iPhone atau iPad. 

Kamu juga dapat mengunduh aplikasi AR melalui link disney.com/remembering. Namun aplikasi ini hanya tersedia di beberapa negara. Sayangnya Indonesia belum termasuk ke dalam beberapa negara tersebut sehingga kita tidak dapat mengaksesnya.

Saat penonton mengarahkan perangkat iOS mereka ke TV, mereka akan melihat air terjun mengalir ke lantai serta lumba-lumba, kupu-kupu, pohon, dedaunan, bunga bercahaya, dan elemen digital menakjubkan lainnya.


Film augmented reality Disney ini menjadi langkah pertama bagi perusahaan untuk membuat AR experience dalam dunia perfilman di masa mendatang. Apakah kamu tertarik untuk mengetahui film atau aplikasi lain yang dilengkapi dengan teknologi AR? Jika kamu tertarik, ayo kunjungi smarteye.id untuk mengetahui informasi seputar augmented reality!

Disney+ Merilis Short Film dengan Teknologi AR Berjudul “Remembering”

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!