Keseruan Penggunaan Filter AR pada Sosial Media!

Keseruan Penggunaan Filter AR pada Sosial Media!

Dewasa ini, siapa yang tak punya akun sosial media? Jejaring sosial menarik minat banyak pengguna dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ada banyak keseruan yang bisa kamu dapatkan dari platform sosial media seperti membuat konten video hingga berbagi cerita dengan teman di dunia maya.

Brand aplikasi ternama menghadirkan augmented reality (AR) untuk pengalaman pengguna yang lebih menakjubkan. Artikel ini akan membahas penerapan filter AR pada sosial media dan contoh pengunaannya. Penasaran seperti apa? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Filter AR?

Filter AR adalah inovasi tampilan gambar digital pada lingkungan nyata yang disematkan pada jejaring sosial media untuk menunjang kreativitas kreator. Filter augmented reality ini umumnya digunakan pada wajah untuk mempercantik riasan. Namun tak hanya itu, filter AR juga bisa digunakan untuk game, quiz, juga dekorasi warna pada foto dan video.

Penerapan Augmented Reality di Snapchat

Sosial media yang satu ini cukup berfokus untuk mengajak kreator mengeksplorasi diri melalui tangkapan gambar kamera. Pada Agustus 2020, Snapchat merilis filter Cartoon Face Lense yang membuat tampilan wajah seperti kartun yang realistis. Filter-filter yang unik ini membuat pengguna semakin tertarik untuk memakai Snapchat.

Ada banyak filter snapchat yang mencuri perhatian publik, contohnya seperti filter menangis. Kamu bisa dengan mudah mencari filter Crying Lens dengan menulis kata kunci “Menangis” atau “Crying” pada mesin pencarian Snapchat. Keseruan dari filter AR ini sukses membuat pengguna mengunduh konten hingga ke aplikasi sosial lain selain Snapchat, lho!

Baca juga: Meriahnya Winter Olympics 2018 dengan Augmented Reality

Penerapan Augmented Reality di TikTok

Platform berbasis video ini juga memanfaatkan augmented reality untuk menciptakan filter-filter yang menarik untuk kreator. Untuk menambah keseruan, para pengguna juga bisa menciptakan filter sendiri, lho! Kamu bisa gunakan Effect House untuk buat filter AR sesuai kreativitasmu.

TikTok menyematkan teknologi LiDAR (Light Detection and Ranging) yang dapat meraba optik untuk mengukur jarak benda dan objek di sekitar menggunakan cahaya. Dengan inovasi ini, konten hasil kreasi dengan AR tampak lebih realistis dan akurat. Filter AR pertama rilisan TikTok ialah efek bola pinata pada momen Tahun Baru 2021 dengan animasi countdown.

Filter AR Tiktok
Foto oleh Next Reality

Penerapan Augmented Reality di Instagram

Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang banyak digemari masyarakat. Kamu bisa mengambil foto dan video dengan berbagai filter digital dan membagikannya. Keseruan tak hanya sampai di situ saja ya. Ada banyak fitur di dalam aplikasi ini termasuk Live Streaming, IGTV, Instagram Story, Reels dan lainnya.

Untuk melengkapi fitur-fitur ini, Instagram menerapkan teknologi AR untuk memfasilitasi kreativitas pengguna. Augmented reality sendiri berperan sebagai teknologi yang bisa menghadirkan gambar digital pada lingkungan sekitar guna menambah keseruan dan kebebasan kreator dalam berkarya. Kamu bisa gunakan teknologi filter wajah pada Instagram Story dan Live Streaming, alat promosi berbasis augmented reality, dan sebagai wadah kreativitas kreator yang lebih bebas.

Umumnya, ada beberapa jenis filter AR yang banyak digunakan para pengguna Instagram. Yang pertama ialah Filter Colour Adjustment yang bisa merubah warna tangkapan gambar secara real-time. Kemudian ada juga efek beautifying yang bisa menambahkan riasan virtual pada wajah. Kamu bisa gunakan software Spark AR Studio untuk menciptakan filter instagram sendiri, ya!

Efek lainnya meliputi AR Quiz dan game untuk menghadirkan hiburan interaktif yang bisa dimanfaatkan brand untuk meningkatkan engagement. Ada pula filter AR random, immersive, target tracker dan filter AR real world. Filter-filter ini juga bisa dilengkapi dengan musik, lho!

Lihat juga “Teknologi Augmented Reality di Balik Keberhasilan Face Filter Instagram


Itulah keseruan augmented reality bagi pengguna Instagram, Snapchat dan TikTok. Jika kamu tertarik dengan augmented reality (AR) maupun virtual reality (VR), kamu bisa baca lebih banyak informasi dengan kunjungi situs smarteye.id. Cukup klik di sini saja!

Keseruan Penggunaan Filter AR pada Sosial Media!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.