Fitur AR dalam Aplikasi Walmart Berikan Pengalaman Unik Berbelanja di Rumah dan Toko

Fitur AR dalam Aplikasi Walmart Berikan Pengalaman Unik Berbelanja di Rumah dan Toko

Mengikuti jejak IKEA, Walmart sebagai perusahaan retail multinasional mulai berinovasi dengan menggunakan teknologi virtual dan augmented reality. Maka dari itu, Walmart Global Tech sedang mengembangkan fitur AR ke dalam aplikasinya untuk mengubah cara pelanggan melihat produk. Coba bayangkan, sebelum berbelanja kamu dapat menguji produk di rumah dan memindai produk di toko melalui ponsel.

Baca juga: 3 Cara Augmented Reality Dapat Mengubah Industri Ritel

Bukan cuman pelanggan yang dapat menggunakan fitur AR dalam aplikasi Walmart ini, tapi pekerja toko pun bisa. Sayangnya fitur ini baru tersedia di iOS. Walmart sendiri masih merencanakan pengembangan fitur ini untuk OS lain seperti Android ataupun Windows. Daripada bingung, yuk kita simak penjelasan yang sudah smarteye.id rangkum spesial untuk kamu dibawah!

Apa Saja Dua Fitur AR Terbaru yang Diluncurkan Walmart?

View in Your Space

Fitur AR dalam aplikasi Walmart yang pertama yakni ‘View in Your Space’ bertujuan untuk meyakinkan para pelanggan saat memilih produk sebelum menyelesaikan proses pembelian. Dengan fitur tersebut, pelanggan dapat melihat produk furnitur dan dekorasi rumah di suatu ruangan secara digital. Tentunya kamu dapat mencoba fitur AR ini di rumahmu sendiri, praktis bukan?

Tak perlu pusing mencoba satu persatu, produk yang mendukung AR akan ditandai dengan tombol ‘View in Your Space‘. Saat ini, baru ada 300 produk furnitur dan dekorasi rumah yang tersedia untuk kamu coba. Namun, jangan khawatir karena Walmart akan terus menambah produk lain di waktu mendatang.

Untuk mengakses fitur AR tersebut, pelanggan hanya perlu mengklik tombol ‘View in Your Space‘ pada produk saat berbelanja di aplikasi Walmart. Kemudian, kamera perangkat akan menyala dan memberikan panduan mengenai cara melihat produk di ruang sendiri. Pelanggan juga dapat mengubah dimensi ukuran produk untuk memeriksa apakah produk tersebut muat atau tidak di dalam ruangan.

Terdapat juga fitur AR tambahan pada aplikasi Walmart dengan menggunakan kontrol gerakan. Pengguna dapat merasakan getaran pada perangkat yang digunakan, saat salah memindahkan produk di dalam ruangan. Sehingga dapat membantu pelanggan untuk mencegah terbatasnya mobilitas dalam ruangan.

Melihat Rak Produk di Toko dengan Cara Berbeda

Fitur AR dalam aplikasi Walmart yang kedua ini memiliki banyak fungsi terutama untuk utilitas di toko. Dimana fitur AR dapat membantu efisiensi pelanggan dan pekerja dalam mencari serta memperoleh informasi suatu produk. Bagaimana caranya?

Melalui aplikasi, kamu hanya perlu arahkan kamera dan pindai produk yang diinginkan. Setelah itu, akan muncul tampilan informasi produk tersebut seperti komposisi makanan, nilai gizi, cara konsumsi, dan lain-lain. Di sisi lain, kamu juga dapat melihat produk mana yang termasuk bagian dari program berhadiah atau yang bisa ditukarkan dengan kupon.

Sekarang kamu tidak akan pernah melihat rak toko dengan cara yang sama lagi! Ketika kamera diarahkan dan memindai rak toko, kamu dapat memfilter koleksi produk berdasarkan preferensi pribadi serta mengidentifikasi produk lebih cepat dan mudah. Bahkan dapat membantu pekerja dalam mempercepat proses penataan produk ke rak.

Semua fitur AR dalam aplikasi Walmart telah memberikan pengalaman yang cepat, menarik, dan personalisasi yang interaktif. Selain pengalaman, menggunakan teknologi AR juga bermanfaat untuk menghemat waktu dan biaya baik untuk operasional toko maupun pelanggan.

Baca juga: Peran Augmented Reality dalam Retail, Nikmati Pengalaman Belanja yang Menyenangkan!


Penggunaan teknologi virtual dan augmented reality dalam bisnis retail memang sudah tak asing lagi. Jadi apalagi yang kamu tunggu? Yuk, kita mulai visualisasikan bisnis mu  karena smarteye.id tidak sabar untuk berkonsultasi dengan kamu!

Fitur AR dalam Aplikasi Walmart Berikan Pengalaman Unik Berbelanja di Rumah dan Toko

Veronica Heny

Never thought i could become a writer. This is my favorite crime.