Di saat zaman yang bersaing ini, banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba memberikan pengalaman berbelanja terbaik untuk para konsumen. Promosi besar-besaran juga dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa dengan cara memviralkan produk lewat platform media sosial, menggunakan jasa influencer ternama di Indonesia,  bahkan hingga mengaplikasikan teknologi paling mutakhir.

Salah satu bidang yang banyak diminati oleh masyarakat adalah Kecantikan. Banyak orang yang gemar bersolek untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan memberikan sedikit warna khususnya di area kepala (wajah dan rambut). Selain itu, bersolek juga dapat memperbarui tampilan diri.

Maka dari itu, banyak juga konsumen yang selalu mencari produk kecantikan yang terbaik dan sesuai dengan keadaan mereka dari warna yang cocok hingga budget yang pas. Biasanya, konsumen akan mengunjungi beberapa toko produk untuk melihat langsung keadaan warna foundation, concealer, blush, eyeshadow, pewarna rambut dan lipstick agar bisa mencobanya di tempat dengan tester produk sehingga dapat segera memutuskan yang mana yang akan dibeli dan cocok dengan warnanya. Lalu, jika belum dapat produk yang pas, konsumen bisa mencarinya ke tempat toko lain di dalam sebuah pusat perbelanjaan yang sama; sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui!

Namun, karena pandemic melanda seluruh dunia, masyarakat dihimbau untuk mengurangi segala hal yang berhubungan dengan bersentuhan sesama individu. Dengan mempraktikan protocol Kesehatan, rasanya tidak mungkin untuk melakukan percobaan produk make up. Akan sulit untuk konsumen jika mendatangi toko kecantikan dan harus melakukan swatch seperti dahulu dilakukan. Hal tersebut dapat mendatangkan bahaya karena kita tidak tahu diapa saja yang sudah menyentuh tester produk-produk tersebut. Untuk menghindari penularan yang tidak diinginkan, maka sangat dianjurkan untuk berhenti melakukan percobaan di dalam toko.

Untuk menangani masalah tersebut, perusahaan kecantikan dan e-commerce di Indonesia telah menemukan solusinya, yaitu dengan diadakannya fitur AR Make Up Try-On.

Apa sih AR Make Up Try On itu?

Jika sebelumnya Anda belum pernah mendengarnya, AR adalah Augmented Reality, yaitu teknologi yang dapat menggabungkan dunia nyata dengan objek maya 2D atau 3D dengan bantuan perangkat lunak yang memakai aplikasi khusus dibuat interaktif dengan menggerakan kamera yang ada di smartphone Anda secara real time atau live. Jadi, saat itu digunakan, saat itu juga efek interaktifnya ‘bermain’ dengan Anda.

AR memiliki banyak manfaat strategis, salah satunya pada saat bermain game interactive seperti Pokémon GO, bermain dengan filter di Snapchat dengan menghadirkan ‘dunia baru’, bahkan teknologi ini dapat membantu pemasaran sebuah produk. Perusahaan saat ini sudah memakai AR sebagai salah satu fitur yang ditawarkan, salah satunya di bidang kecantikan.

Anda sudah tidak perlu khawatir lagi jika berbelanja produk kecantikan di masa pandemi ini. Sekarang, konsumen bisa membeli  Sudah tidak perlu khawatir lagi tentang adanya pembatasan sosial karena pandemi ini. Sekarang Anda dapat membeli foundation, concealer, blush, eyeshadow, lipstick, dan pewarna rambut tanpa harus dating ke toko dan melakukan swatch di tempat: kali ini bisa ‘coba’ hanya lewat online saja, dengan bantuan teknologi AR ini.

Cara memakai fitur Try On ini, Anda harus berada di dalam smartphone atau laptop yang memiliki webcam. Telusuri website atau e-commerce yang dapat menawarkan fitur AR ini. Arahkan kamera depan smartphone dan laptop lalu sesuaikan dengan wajah Anda. Lalu pilih warna yang ingin di coba. Praktis, bukan?

Perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan membutuhkan AR sebagai salah satu jalan agar dapat berinteraksi dengan konsumen melalui cara baru, yaitu adanya perangkat interaktif agar konsumen dapat mencoba tanpa harus menyentuh produk tester. Hal ini sangat memudahkan konsumen untuk memilih warna yang sesuai untuk yang dibutuhkan.

SmartEye memiliki beberapa daftar brand lokal dan e-commerce yang mempunyai fitur AR Make Up Try On untuk Anda bisa coba. Mari simak!

EMINA COSMETICS

Anda hanya perlu mengunjungi website Emina agar bisa mencoba virtual tester dengan AR, bisa dengan menggunakan model atau menggugah foto Anda lewat smartphone atau laptop. Mereka menyediakan warna atau shade untuk lipstick, make up wajah dan eyeshadow. Setelah itu, Anda dapat dapat menyimpan hasil foto akhir untuk preferensi Anda.

WARDAH

Produk kecantikan yang terkenal dengan kehalalannya ini juga memiliki fitur AR Make Up Try On di website nya. Sama seperti Emina, Anda dapat memakai model atau menggunggah foto yang bisa disimpan setelahnya.  Produk yang bisa di coba adalah produk lipstick yaitu Wardah Long Lasting Lipstick, Colorfit Velvet Matte Lip Mousse, Exclusive Matte Lip Cream, Intense Matte Lipstick dan Colorfit Ultra Light Matte Lipstick. Mereka juga menyediakan try on untuk Wardah Exclusive Blush On, Blush On seri A, B, C, dan D.

GARNIER HAIR COLOUR

Perusahaan yang mempunyai produk pewarna rambut ini juga ikut serta menggunakan fitur AR Try On. Jika sebelumnya Anda bertanya-tanya seperti apa jadinya jika rambut hitam asli Anda berubah menjadi merah atau coklat, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Selain itu, Anda tidak harus mencoba langsung pewarna itu di kepala Anda terlebih dahulu. Caranya cukup kunjungi website Garnier Indonesia, pilih varian produk semir rambut yang ingin dicoba, lalu pilih warna, setelah itu klik “TRY IT ON” dan arahkan kamera depan ke wajah Anda dan pastikan rambut Anda terlihat. Mudah, bukan?

JD.ID dan Shopee

Selain perusahaan individu seperti diatas, perusahaan e-commerce seperti JD.ID dan Shopee juga ikut serta memberikan fitur AR Try On untuk pengguna aplikasinya yang ingin membeli produk kosmetik lewat platform jual beli mereka.

JD.ID memberi cara dengan pengguna melakukan swafoto dan hasilnya bisa disimpan. Fitur Try On juga dapat dinikmati pengguna iOS dan Android. Mereka telah bekerjasama dengan brand kecantikan Wardah, Emina, Make Over, Maybelline, Loreal, Nacific Cosmetic, I’m Meme, Somethinc, Pixy, Safi, dan Marina Glow Ready sehingga pengguna dapat mencoba berbagai macam jenis produk yang tersedia.

Untuk Shopee, fitur tersebut bernama BeautyCam dan bekerjasama dengan L’Oreal, Maybelline, dan NYX. Cara menggunakannya adalah dengan memilih produk, klik tombol “Coba Sekarang”, pilih warna yang diinginkan untuk melihat aplikasinya terhadap Anda.

Fitur AR Try On ini memang bisa memudahkan pembeli dalam mencoba memilih produk yang akan dibeli tanpa harus berada di toko secara fisik. Karena keadaan pandemi, solusi ini sangat dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang diinginkan, namun para pembeli masih bisa menikmati pengalaman berbelanja produk kecantikan yang mengasyikan.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.