PlayStation VR, Perangkat VR Spesial Khusus Gamers

PlayStation VR, Perangkat VR Spesial Khusus Gamers

Siapa yang tidak kenal dengan PlayStation? Konsol game grafis buatan Sony Interactive Entertainment ini sudah ada sejak tahun 1990-an. PlayStation atau dikenal juga dengan sebutan PS turut serta dalam perkembangan teknologi dan menghadirkan pengalaman bermain yang semakin seru dari tahun ke tahun. 

Pada tahun 2014 lalu, PlayStation berinovasi menggunakan teknologi virtual reality (VR). Prototipe ini diberi nama Project Morpheus yang menjadi cikal bakal dari inovasi gaming di masa depan. Perangkat ini mengundang antusiasme para gamers sejak muncul dalam ajang Game Developer Conference beberapa tahun silam.  

PlayStation VR
Foto oleh PlayStation

Sony menggandeng setidaknya 230 developer dan pembuat software untuk mengisi konten seperti Ubisoft, 2K Games dan Bandai Namco. Jadi, para pengguna perangkat ini dijamin dapat menikmati konten terbaik. Sekarang, Project Morpheus dikenal dengan sebutan PlayStation VR​​ (PSVR).

Seiring dengan hadirnya game konsol PS5, PlayStation dikabarkan akan merilis PSVR 2 atau PlayStation VR Next-Gen. Namun, PSVR yang saat ini beredar di pasar diperkirakan masih kompatibel hingga tahun 2024. Tidak mengherankan jika perangkat ini begitu diminati karena mengusung berbagai konten dan fitur keren yang cukup menarik perhatian para gamers. Apa saja fitur yang membuat perangkat VR ini begitu diminati? Simak selengkapnya di bawah ini! 

Konten PSVR Menarik

Konten yang diusung oleh Sony di perangkat PSVR ini dikabarkan tidak hanya menjadi yang terbaik di kelasnya tetapi juga tersedia dalam banyak pilihan. Beberapa konten untuk PSVR antara lain adalah Battlefront dari Electronics Art, Wayward Sku dari Uber Entertainment dan Eagle Flights dari Ubisoft. Selain itu ada juga kompilasi 6 games melalui The Playroom VR, di mana permainan tersebut dapat diunduh dari Playstation Store secara gratis. 

Pada saat pertama kali diluncurkan, sudah ada 60 konten PSVR yang dapat dimainkan di wilayah Asia. Beberapa konten tersebut merupakan buatan dari developer asal Asia Seperti O! My Genesis dari Studio XPEC Entertainment Taiwan dan Stifled dari studio Gattai Games Singapura. Pada generasi PSVR yang lebih baru, kamu bisa memainkan game VR seperti Astro Bot: Rescue Mission, Tetris Effect, Blood & Truth, Moss, Beat Saber dan Resident Evil 7 Biohazard. 

Layar VR Super Canggih

PSVR adalah langkah awal dari Sony untuk meramaikan pasar gaming. Mulanya, perangkat ini didesain dengan display beresolusi 1080p, lengkap dengan kamera pendeteksi gerakan yang bisa menyajikan tampilan seakan nyata secara real time. Penggemar game merasa puas dengan layar OLED berukuran 5,7 inch beresolusi 1920 x 1080 piksel. Selain itu, perangkat ini juga mengusung audio 3D, sensor akselerometer, giroskop, dan sudut pandang lebar hingga 100 derajat. Kabarnya, teknologi layar ini dapat menampilkan games sampai 120 frame per detik, latensi di bawah 18 milidetik, dan tracking sensor 360 derajat.

Kedepannya, PSVR generasi baru menjanjikan fitur-fitur virtual reality yang semakin menarik. Peningkatan dalam aspek resolusi, bidang tampilan dan pelacakan akan dilakukan. Dilansir dari Liputan 6, PSVR 2 akan menggabungkan fitur utama pada pengontrol nirkabel DualSense. PSVR 2 akan hadir dengan layar OLED beresolusi 2000 x 2040 pixel dengan sudut pandang hingga 110 derajat. Akan ada empat kamera yang digunakan untuk pelacakan pada headset dengan efek getar untuk hasil yang lebih terasa nyata. 

Lihat juga: “6 Rekomendasi Perangkat VR

Kompatibel dengan PS4 dan PS5

Jika para pesaingnya seperti HTC Vive VR dan Oculus Rift memerlukan perangkat PC berspesifikasi mumpuni untuk dapat digunakan, perangkat PSVR dapat langsung terhubung ke PS4 atau PS5. Untuk PSVR 2, kamu bisa koneksikan dengan PS5 melalui USB Type-C. Yang menariknya lagi, kamu juga dapat menikmati foto dan video dengan tampilan 360 derajat. Namun, konten tersebut harus diambil atau direkam dengan kamera omnidirectional yang akan membuat kamu merasa seperti masuk ke dalam gambar tersebut.

PSVR dijual dalam paket bundling berisikan unit prosesor, HDMI, kabel koneksi, USB, AC adaptor dan headphone stereo. Meski cukup merogoh kocek, harga yang ditawarkan tentunya sepadan mengingat kelengkapan perangkat yang kamu dapatkan.


Tertarik dengan PlayStation VR? Sebelum membeli, baca juga informasi terkait perangkat VR lainnya hanya di smarteye.id!

PlayStation VR, Perangkat VR Spesial Khusus Gamers

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.