Bukan Hanya untuk Keren-Kerenan, Ini Kegunaan Foto 360 dari Berbagai Aspek

Sekilas mungkin fitur 360 derajat bagus untuk keren-kerenan di media sosial. Namun, foto 360 sebenarnya bukan hanya untuk pelengkap koleksi feed foto Anda loh. Mau tahu apa saja kegunaannya?

foto 360_Samsung Gear 360_credits to Kompas_smarteye(dot)id
Samsung Gear 360. Salah satu kamera 360 keluaran Samsung. Credits to Kompas

Anda mungkin familier dengan foto 360 yang mirip dengan kombinasi teknik foto fisheye dan panorama di smartphone. Menurut Plazakamera.com, pada Maret 2015 lalu Google mencetuskan video 360 derajat untuk YouTube. Google mengajak serta kamera Ricoh Theta, Giroptic 360Cam, IC Real Tech Allie, Kodak SP360, dan Bulbcam untuk mempersiapkan script sehingga YouTube dapat menyiarkan hasil video.

Seiring perkembangan teknologi, Facebook memperkenalkan kamera 360 ke dalam fitur andalannya. Berkat fitur ini, Anda bisa membagikan foto atau video 360 derajat. Adobe Premiere Pro juga kini menghadirkan fitur edit video 360.

Teknologi virtual reality mencuat kembali sejak beberapa tahun lalu. Antara lain melalui headset VR Oculus Rift lewat proyek Kickstarter 2012 dan headset Cardboard Google. Popularitas VR juga menuai minat terhadap komponen pendukung, seperti kamera foto 360 derajat dan konten lain berbasis VR.

Sekilas mungkin fitur 360 derajat bagus untuk keren-kerenan di media sosial. Namun, foto 360 sebenarnya bukan hanya untuk pelengkap koleksi feed foto Anda loh. Mau tahu apa saja kegunaannya?

 

Mampu Menampilkan Berbagai Objek Sekaligus

Kamera foto 360 derajat tidak bisa disamakan dengan kamera foto biasa. Ambil contoh kamera Samsung Gear 360, optimal digunakan untuk menangkap gambar yang memiliki banyak POI (point of interest). Jadi, tepat Anda gunakan untuk memotret pemandangan alam, suasana ruangan, keramaian pasar, dan foto situasional lainnya.

Hasil foto kamera 360 juga bisa Anda manfaatkan sewaktu-waktu Anda berniat membeli properti, tapi tak sempat datang ke lokasi. Kamera 360 akan membantu Anda memperlihatkan keseluruhan sudut rumah secara lengkap. Sekarang ini sudah tersedia jasa VR 360 Photo Tour yang sanggup mendokumentasikannya untuk Anda.

foto 360 car interior_credits to behance_smarteye(dot)id
Salah Satu Contoh Penggunaan foto 360 dalam Otomotif adalah Pengambilan Gambar dalam Interior Mobil. Credits to Behance

‘Spion’ untuk Melihat Keadaan Sekitar Mobil

Kamera 360 memiliki fungsi lain seputar kenyamanan Anda berkendara. Mundur dan belok tak jarang menjadi langkah yang memerlukan kehati-hatian. Salah-salah, Anda menabrak sisi bangunan dan membaret mobil Anda, atau kendaraan yang antre di belakang mobil Anda. Kamera 360 yang ditanam di mobil bisa membantu kesulitan Anda memperkirakan jarak ketika mundur, belok, atau parkir.

 

Tak Perlu Lagi Unduh QR Code Scanner

Jika Anda mengikuti perkembangan camera 360 sejak awal pemunculan, Anda pasti sudah tahu perbedaannya dengan versi baru. Di Camera 360 versi terbaru, Anda tak perlu mengunduh aplikasi pemindai QR Code untuk membaca teks, membuka halaman website, membuka link video, dan sebagainya.
 

Sudut Pengambilan Gambar Lebih Lebar

foto 360 perumahan_credits to plazakamera_smarteye(dot)id
Contoh pengambilan gambar 360 salah satu sudut rumah dengan kamera 360. Credits to Plazakamera
foto 360 smarteye team
Team dari Smarteye.id wefie dengan Ricoh, salah satu kamera 360

Kalau kemampuan yang satu ini, kami yakin Anda sudah melihatnya langsung. Ya, foto 360 bisa menangkap area foto yang lebih luas dan tak terpotong. Wide angle biasa digunakan untuk foto panorama atau ruangan. Bisa juga saat Anda hendak wefie dengan teman sekantor yang jumlahnya banyak. Gak ada lagi deh yang mengeluh, “Kok gue gak kelihatan?”

 

Lensa Back-to-back, Bisa Ambil Foto/Video 360 di Saat Bersamaan

Kamera digital 360 derajat mampu mengambil gambar atau video 360 dengan lensa back-to-back. Kamera ini juga sudah dilengkapi mode VR (virtual reality), built-in stitching, Wi-Fi, dan bluetooth. Satu kamera dengan fungsi lebih dari sekadar gaya-gayaan. Jadi, untuk membuat VR Video Anda cukup mengaktifkan kamera ini saja.

Untuk menangkap foto 360 secara maksimal, pastikan kamera hp Anda sudah mumpuni untuk aplikasi ini.

 

Potensi bagi Industri Informasi

Dukungan terhadap teknologi VR mulai berdatangan dari berbagai pihak sehingga masyarakat lebih mudah mencerna informasi konten 360. Umumnya, kamera 360 derajat mempunyai dua–atau lebih–lensa fisheye dengan jangkauan 180 derajat. Setiap lensa tersinkronisasi untuk mengambil dan menggabungkan gambar secara bersamaan. Bisa dibayangkan kan hasilnya kalau kamera video 360 digunakan untuk meliput live report pertandingan olahraga atau foto spot liburan?

Post Author: Atikah

Content, SEO and Digital Marketing officer of SmartEye.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *