5 Cara Modernisasi Pengaturan Gudang dengan Augmented Reality

5 Cara Modernisasi Pengaturan Gudang dengan Augmented Reality

Dunia digital diperkaya dengan hadirnya teknologi augmented reality atau AR. Informasi tambahan berupa gambar visual bisa ditampilkan pada lingkungan fisik yang menguntungkan berbagai industri. Mulanya, AR banyak dikenal untuk dunia hiburan, seperti filter-filter yang banyak dinikmati pengguna sosial media.

Dalam dunia bisnis, manfaat AR menjadikannya salah satu solusi teknologi di industri logistik. Semenjak adanya pandemi COVID-19, konsep belanja online semakin terkenal di masyarakat untuk menghindari kontak fisik dan mengurangi resiko terpapar virus. Dalam menanggapi pesanan online yang meningkat, bisnis bisa memanfaatkan AR untuk mempercepat proses kerja logistik.

Bagaimana dampak penataan gudang dengan augmented reality? Keuntungan apa saja yang bisnis bisa tuai dari inovasi ini? Artikel ini akan membahasnya lebih lanjut. Simak terus ya!

Penataan Gudang dengan Augmented Reality

Pesatnya perkembangan dunia e-commerce dibantu dengan adanya teknologi sistem komputer bisa mempermudah pencarian barang, mengendalikan, dan menjadwalkan pengiriman. Kinerja inventaris dan logistik dibuat lebih sederhana. Ditambah dengan adanya AR, operasi ini menjadi lebih simple.

Proses rantai pasokan dan penyimpanan gudang menjadi lebih sederhana dengan adanya visualisasi 3D interaktif, pelacakan objek cepat, akuntansi inventaris dan otomatisasi. Dengan memakai kacamata AR, pekerja bisa dengan mudah menemukan, mengalokasikan dan mendapatkan informasi terkait produk di gudang. Hal ini tentu mempercepat proses bisnis dan mengurangi biaya yang tidak perlu.

TeamViewer AR
Foto oleh Team Viewer

Manajer dan staf bisa memakai kacamata AR untuk melihat tata letak gudang, memeriksa perubahan tata letak produk dan berbagai kebutuhan lainnya. Dengan perangkat ini, informasi yang didapatkan menjadi lebih komprehensif dan pengambilan keputusan terkait inventaris bisa menjadi lebih akurat. AR menampilkan informasi digital terkait produk fisik yang ada di gudang. Menarik ya?

Keuntungan Penataan Gudang Augmented Reality

Ada banyak manfaat penerapan teknologi canggih di gudang dengan augmented reality. Yang pertama ialah mengurangi kesalahan pengambilan barang. Visual digital bisa memandu pekerja di dalam gudang untuk mendapatkan produk yang tepat. Akurasi yang ditingkatkan ini membuat pekerjaan selesai lebih cepat.

Kemudian, optimasi inventori juga bisa diperbaiki dengan AR. Pekerja bisa sortir produk dengan lebih mudah karena ada informasi tambahan dari smart AR glasses. Pekerjaan juga dibuat lebih mudah dengan pengalaman hands-free. Staf bisa cek produk tanpa perlu mengambilnya satu persatu. Secara keseluruhan, perencanan proses logistik juga bisa dipermudah dengan AR termasuk untuk inspeksi, alokasi, pengumpulan, pengemasan, hingga pengiriman barang.

Manfaat lainnya termasuk melatih karyawan baru saat proses on-boarding dengan lebih baik menggunakan kacamata AR. Tentunya, aplikasi AR bisa meningkatkan kinerja operasional bisnis dan mengurangi biaya yang dibutuhkan. Banyak sekali manfaat dari teknologi ini ya?

Kerjasama TeamViewer dengan SAP dalam digitalisasi Gudang

Sebagai contoh, TeamViewer selaku perusahaan solusi AR mengumumkan kerjasamanya dengan SAP EWM (Extended Warehouse Management). Sebagai penyedia solusi managemen gudang, SAP memanfaatkan TeamViewer Frotline untuk meningkatkan efisiensi proses logistik. Dengan dukungan ini, pelanggan dapat meningkatkan proses logistik, memberdayakan tenaga kerja, mengambil keputusan berbasis AR, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan proses yang lebih efisien di gudang operasi logistik.

gudang augmented reality
Foto oleh Team Viewer

Perusahaan logistik menerima tantangan baru di era teknologi ini. Perusahaan perlu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan cepat dalam merespons permintaan, pasokan, dan tantangan kebutuhan tenaga kerja. Dengan adanya integrasi gudang berbasis augmented reality dari TeamViewer, rantai pasokan yang lebih tangguh dengan biaya yang lebih hemat bisa diwujudkan.

Executive Vice President Business Development di TeamViewer, Alfredo Patron, menjelaskan bahwa tujuan dasar kerjasama dengan SAP ialah untuk mewujudkan inovasi teknologi yang mendukung perusahaan bertransformasi ke arah digital. Inovasi ini bisa dipakai untuk meningkatkan proses keluar masuk produk di gudang, meningkatkan proses pengambilan barang dengan akurasi yang baik, serta mengurangi waktu orientasi pekerja baru. Hasil akhirnya tentu berfokus pada kepuasan pelanggan yang lebih tinggi ya.


Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengoptimalkan gudang dengan augmented reality. Melihat kerjasama TeamViewer dengan SAP, inovasi ini terlihat menjanjikan untuk meningkatkan kinerja bisnis, ya. Mau terapkan augmented reality pada bisnismu juga?

Kamu bisa kunjungi smarteye.id untuk konsultasikan teknologi apa yang cocok untuk bisnismu. Baca juga informasi lebih banyak terkait AR pada situs resmi smarteye.id.

5 Cara Modernisasi Pengaturan Gudang dengan Augmented Reality

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.