Bocoran VR Headset Terbaru dari Meta, Project Cambria! Ada Apa Saja yang Baru?

Bocoran VR Headset Terbaru dari Meta, Project Cambria! Ada Apa Saja yang Baru?

Di era digital seperti ini, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan sosial media seperti WhatsApp, Instagram dan Facebook, ya. Aplikasi-aplikasi ini dinaungi oleh Facebook Inc yang sekarang dikenal dengan Meta. Ada banyak inovasi yang Meta hadirkan untuk menunjang konektivitas pengguna. 

Kali ini, smarteye.id akan membahas Project Cambria dari Meta. Apa saja manfaatnya? Baca informasi lengkapnya di bawah ini yuk! 

Informasi Singkat Seputar Meta 

Perubahan nama Facebook Inc menjadi Meta selaras dengan tujuan perusahaan kedepannya yakni menciptakan dunia digital Metaverse. Konsep Metaverse ini menggabungkan dunia nyata dan dunia maya, melampaui batasan jarak dan perangkat. 

Perusahaan yang memiliki orientasi masa depan ini tak hanya berfokus pada sosial media saja. Ada banyak inovasi lain yang memfasilitasi konektivitas pengguna di dunia digital. Contohnya seperti Horizon Home dimana pengguna internet bisa mendesain rumah digital serta mengundang teman untuk melakukan kegiatan seperti menonton video dan bermain game bersama di sana. 

Tak hanya itu, Meta juga menghadirkan ruang virtual untuk bekerja bernama Horizon Workrooms. Platform ini bisa dimanfaatkan untuk Work From Home. Pengguna bisa rapat, bekerja, hingga menulis di dalam ruangan virtual tersebut. 

Untuk memasuki ruang pertemuan virtual Horizon Workrooms, kamu bisa menggunakan perangkat Oculus Quest 2. Ada juga tambahan controller yang bisa kamu gunakan untuk menulis, lho! Perangkat ini bisa terkoneksi dengan PC seperti Mac dan Windows melalui aplikasi Oculus Remote Desktop.

Hadirnya Project Cambria 

Perangkat Oculus dari Meta terdengar sangat mengesankan, bukan? Namun, Meta tak berhenti berinovasi sampai di situ saja. Perusahaan ini terus mengembangkan potensi teknologi yang ada.

Sejak tahun 2021, Meta sudah membocorkan rencana perilisan headset high-end bernama Project Cambria. Perangkat ini menjadi generasi penerus dari jajaran headset Oculus. Penambahan fitur baru akan disematkan pada Cambria dengan penawaran harga yang juga lebih tinggi. 

Kecanggihan VR Headset Cambria 

Setelah diperkenalkan pada tahun lalu, kira-kira apa saja kecanggihan dari VR headset Cambria ini? Cambria dirancang sebagai perangkat yang mendukung VR penuh serta mixed reality. Ada fitur kamera beresolusi tinggi untuk menghubungkan video ke layar internal dilengkapi dengan pelacakan mata yang menjadi salah satu kemampuan penting pada perangkat masa depan.

Headset VR Project Cambria
Foto dari Polygon.com

CEO Mark Zuckerberg memamerkan pengalaman bermain bersama hewan peliharaan virtual yang dikenal dengan The World Beyond di akun pribadi Facebook miliknya melalui Presence Platform Meta. Kabarnya, The World Beyond ini hanya akan tersedia di headset Cambria Meta. Namun, akan ada demo yang segera dirilis dan bisa kamu coba melalui App Lab dari Meta. 

Eits, kamu masih perlu sabar dulu ya! Kabarnya, project Cambria baru akan hadir di akhir tahun 2022. Perangkat ini disebut sebagai laptop untuk wajah karena bisa membawa pekerjaan jarak jauh ke dalam realitas virtual. 

Harga dari perangkat ini diperkirakan juga akan cukup merogoh kocek yang dalam. Tak sampai di situ, masih ada berbagai inovasi VR headset selain Cambria. Meta akan merilis empat model lainnya, lho!


Itulah bocoran VR headset canggih yang akan rilis dari Meta. Perangkat ini tentu akan semakin membuka peluang bagi perkembangan teknologi digital ya. Penasaran dengan berita seputar VR lainnya? 

Kunjungi situs smarteye.id hanya dengan klik di sini. Jangan sampai ketinggalan berbagai informasi seru. Kamu juga bisa konsultasikan teknologi canggih untuk bisnismu ya! 

Bocoran VR Headset Terbaru dari Meta, Project Cambria! Ada Apa Saja yang Baru?

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.